Tips Berat Badan Turun 40 Kilogram; Keluar dari Zona Nyaman

Saya sharing tips menurunkan berat badan, boleh, ya? Postingan ini adalah janji saya ke beberapa orang yang menanyakan bagaimana cara saya menurunkan berat badan sebanyak itu.

FYI, berat badan saya di penghujung 2008 adalah 120 (mendekati 130 kg) kilogram dengan tinggi 170 cm. Sekarang, berat badan saya sudah 80 kilogram dengan tinggi 180 cm. Wait.. Berat badan turun tanpa obat-obatan. Proses sampai berat badan turun sebanyak itu juga tidak sebentar, sekitar empat tahun. Butuh kesabaran dan kerja keras serta kemauan yang kuat.

Sekitar 2008

Akhir 2008, entah mimpi apa malamnya, tiba-tiba saja saya ingin menurunkan berat badan yang sudah dibatas normal itu. Mungkin mulai sadar kali, ya, capek jadi bahan olok-olokan melulu. Meski mereka yang mengolok-olok saya juga mengatakan saya lucu, tetap saja yang namanya bullying verbal itu tidak enak banget. Sakit banget.

Tapi, yang saya pikirkan kala itu, bagaimana cara supaya berat badan saya turun. Fitnes? trauma! Tahun 2007 pernah ikutan fitnes, belum ada 1 jam fitnes, saya memilih untuk berhenti, tidak melanjutkan, dikarenakan tragedi memalukan diatas mesin treadmil. Ugh.. Menyebalkan.

Mau diet tidak makan nasi, juga trauma. Pas berhenti fitnes, saya memutuskan untuk diet dengan cara yang salah ini. Memang, sebulan tidak makan nasi, berat badan saya turun 6 kilogram. Namun begitu masuk bulan baru, saya jatuh sakit, dan napsu makan jadi menggila. Segala makanan saya embat sebagai pembalasan. Yang terjadi, berat saya malah naik 10 kilogram.

Sekitar 2010

Saya coba konsultasi sama ahli urat tubuh. Beliau menyarankan saya untuk tidak melakukan olahraga semacam lari. Karena badan saya yang besar tidak pas untuk mengimbangi kaki saya yang kecil. Beliau bertanya kepada saya, selama di kosan, makanan apa saja yang saya konsumsi?

Dengan entengnya saya jawab, mie instan, susu full krim, es, gorengan, sampai makanan bersantan. Saya merasa nyaman dan bagaikan di surga kalau sudah ketemu “mereka”. Lantas, beliau kembali menyarankan saya untuk keluar dari zona nyaman saya itu. Dalam artian, porsi makannya agak dikurangi, jangan berlebihan juga.

Awal-awalnya memang agak susah menghilangkan kebiasaan itu. Tapi, harus tetap saya lakukan. Saya ingin membuktikan, kalau saya bisa menurunkan berat badan.

Pertama kali yang saya lakukan adalah, menghilangkan susu full cream, cokelat, es krim, mi instan, dari daftar belanja bulanan selama di kosan. Gorengan pinggir jalan juga sudah tidak saya sentuh sama sekali. Sebenarnya tidak ada larangan untuk tidak mengonsumsinya sama sekali, hanya diminta untuk mengurangi porsinya saja.

Setelah sebulan melakukan itu, saya coba menimbang kembali berat badan saya. Yang terjadi adalah, berat saya turun 1 kilogram. Yeah, saya berhasil, walaupun cuma 1 kilogram. Karena saya tahu berhasil, bulan-bulan berikutnya saya tambah semangat. Yang tadinya mengkonsumsi itu tengah malam, saya lebih memilih untuk makan sayur dan lebih banyak mengkonsumsi air putih.

Bulan demi bulan saya lewati masih dengan proses yang sama. Tanpa terasa saya sudah menjalankan hingga Agustus 2009. Berat badan saya pun turun sekitar 7 kilogram. Masih belum drastis banget, sih, dikarenakan saya suka ngebandel. Masih suka kebablasan. Maklumlah, saya juga manusia biasa yang nafsu makannya suka naik tiba-tiba. Haha 😀

2012
Java Jazz 2013


Tulisan mengenai tips menurunkan berat badan saya lanjutin kapan-kapan, ya. Capek juga! :p

Klik: Tips menurunkan berat badan selanjutnya.

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

62 comments

  1. wah keren. ditunggu detail cerita selanjutnya soal diet itu. hehehe

  2. Kereeen!
    Aku setuju, asal mulanya harus dari niat di dalam diri sendiri 🙂

  3. hihi, inspiratif sekali, tapi temen temen yang mengolok olok itu menurutku berjasa juga lhoo buat program penyesuaian berat badan kamu, hehehe

    1. Bener, mas.
      Hikmah yang bisa saya ambil, kalau dulu mereka tidak mengolo-olok saya, mungkin saya tidak akan keluar dari zona nyaman saya

      1. ceritamu layak ditulis ulang dan kali aja bisa diterbitkan di reader diggest indonesia mas 🙂

        1. Hiohih.. Masih belum lengkap, Mas. Entar deh, tunggu lengkap semua. #gaya. 🙂

  4. share program pengemukan badan juga dong!
    *serius

    1. Yaudah, gampang. Konsumsi aja apa yang menjadi pantangan saya secara berlebihan .

  5. Wah yang 2012 benar-benar langsing bangettt 🙂

  6. selamat ya mas, dari tahun ke tahun semakin kurus, kebalikan ma saya malah :p

    1. Hahaha … Butuh perubahan, Mas. Kalau mas perubahannya membesar, saya mengecil.

  7. menarik, ditunggu posting selanjutnya

  8. Kebalikan untuk porsi saya harus tambah berat badan. Berarti harus masuk zona…

  9. Tapi kok lebih unyu pas dua tahun lalu ya? 🙂

    1. Unyu ternyata tidak semuanya sehat , Mas. Hehehe 😀
      Makasih lho, sudah dibilang unyu !

  10. pengalaman pribadi mim juga gitu tu..
    sekarang malah abis ngelahirin ga turun lagi BB nya (naik 20kg selama hamil) 🙁
    menunggu kelanjutan ceritanyaaaaa.. *ga sabar* 😀

    1. Nah, itu bisa Mbak. Entar saya share lagi ya. Cara saya bisa berlaku untuk orang sesudah melahirkan, kok 😀

  11. Wah Adit,
    pipimu gembul sekali duluuu… minta dicubit.
    Dan iya ya, cepat juga turunnya sekarang jadi kurus begitu. Semoga bertahan ya. Yang penting sehat lho, jgn sampai malah sakit nantinya.

    1. Udah sering kena cubit, Kak, dulu.
      Yang nyubit banyak cewek, tapi ga ada satu pun yang mau jadi pacar ku *malah curhat*.
      Insya Allah sehat, kak .. Aku ga instan, dan ga memaksa kok. Santai. Tiap bulan ga selalu turun, terkadang stabil 😀

  12. Hebad nggak makan gorengan. Saya kapan bisanya ya? 😉

    1. masih makan kok, Mbak.
      Cuma, yang saya ga makan gorengan pinggir jalan gitu. Yang minyaknya udah lebih dari 2 kali penyaringan

  13. Astaga… bolo-bolo ku ternyata bener2 bolo bolo sekali ya…. #eh… *digaplok…
    Eh aku manggil bolo-bolo ga tau juntrungannya loh ya… cuma ngikutin yg tertulis di profilmu… jadi jangan sakit hati ya bolo2… aku ngerti perasaan bolo2. *puk puk bolo bolo…

    1. Iya, Van. Ga papa. Ga sakit hati, asal kiriman kit kat green tea jangan lupa, ya. #melas #lalala #yeyeye
      Sepertinya panggilan itu akan tetap masih dipakai. Secara kepala ini masih bisa menggerakannya 😀

  14. Huwaaa keren-keren Dit.
    Aku sekarang udah gak fitnes lagi, tapi kalau makanan udah banyak yg tak hindari, seperti mie instan (walau kadang masih aja) gorengan udah gak pernah lagi, tapi masih ya belum langsing-langing juga, huehehehe.

    Esumpah kamu tinggi dan besar banget yaaa, standar bule 😀

    1. Nah, itu dia, Rus. Katanya (katanya temen ku yang maniak fitnes) kalau sudah ga fitness lagi, badan akan tetap melar dan susah gerakinnya.
      Gpp, Rus.. Yang penting makanannya udah sehat.
      Standar bule memang, cuma kalau naik bis harus duduk, kalau berdiri mentok 😀
      Tapi, alhamdulillah.. Banyak orang yang mau tinggi dan kurus dengan obat, aku alami.
      Hehehehe

  15. Wah, aku juga lagi mengurangi makan nih kak. 😀
    soalnya baju-baju andalan sudah mulai gak cukup lagi. 😐

    1. Mengurangi makan? GA PERCAYA !Tapi, saya dukung, kaka

  16. waow,,, kalau niat pasti bisa ya 😀

    1. Pasti, Mas. Kalau niat pasti semua bisa 😀

  17. benerbener tekad kuat kamu ya Dit, berhasil gitu programnya
    jadi sekarang cuma tinggal menjaga supaya tetap stabil dong Dit?

    1. Iya, ceu.. Menjaga kestabilan itu jauh lebih sulit ternyata. Tapi, kalau niat Insya allah ga akan kendur 😀

  18. huwaw… like this, Dit! Emang harus konsisten ya nahan napsu buat gak makan berlebihan makanan yg kurang sehat 🙂

    eh ada temenku yg bilang, ada produk kayak susu gitu yg bisa menurunkan/ menaikkan berat badan (tergantung kondisi tubuh, bisa utk 2 fungsi itu) -produk MLM memang- dan terbukti sih dari suaminya sendiri yg signifikan turun berat badannya. Menurutmu lebih baik “alami” (seperti caramu) atau bisa dikombinasikan dg produk2 tsb ya (herbal)?

    1. hmmm.. Takutnya, kalau pake produk gitu, ga ada “sesuatu” yang bisa di share. Ga ada gregetnya. Menurut aku, sih.
      Tergantung orangnya juga, sih.

  19. selalu salut sama yang sukses menurunkan berat badan, sebenernya gw udah tau sih cara yang efektif buat nurunin berat badan gw. tapi skrg msh dilarang sama dokter karena gw masih proses penyembuhan…

  20. Mas broo, ajarkan saya cara dan tekniknya, plus Niatnyaa… 😀

    1. Niatnya? Yah, saya ga tau. Saya taunya niat berbuka puasa.

  21. tipsnya bagus gan.. mana nie crita kelanjutanya?? saya juga pengen kurus

  22. ITU BISA NAMBAH TINGGI GIMANA CERITANYAAAAAAA? #gaksante

  23. Eh iya,kok bs tinggi badannya nambah sih dit?:/

  24. wow hebad euy 😀

  25. keluar dari zona nyaman emang sulit,namun lebih sulit jika gak mau keluar. bisa mengnspirasi, setelah melalui lika-liku penjang demi berat badan. selamat!

  26. Saved as a favorite, I really like your website!

  27. aku juga mw kurus donggg … scra dlu berat cma 45.. skrng jd 65 kg… smw pda smpiitt .. :'(

    1. Iyaaa..me too sedihh bgt..

  28. Message*kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn buat motivasiku

  29. memang harus nahan berbulan bulan. Dah kecewa ama diet. Bilang aja masih doyan makan. hahaha Motivasi yang bagus. harus sabar kuncinya, ya 🙂

  30. Ini bisa banget aku contoh niiiih 🙂

  31. Ditunggu Tips selanjutnya

  32. Wahhh keren kak. Bisa loose weight sampai sebanyak itu..
    Asalkan konsisten bisa ya..

  33. Lagi asyik2 baca eh bersambung 😀
    Ditunggu lanjutannya Dit

  34. Aku juga pengen kurus, bagi tipsnya lagi dong

Tinggalkan Balasan