Yogyakarta #2 : Semua Mahasiswa Sama. Ngeyel!

Sesuai dengan apa yang saya utarakan sebelumnya, bahwasanya kepergian saya ke Yogyakarta bukan semata-mata di khususkan untuk liburan. Melainkan ada satu hal yang saya rencanakan secara mendadak. Rencana itu adalah: mencari kerjaan di kota orang.

Sound funny memang. Buat apa jauh-jauh ke kota orang hanya untuk mencari kerjaan? Bukan, bukan apa-apa. Secara kebetulan di Yogyakarta – di UGM tepatnya, sedang di adakan acara rutin semacam job fair gitu. Bisa dikatakan, di UGM ini termasuk yang terbesar sesudah UI. Makanya itu, saya langsung capcus ke sana. Hehehe.

Job fair yang berlangsung dari tanggal 4 s/d 5 Februari 2012 yang bertepat di GSP Universitas Gadja Mada ini bernama ECC. ECC ini jauh sebelum di peruntukan untuk umum, merupakan ajang pencarian kerja yang hanya diperuntukan untuk mahasiswa atau lulusan dari Fakultas Tekhnik UGM. Makanya, event ini dinamakan ECC atau Engineering Career Center. Menurut kabar yang beredar, karena banyaknya peminat dari luar UGM dan dari luar kota Yogyakarta, makanya semenjak 2011 ECC ini di buka untuk umum.

Seperti job fair pada umumnya, banyak perusahaan-perusahaan ternama mencari karyawan dari event-event seperti ini. Saya sendiri, berhasil memasukan dan lolos administrasi awal hanya 9 perusahaan dari 10 perusahaan yang saya masukan lamarannya.

Hari pertama dan kedua saya di Yogyakarta, saya di buat terperanga oleh kesopanan dan keramahan warga Yogyakarta. Termasuk ketika saya ingin mendatangi event seperti ECC ini. Ekspetasi awal saya adalah mahasiswa-mahasiswa di Yogyakarta akan tertib dan mematuhi peraturan. Nyatanya, itu salah besar saudara-saudara. Pasalnya, ketika saya sedang asik berputar-putar di dalam gedung GSP untuk memasukan lamaran saya ke beberapa perusahaan, banyak mahasiswa yang ngeyel dan tidak mematuhi peraturan.

Lihat saja ini

Gambarnya kabur. Ini di ambil dari kamera BB, ngga sempat mengeluarkan kamera dari dalam tas.

Saya sendiri tidak tahu persis GSP tanpa stan-stan beberapa perusahaan wujud aslinya seperti apa. Yang jelas, di atas itu ada tempat duduk layaknya lapangan basket atau hall pada kampus kebanyakan. Panitia ECC sendiri dari awal sudah mengatakan kepada seluruh pengunjung, kalau ingin menyusun CV, lamaran dan kelengkapan lainnya, harap naik ke atas. Karena di atas sudah disediakan untuk seluruh pengunjung membereskan seluruh perlengkapannya. Tapi, kebanyakan dari mereka justru ngeyel. Tidak memperdulikan apa yang sudah menjadi peraturan dari pihak panitia ECC tersebut. Mereka malah asik duduk di area yang justru dilarang oleh panitia, karena mengganggu jalan pengunjung lain. Dan benar saja, karena ulah mereka  yang tidak mau repot naik ke atas, banyak pengunjung yang jalannya susah. Malah saya sendiri beberapa kali menginjak tangan para pengunjung yang merapikan perlengkapannya di lantai tersebut. Bahkan saya sempat ribut kecil sama pengunjung gara-gara sepatunya secara tidak sengaja ketendang oleh saya. Dia marah, jelas saya lebih marah. Siapa suruh duduk di situ, jelas-jelas di suruh duduk di atas malah melanggar. Ya salah sendiri. Karena logatnya jawa medok, saya pun mengalah. Saya sadar kalau saya ini pendatang. Ugh, nyebelin.

Saya saja menyiapkan segalanya semenjak  dari rumah. Jadi saya tinggal mencari stan perusahaan yang saya incar, masukin lamaran, deh. Habis masukin lamaran, cari stan perusahaan lainnya. Begitu seterusnya.

Untungnya waktu melihat pengumuman suasanya agak berbeda. Di sini banyak yang ngalah dan agak tertib.

Kalau gini, kan, asik!

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

14 comments

  1. Seru juga ECC-nya ya Dit. Semoga Adit berhasil.

  2. Itu gak apa-apa Mas, mengambil foto tanpa sepengetahuan orangnya? he…

    Tapi saya doakan, semoga berhasil ya Mas lamarannya 🙂

    1. Terimakasih Mas Ipras.
      Wah, kalau saya bilang minta foto, gaya nya jadi ngga natural #yakali

  3. kenapa kamu pengen kerja di Jogja Dit ?

    1. Hmm .. Sebenarnya tidak di khususkan di Jogja. Kebetulan kemarin itu memang ada job fair di sana. Kalau pun dapat di sana, ya ngga masalah juga. Jauh dari hiruk pikuk ibu kota. Alah

  4. Kalau gak gitu, mungkin bukan mahasiswa. Semoga sukses mas dan salam kenal.

    1. Haha .. Barangkali seperti itu ya, Pak.
      Salam kenal juga 🙂

  5. semoga di mudahkan kawan….!

  6. Semoga mendapatkan pekerjaan di tempat yang terbaik ya 😀

    1. Terimakasih suhu Iman *menggepalkan kedua tangan* *bersimpuh*

  7. Hmmm kamu pake deodoran gak? :p
    *ditapuk*

  8. oo…salah satu pengunjung ECC to mas?
    saya yang anak UGM malah gak nengok ke sana sehari pun
    semoga sukses 😀

Tinggalkan Balasan