Solusi Bagi si Pelupa dan Enggak Mau Ribet

Hujan yang mengguyur Ibu Kota beberapa bulan terakhir ini, membuat kantong saya menipis karena harus dikeluarkan untuk membayar biaya taksi.

Bukan berniat sombong atau bagaimana, tapi tubuh saya yang menjulang ini, suka enggak bersahabat kalau harus naik angkutan umum. Apalagi di musim hujan, pasti penuh dan saya harus berdiri. Kalau saya berdiri dengan kondisi kepala menunduk serta waktu perjalanan yang lama, bisa-bisa leher saya sakit. Malesin banget, ‘kan?

Tapi, kebiasaan buruk sering membuat saya keder sendiri. Saya suka lupa mengecek apakah di dompet tersimpan beberapa lembar uang atau tidak, suka malas ke ATM dan hanya menyimpan voucher taksi di dompet. Mending kalau pas hujan taksi yang bisa bayar pakai voucher gampang didapat, kalau enggak, saya kudu piye?

Beruntunglah saat ini sudah ada Mandiri E-cash, yang dapat menyulap ponsel menjadi ‘uang’. Kalau selama ini ponsel hanya untuk SMS, berinteraksi di dunia maya, dan untuk transaksi lain-lain, kini ponsel dapat dijadikan uang.

Informasi tentang Mandiri E-cash, saya dapatkan dari teman yang kebetulan liputannya mengenai ini . Secara tidak langsung, dia sudah memberikan solusi kepada  saya, yang suka lupa membawa dan mengambil uang di ATM. Kebetulan dong, selain menjadi nasabah bank lain, saya juga nasabah bank Mandiri, hanya saja Mandiri Syariah. Saya lantas bertanya padanya, apa bisa nasabah Mandiri Syariah memiliki Mandiri E-cash? Apa harus buka rekening baru dulu?

“Enggak,” kata dia dengan muka lempeng yang membuat kelucuannya naik beberapa persen :p

“Pemilik bank mana pun, selagi itu saling terintegritas, bisa kok menggunakan Mandiri E-cash ini,” tambah dia

Ternyata, untuk memiliki Mandiri E-cash ini cukup mudah,  tinggal download saja. Saat ini, Mandiri E-cash sudah tersedia di platform iOS, Android, Blackberry (0S7 ke atas), dan BB 9900. Tanpa pikir panjang saya langsung mendownloadnya.

Karena Mandiri E-cash adalah uang elektronik yang memanfaatkan teknologi aplikasi di ponsel, setiap pengguna dapat melakukan transaksi tanpa harus melakukan pembukaan rekening. Tetap saja, untuk dapat menggunakannya, harus isi saldo terlebih dulu. Isi saldonya, tinggal ikutin petunjuk yang ada. Nanti akan diterangkan satu per satu.

Pengisian saldo Mandiri E-cash, tidak hanya dapat dilakukan melalui e-channel Bank Mandiri saja, tapi dari bank lain juga. Mandiri tampaknya tahu betul bagaimana cara mempermudah kehidupan banyak orang termasuk saya. Apalagi di Mandiri E-cash ini ada fitur transfer uang.

Setelah saya coba, ternyata Mandiri E-cash ini berbasis nomor telepon. Jadi, kalau ada teman kamu yang memiliki aplikasi ini dan nomornya tersimpan di ponselmu, maka transfernya akan lebih mudah. Tinggal masuk ke menu, pilih kirim E-cash, akan muncul kolom nomor telepon penerima, lalu di bawahnya ada jumlah uang yang dikirim.

Saat tombol proses ditekan, programnya akan meminta kamu untuk memasukkan kode PIN serta OTP yang dikirimkan melalui SMS. Begitu tombol lanjut ditekan, maka transaksi selesai.

Uniknya, akan ada struk yang keluar yang dapat disimpan, diprintscreen, sebagai barang bukti. Simpel banget, ya?

Untuk kamu yang doyan belanja online di Tokopedia, Groupon, Valadoo, atau belanja Gramedia Majalah, atau mungkin bayar taksi (dalam hal ini Express), atau bahkan Cititrans. Hanya saja, untuk saat ini Mandiri E-cash belum bisa digunakan di taksi Express dan Cititrans. Duh, semoga sebentar lagi sudah bisa digunakan untuk semua, biar saya enggak ribet kalau harus bayar taksi dan lupa membawa uang cash.

Kalau sudah seperti ini, ketinggalan ponsel akan lebih berat ketimbang ketinggalan dompet.

Mandiri E-cash

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

16 comments

  1. Transfer ke aku dong :))
    Aku juga punya e-cash.

    1. Pasti saldonya banyakan kamu. Mending kamu transfer ke aku, Mbak. *cek saldo*

    1. Agak ribet untuk smartphone dual sim, saya ga bisa nentuin no. HP yang saya maksud untuk daftar. 🙁

      1. Ayo, pakai yang satu sim saja dong. Kamu di Mandiri kan, kak?

          1. Oia, deng. Kamu di BNI Syariah 😆

  2. Hahahaha. Sebagai mantan karyawan kok saya malah malas ya memakainya. 😛

    1. Lho, kenapa, Mas?

  3. Harap segera transfer ya. Mamah lagi di kantor polisi nih. #eh

    1. Ha ha ha .. Sekarang gitu yah 😆

  4. Bisa di Gramedia? *langsung semangat* Hahaha

  5. Gak perlu punya rekening bank mandiri gan buat makai e-cash, langsung download aja di app store dan bisa isi saldo dari ATM bank lain. Yg paling enak tu promonya bnyak, di 21cineplex

  6. Jadi urusannya sama cerita taksi di awal apa?

Tinggalkan Balasan