The Bekantan Twins Project, Aksi Nyata si Kembar Selamatkan Maskot Dufan

Penampilan Gabriella Thohir dan Giovanna Thohir tampak biasa saja. Individu (saya –red) yang tidak tahu siapa mereka, pasti akan menanggap Gabby dan Ghea sebagai sepasang anak kembar berparas cantik, masih kuliah, dan terlihat kayak anak rumahan yang doyan menghabiskan akhir pekan berdiam diri di kamar sambil baca buku dan nonton teve.

Sekarang saya sudah tahu siapa Gabby dan Ghea sebenarnya. Si kembar ini adalah bidadari dari kayangan yang diutus Tuhan untuk menyelamatkan nyawa-nyawa Bekantan yang terancam punah. Yang jumlahnya saja tidak lebih banyak dari nominal uang jajan saya sehari.

Berdasarkan data yang mereka himpun, pada 2008 saja hanya tersisa sekitar 25.000 ekor Bekantan (Nasalis larvatus) di habitat aslinya. Jika satwa yang dijadikan maskot Dufan ini sampai benaran punah, maka seluruh anggota genus Nasalis juga hilang dari muka bumi. Sebab, Bekantan merupakan satu-satunya monyet yang berasal dari genus Nasalis.

Atas dasar kepeduliannya tersebut, Gabby dan Ghea pun membuat satu projek bernama The Bekantan Twins Project (2013), sebagai aksi nyata dari keduanya untuk menyelamatkan Bekantan yang merupakan satwa penghuni pulau Kalimantan.

Slogan dari The Bekantan Twins Project adalah It is time to move, time to act!

Dua tahun lalu mereka berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp100 juta, hasil dari penggalangan dana bernama Activation Day di Kota Kasablanka. Uang itu dialokasikan untuk konservasi bekantan dalam bentuk kegiatan penanaman pohon yang merupakan makanan bekantan di Pulau Bakut, Kalimantan Selatan.

Melihat kesuksesan itu, Gabby dan Ghea kembali melakukan hal serupa. Kali ini dana yang dibutuhkan adalah Rp200 juta. Nantinya, uang sebesar itu akan digelontorkan untuk membangun fasilitas rumah renovasi, titian jalan untuk observasi bekantan, dan pembangunan dermaga. Hanya saja, baru terkumpul Rp20 juta sedangkan batas pengumpulan dana adalah Agustus 2016. Deadline mereka tidak lebih dari dua bulan.

Lewat The Bekantan Twins Project, Gabriella Thohir dan Giovanna Thohir berharap, akan banyak muncul kegiatan sejenis yang bertujuan menyelamatkan primata dari kepunahan.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswi dari University of California dan University of Southern California ini tak sekadar untuk menyelamatkan bekantan dari kepunahan saja tapi juga meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pelestarian primata.

The Bekantan Twins Project Didukung Penuh Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) dan PT Adaro Indonesia

Observasi bekantan yang dilakukan Gabby dan Ghea sejak 2013 difasilitasi YABN dan PT Adaro Indonesia yang telah memiliki projek konservasi bekantan di wilayah pertambangannya di Kalimantan Selatan.

Keberhasilan mereka terdahulu mendapat pengakuan dari banyak pihak, yang dapat dilihat dari beragam penghargaan yang mereka terima. Satu penghargaan untuk tingkat nasional dan dua penghargaan internasional.

Tak hanya dari YABN saja, proyek milik Gabriella Thohir dan Giovanna Thohir ini pun mendapat dukungan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan Sahabat Bekantan Indonesia.

The Bekantan Twins Project x Kitabisa.com

Yuk, bantu mereka selamatkan bekantan dari kepunahan

Kolaborasi The Bekantan Twins Project dengan platform penggalangan dana, Kitabisa.com, menghasilkan satu aksi penggalangan dana yang tidak biasa. Barangkali ada di antara kalian yang mau membantu Gabby dan Ghea sehingga uang yang dibutuhkan cepat terkumpul dapat memanfaatkan ide dan kreativitas yang kalian punya.

Chief Marketing Office Kitabisa.com , Vikra Ijas, mencontohkan, kalau uang yang berhasil dikumpulkan jumlahnya banyak, akan memakai hidung bekantan selama seminggu. Bisa juga mengadakan kegiatan lari 5K sambil mengajak orang-orang di jalan menjadi donatur.

Klik Kitabisa.com dan raih kesempatan sebagai empat orang yang terpilih yang akan diajak melihat langsung bekantan di Kalimantan

Yuk, kita daftar. Sejauh ini yang baru mendaftar hanya tiga orang. Keuntungan lain yang akan didapat pengumpul dana terbanyak, empat orang terpilih akan ikut Gabby dan Ghea melihat langsung bekantan di Pulau Bakut.

Saya mau banget ikutan penggalangan dana ini. Hanya saja bingung mencari ide yang cocok? Kalian ada saran?

Info Lain Mengenai The Bekantan Twins Project

Facebook : https://www.facebook.com/bekantantwins/

Twitter : https://twitter.com/bekantantwins

 

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

8 comments

  1. Bantu aku cari ide, gaes!

  2. Wow hebat benar dua kembar ini. Masih muda tapi cita-cita mereka sudah besar sekali. Selamat berjuang Ghaby dan Ghea 🙂

    1. Benar banget Mbak Evi. Semangat mereka patut dicontoh, yes?

  3. Whoa, cantik sekali si kembar! #salahfokus

  4. Inspiratif ya, masih muda sudah melakukan banyak hal besar untuk si Bekantan 🙂
    Semangat buat The Twins!

  5. Jadi pasangan mu siapa kak ????

  6. Mohon informasi mengenai alamat email Gabriella /Giovanna yg dpt dihubungi.ßaya sedang ada project pengamatan Bekantan di Kalimantan Timur dalam tangka konservasi

Tinggalkan Balasan