manfaat dari kopi hijau

Teh dan Kopi Hijau Bukan Obat Diet Mujarab

“Kak, butuh berapa lama berat badan bisa turun drastis kalau saya diet teh hijau, kopi hijau, atau yang hijau-hijau lainnya?”

Belum lama ini saya mengunggah sebuah foto hasil diet yang dilakukan selama beberapa tahun di Instagram. Nggak sangka kalau unggahan itu bakal mendapatkan respons cukup baik dari banyak orang. Baik dari mereka yang saling follow maupun yang tidak dikenal sama sekali.

Isi pesan yang ada di direct message beragam. Namun, yang paling mencuri perhatian saya adalah pertanyaan itu. Mengapa? Karena dulu sekali, di awal-awal baru bermimpi pengin kurus, hal yang sama pernah juga saya tanyakan ke seorang teman yang lebih dulu berhasil menurunkan berat badan.

Agak bingung untuk menjawab pertanyaan tersebut. Apalagi harus menjelaskan panjang lebar via Instagram, yang berarti harus dari ponsel. Otak saya kadang nggak sinkron jika harus menjelaskan sesuatu lewat tulisan yang diketik dari ponsel. Kecuali, berita yang saya tulis sehari-hari yang dikirim langsung dari lapangan.

kopi hijau
Kopi Hijau Diminum Bersama Kue Nastar

Tidak dipungkiri bahwa selama diet saya juga melakukan itu. Minum teh maupun kopi hijau dengan harapan berat badan bakal turun banyak hanya dalam hitungan bulan saja. Terlebih di proses penurunan berat badan yang serius itu, saya banyak baca hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Termasuk mencari tahu segala informasi mengenai makanan dan minuman yang harus dikonsumsi selama diet.

Nb : saya pernah diet “asal-asalan” sebelum tahun 2009. Nggak makan nasi sama sekali, cuma minum air putih, dan gaya-gayaan ikut fitnes sama teman. Berat badan saya memang turun banyak, yaitu lima kilogram dalam waktu dua minggu saja. Akan tetapi berat badan meroket alias naik hampir 15 kilogram setelah saya jatuh sakit selama satu bulan.

Banyak jurnal kesehatan yang menyebut bahwa teh dan kopi hijau dapat meluluhkan lemak yang menumpuk di tubuh kita. Salah satunya di dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine yang terbit pada Maret 2006. Para peneliti, yang dalam proses uji cobanya menggunakan tikus, menemukan adanya senyawa asam bernama klorogenik yang dapat dicerna dan diserap dengan baik oleh tubuh kita, sehingga dapat bekerja maksimal dalam membakar lemak, termasuk lemak di hati.

manfaat kopi hijau
Segelas Kopi Hijau untuk Kamu dan Aku

Namun, kopi hijau akan lebih maksimal lagi dalam bekerja jika kita turut membantunya dengan rajin berolahraga. Nggak perlu yang terlalu berat, cukup latihan kardio seperti yang saya lakukan selama diet. Jalan kaki, berenang, maupun bersepeda selama 30 menit berguna untuk memompa jantung kita agar lebih aktif, memperlancar aliran darah, dan juga membakar lemak. Kebayang, dong, hasilnya bakal seperti apa kalau kita memadukan antara olahraga dan minum kopi hijau?

Maksud saya begini. Ubah dulu mindset sebelum memulai diet. Jauhkan semua anggapan bahwa teh maupun kopi hijau adalah obat mujarab untuk menurunkan berat badan. Nikmati saja kedua jenis minuman itu seperti halnya kita meminum segelas susu.

Sebab, manfaat dari segelas kopi hijau itu banyak sekali. Tidak sekadar untuk menurunkan berat badan saja, tapi dapat membantu kita mengurangi tekanan darah dan dapat memperbaiki suasana hati kita yang sedang kacau balau. Juga baik untuk otak kita.

kopi hijau nescafe
Sudah Pernah Coba Kopi Hijau dari Nescafe?

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan pada Februari 2008 di Nutrition Bulletin, sejumlah penelitian telah mengkonfirmasi bahwa kafein dapat memperbaiki waktu reaksi, kewaspadaan, daya ingat, dan membuat kita lebih fokus. Semua ini bakal didapat setelah menyeruput 1/3 cangkir setiap harinya.

Sungguh saya jika kita hanya berharap pengin kurus dari aktivitas minum kopi hijau ini. Masa kita nggak mau mendapatkan manfaat lainnya? Manfaat lainnya pun nggak bisa bekerja sendiri kalau dari kitanya tidak mau mengimbanginya dengan hal-hal lain.

Kopi Hijau dari Nescafe

Saya sendiri masih sering minum teh maupun kopi hijau. Dan, pengin sekali mencoba kopi hijau Green Coffee Blend dari Nescafe. Kemasannya itu, lho, gemes banget. Warnanya mencolok dan gambar di kemasannya itu bikin saya pengin mencobanya. Kayaknya enak betul.

Si Kawan sama kayak kakek saya, penggila kopi Nescafe garis keras. Kalau kakek paling suka dengan kopi hitamnya, sedangkan si Kawan hampir semua produk dari Nescafe pernah dia coba dan (kata dia) tidak pernah mengecewakan. Semakin penasaran, dong, anaknya.

kopi hijau untuk diet
Baru Coba Kopi Hijau Nescafe. Sejauh Ini Nikmat, Belum Ada Efek atau Dampak yang Berarti Banget. Nyaman Juga di Perut.

Kalau kopi hijau dari Nescafe ini tidak bikin perut saya crancky, besar kemungkinan akan menjadi minuman favorit saya. Saya akan coba mengulasnya setelah mencobanya berulang-ulang. Semoga tidak mengecewakan, bikin mood saya semakin baik, sehingga mau mengulasnya.

Sekali lagi saya tekankan buat teman-teman yang mau diet. Jangan berharap apa-apa, baik dari teh maupun kopi hijau. Percuma kalau kamunya tidak olahraga, tidak makan dengan benar, jadwal tidur berantakan, dan selalu berpikir negatif.

Minumlah kopi hijau seperti kamu menikmati kopi jenis lainnya. Jangan lupa untuk berpiir positif juga bahwa semua yang kamu lakukan akan menghasilkan sesuatu yang baik untuk kamu dan orang di sekelilingmu.

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

9 comments

  1. Aku udah kurangin minum kopi sachet sejak rasain debar2 di jantung. Ga enak banget.

    1. Kalau berdebar-debar karena jatuh cinta, enak, dong? :p

  2. Aku butuh diet naikin berat badan kak. Ini udah nambah sih.. Dan bener aku juga ngelakuin itu… Jadi makan ini itu udah gak ada pikiran lagi buat “naikin berat badan”.

    Kalo laper makan. Juga g asal makan. Kudu ada sayur ini itu… Terus minum suplemen juga yang aku bikin sendiri dari bahan di dapur. Ahahaha… Makan jg g berlebihan kok. Secukupnya aja… Tp alhamdulillah naik sih perlahan. G maksain kudu naik berapa kg dalam seminggu. Cuma ini keknya emang butuh tambahan olahraga lbh bnyk. Ahaha
    #malahcurhat

    1. Semangat, kakak. Olahraga bareng, mau? Biasanya street workout gitu.

  3. Selain kopi tubruk lokal, so far aku mengonsumsi Nescafe Classic sih. Tapi kalau ada yang lebih sehat, kayaknya perlu deh nyoba green coffee ini.
    Anyway, tapi gimana caranya sih biar berat badan tetap stabil? Ada tip khusus, ga?
    (tim ingin langsing)

    1. Kalau sekarang yang kulakukan adalah banyakin olahraga. Maksudnya begini, kalau kira-kira mulai sadar habis makan banyak, berarti olahraganya harus “banyak juga”. Aku sering menyontek gerakan-gerakan di Youtube atau Instagram orang-orang penggiat olahraga gitu, teh

  4. Dit, tolong bikin postingan tentang olah raga yang kamu lakukan selama diet, biar orang lain termotivasi jugaaaaa

    1. Pernah, kak, beberapa tahun yang lalu. Nanti aku bikin lagi, tapi kak Chika bantu share, ya. #digeplak

  5. Kopi eman sangat efektif membakar lemak

Tinggalkan Balasan