Tips Turunkan Berat Badan: Lakukan Kegiatan Yang Kita Senangi

Setelah menulis tips menurunkan berat badan 40 kilogram, saya akan melanjutkan olahraga apa saja yang dikerjakan agar proses penurunan berat badan berjalan cepat.

Setelah mengunggah cerita pertama itu, banyak orang yang masih belum percaya kalau saya melakukan program penurunan berat badan dengan cara alami. Yah, banyak teman mengira saya menggunakan obat-obatan untuk membakar lemak, suntik lemak, minum jamu pelangsing, dan lain-lain. Sumpah, itu semua mahal. Biar kata sanggup, orangtua pasti melarang.

Proses penurunan berat badan dapat berjalan cepat jika kita tidak sekadar diet tapi diimbangi juga dengan olahraga. Memang tidak dapat disalahkan orang-orang yang tidak percaya kalau saya melakukan aktivitas fisik. Badan gemuk bikin malas olahraga. Maunya setiap pagi habis sarapan, tidur lagi, baru ke kampus. Tapi, demi tekad yang sudah bulat bahwa berat badan harus turun, saya coba untuk olahraga.

Di bawah ini ada 4 jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang saya lakukan secara rutin. Olahraga untuk mengecilkan perut a la saya ini tidak membutuhkan dana yang besar, cukup niat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyenangi olahraga ini. Sekeras apa pun melakukannya tidak akan berhasil jika kita sendiri tidak menyenanginya. Lakukan kegiatan yang kamu senangi. Jangan sampai olahraga untuk menurunkan berat badan ini malah membebani kita.

1 . Jalan Kaki

Sempat tidak percaya bahwa manfaat jalan kaki begitu besar. Setelah membaca banyak artikel yang menyebut jalan kaki baik untuk jantung, jalan kaki bisa mencegah diabetes, dan jalan kaki bisa bikin umur panjang, tetap saya tidak memercayainya. Bahkan ketika ada orang yang bilang jalan kaki dapat menurunkan berat badan, saya cuma berkata,”Ya kali dah!”

Memang dasarnya pemalas, mau dijelasin kayak apa pun tidak akan mempan.

Berjalan kaki selama 40 menit setiap hari dapat menurunkan berat badan (sumber: ALODOKTER)

Perlahan-lahan saya coba. Sebagai pemula, saya coba dulu jalan kaki dari kosan ke kampus. FYI, jarak dari kos ke kampus itu cukup dekat. Tapi dasarnya pemalas, bukannya jalan kaki malah naik angkot :P.

Saya coba seminggu dulu, berhasil. Saya lanjut, lanjut, lanjut, sampai akhirnya saya merasakan nikmatnya jalan kaki. Sampai pada akhirnya, setiap ada kelas di kampus B yang memang cukup jauh jaraknya, terkadang saya lebih senang jalan kaki. Tentunya mengajak teman untuk ikutan jalan kaki. Alhamdulillah sampai detik ini saya masih suka  jalan kaki.

Waktu kantor di Kalibata, saya lebih memilih naik angkutan umum yang arahnya bukan ke Kalibata. Melainkan ke arah Cawang supaya bisa turun di gedung Bidakara. Dari situ jalan kaki sampai kantor. Begitu tiba di kantor, saya tidak menggunakan lift melainkan menaiki anak tangga sampai lantai 3. Lumayan, pagi hari tidak sempat olahraga, siasati dengan berjalan kaki.

2. Bersepeda

Saya rutin naik sepeda setelah berat badan turun beberapa kilogram. Biar bokong saya pas sama ukuran jok sepeda yang relatif kecil banget. Alasan lainnya, karena lutut saya mentok sama ganggang sepeda. Sempat malu juga, takut dibully dibilang ada gajah naik sepeda.

Rasakan manfaat rutin naik sepeda. (Sumber: Blognya Mitra)

Setelah satu tahun rutin jalan kaki, saya punya hobi baru, bersepeda. Saya sampai nekat lho pinjam uang papa untuk tambahan beli sepeda yang saya inginkan.

Papa sempat tidak percaya kalau anaknya ini bakalan rutin menggunakan sepeda itu. Sempat terlontar dari mulut papa kalau saya hanya semangat di awal. Paling hanya satu bulan, habis itu sepedanya masuk gudang. Papa menantang saya, kalau sampai belum ada satu tahun sepeda ini sudah ditaruh di gudang dan berat badan saya tidak ada perubahan, papa minta uangnya kembali.

Beruntung saya rutin menggunakan sepeda itu setiap pagi, terlebih di hari Minggu. Setelah banyak perubahan yang terjadi di diri saya, papa tidak minta uangnya kembali. Jadi, setiap Minggu, saya berkeliling Ciputat-Bintaro menggunakan sepeda.

3. Berenang

Saya hobi berenang. Saya selalu excited setiap kali diajak melakukan olahraga di air ini. Ya, meski nggak jago-jago amat. Saya suka olahraga yang tradisional, yang tidak terlalu banyak wahananya seperti kebanyakan tempat renang saat ini. Semakin luas kolam renangnya, semakin banyak gerakan yang kita lakukan.

Setidaknya saya harus renang seminggu sekali

 

4. Dance

Sama seperti renang, dance juga merupakan hobi lama saya. Dari kecil (kata ibu dan orang-orang yang pernah merawat saya), setiap kali dengar lagu berirama beat, kepala dan badan saya pasti gerak. Tak heran, ketika memasuki bangku sekolah dasar, menengah, sampai akhir, saya selalu menonjol di bidang tari dan kesenian lainnya.

Entah berapa kali sekolah memilih saya menjadi tim tari untuk sejumlah event dan perlombaan. Senang banget kalau bisa menari di depan banyak orang. Ha ha ha..

Menari membakar banyak kalori sehingga cocok dilakukan untuk kita yang ingin menurunkan berat badan. Putar saja lagu-lagu yang kamu sukai. Lalu bergerak mengikuti irama. Tanpa sadar keringat akan keluar dari dalam tubuh.

Makanya saya sering banget nge-Youtube untuk mencontoh beragam gerakan. Enaknya punya badan lentur ya begini. Nggak terlalu sulit mengikuti gerakan-gerakan yang bisa dibilang ribet.

Jangan heran kalau melihat kepala saya goyang-goyang saat mendengarkan lagu. Karena di situlah sensasinya.

Kurang lebih beginilah tips menurunkan berat badan dari saya. Olahraga untuk mengecilkan perut ini dapat bekerja maksimal apabila diimbangi dengan pola makan yang benar. Tolong ingatkan saya untuk menulis makanan apa saja yang saya konsumsi di saat diet ketat ini.

 

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

54 comments

  1. keren euey.. semoga bisa deh tuh badannya kurus..

    hampir semua kegiatan yang dirimu lakukan saya suka.. dan yang paling saya suka jalan kaki dan naik sepeda.. jadi kapaan kapan kita naik sepeda bareng yuks…

    1. boleh.. boleh.. boleh.. calling-callingan aja, Mas 🙂

  2. iya banget, Kak. Jalan kaki dan bersepeda emang olahraga yang paling affordable secara waktu. Tapi tetep aja niatnya kurang kuat 🙁 apalagi buat ngurangin makan yang lalala yeyeye itu. Masih gayakin kalo bakalan beneran bisa nurunin berat badan. *scumbag brain*

    1. berarti kamu masih nyaman dengan zonamu sekarang. Move On, nak.. move on! :p

  3. wah kayaknya dance lebih q sukai,,

    1. saya pun suka 🙂

  4. Kapan-kapan di post ya Dit, foto before and afternya.. 😀
    Setuju banget kalo ngedance itu bisa banget disebut sebagai olahraga.. 😀

    1. oke, Mas. akan saya post-kan 🙂

    1. sini, aku renangin. #apeu

  5. Jadi kamu total turun berapa, Dit?

    1. hmmmm… sekitar 35kg an, kak 😀

      1. huwaaa mau hahaha

  6. Yang saya lakukan hanya nomer 1. 4 hari dalam seminggu kalau pulang kursus jalan kaki 30 menit, kalau ditambah mampir2 ke supermarket disekitar tempat kursus jd 1,5 jam jalan kaki. Pulangnya laper, trus negmil2, alhasil BB bukannya turun malah naik hehehe. Dari point diatas, kalau saya tambahin satu point lagi, “sibuk bercocok tanam” bisa menurunkan berat badan :).

    1. nah, iya. bercocok tanam juga bagus itu. keringetan banget lho. setuju setuju 🙂

      terima kasih Kak Nella

  7. saya malah pengin gemuk
    dibikinin programnya sekalian dong om

    1. hahahah … mau? OKE, akan saya bikinkan !

  8. saya lagi coba poin jalan kaki.. makanya saya putusin ngantor naik angkot saja sekarang supaya bisa banyak jalan kaki. naik motor bikin gw bener-bener nyaris gak banyak berjalan kaki..

    1. GOOD JOB, BANG ARI.

      dengan begitu, diri mu ikut mengurangi asap di Jakarta, lho.

  9. aku udah bayar les renang,
    lalu, laluuu
    males berangkatnyaaa

    *hiks

    1. jangan malas dong, Mbak Rere. ayooooo!

  10. Gak boleh nambah tinggi lagi? jadi penasaran deh dirimu setinggi apa dit 😀

    1. ya segitulah. lahasia! 😛

  11. biasanya ortu maksa anaknya renang biar bisa tinggi, eh ini malah dilarang biar tdk tambah tinggi. Iya nih jadi penasaran, brp sih tingginya?

    1. tingginya 184cm 🙂

  12. Di antar semua itu, saya cuman suka jalan kaki. Sampe banyak yang hapal kalo saya suka jalan kaki.

    1. huwaaaa. keren, kaka ! pertahankan ! 🙂

  13. susah kalo mau renang mas… tar bikin kolam renang aja ah di belakang rumah

    #empang

  14. yang ringan-ringan aja lah bang.. keliling lapangan bola komplek

    1. silahkan. itu juga bisa masuk kategori olah raga kalau kamu benar-benar memamnfaatkannya 🙂

  15. iya Di..dulu sempat sih turun dari angkot itu agak jauh dari rumah terus nyambung jalan kaki..
    sekarang nggak lagi …ya jadinya itu jarum timbangan nggak mau geser ke kiri

    1. *pukpuk Bunda Monda*

  16. bener sob, ane kalo berangkat kerja sekarng enakan jalan kaki. lebih menyehatkan 😀

  17. Saya malah pengen nambah berat badan, kata orang terlalu kurus. Tapi bukan berarti harus meninggalkan lari pagi 🙂

    1. justru karena hobi lari kamu kali, ya. hmmm.. coba kalau porsinya dikurangi (?)

  18. yay, good luck mas, semoga besok kopdar sama aku kamu sudah jauh lebih ganteng 🙂

    1. terimakasih artikelnya bagus,, sangat membantu sekali

      sukses selalu

  19. Semoga aku bisa nurunin berat badan juga, secara sudah masuk kategori gemuk… dari semua program baru jalan kaki yg selama ini sy lakukan… 🙂 next berenang, kalau bersepeda pegel apalagi pas tanjakan….

    1. *pukpuk Mas Ervano* sukses untuk rencananya 🙂

  20. Good point, patut di contoh, thanks ya brayy…

  21. waahh.. saya sepertinya harus keluar dari zona nyaman juga -__- sudah terlalu berat nih (berat badan). pernah fitness tapi nyerah di tengah jalan, ahaha.
    salam kenal mas adiitoo 🙂

    1. salam kenal juga cepy. ayo, mulai keluar dari zona nyamannya ! 🙂

  22. Dek, bagaimana kalau kita kumpul2 sambil main2 air di waterbom gitu. Sama KaJol dkk lah, aku bawa Vaya…..

  23. wahahah, dit, saya itu terakhir kali olahraga pas waktu jaman SMA, zaman kuliah sampai beberapa bulan kemaren sama sekali gak pernah (kecuali yang jalan kakai ke kampus, bisa dibilang olahraga g sihk, hahaha). tapi sejak sering sakit, akhirnya saya, mulai rutinkan 15 menit tiap pagi (5.30) untuk olahraga, 5 menit jalan kaki, 5 menit joging, 5 menit jalan lagi, Alhamdulillah bener2 ngefek! 😀

  24. Ya ampuun, setelah gua perhatikan avatarnya, baru gua sadar. Dulu gua sering banget main ke sini. Dan sekarang jadi temen sekantor. Bahaha. Adiiiit…
    Btw, ga ada tombol follow kaya di wordpress, nih? *celingak-celinguk

  25. Yaaaahhh bang!!!! Sebenarnya mau banget tinggi dg cara berenang… Sygnya aku gak tau berenang.. Sdh belajar cuma org bilang nafasku pendek.. Jdi susah buat berenang… Hemmmm..

  26. Selama setahun kami harus lari setiap bergerak lebih dari 5 langkah. Mau dan habis makan kami harus lari juga. Lari juga masih menjadi makanan kami setiap hari setelah kami naik tingkat dan pangkat. Intinya, kita harus bergerak agar tak gembrot.
    Makan bagus dan olahraga seimbang merupakan salah satu cara untuk tidak kegemukan.
    Salam hangat dari Jombang

Tinggalkan Balasan