Kuldik di Patbingsoo, Restoran Korea di Kawasan Elite Alam Sutera

“Ini enak,” kata si Adik memberi respons terhadap rasa dari salah satu menu andalan di restoran khusus dessert dari Korea, Patbingsoo, berupa sepotong popcorn spicy chicken.

Kuliner bareng Adik di Patbingsoo tidak kami rencanakan sebelumnya. Semula kami pengin makan siang di Onokabe. Namun batal lantaran kami sampai di sana pukul 02.45. Sementara restoran all you can eat yang masih satu grup dengan Shabu-Shabu Shaburi ini segera tutup dan baru dibuka lagi pukul 06.00 sore.

“Makan di situ saja, Bang,” kata si Adik menunjuk ke arah restoran Korea bernama SEORAE sambil mesem-mesem. Semacam memberi isyarat bahwa tempat itu sudah diincar sejak lama. Saya yang sudah lapar banget mengiyakan ajakan si Adik untuk makan di sana.

“Eh, tunggu dulu. Itu halal? Coba cek dulu.” Saya baru ingat kalau saat itu sedang berada di sebuah kawasan yang mayoritas penduduknya Cina. Bukan hal yang mustahil kalau kebanyakan restoran di sana punya menu berupa daging babi. Si Adik membuka ponselnya dan membuka situs review makanan yang selalu muncul di halaman pertama Google.

“Ada pork, tapi ada sapi dan kambing juga,” katanya. Si Adik pun gamang. Langkahnya terhenti untuk berpikir sejenak. Tetap mau makan di situ atau memilih tempat yang lain. Kemudian, raut wajah kecewa dia perlihatkan.

Dari peristiwa itu saya jadi tahu, si Adik sedang didera demam drama Korea. Setelah tidak lagi menggemari pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina karena Raffi dinilai tidak setia, si Adik lagi tergila-gila dengan sosok Son Joong Ki. Dan di SEORAE, pengunjung bisa berpose di sebelah patung Son Joong Ki, seakan-akan menjadi Song Gye Kyo. Perempuan cantik yang diisukan punya hubungan khusus dengan Son Joong Ki.

Ciye, Ada yang Menyesal Makan di Patbingsoo Setelah Tahu Restoran yang Ada Patung Song Joong Ki-nya Bisa Memesan Menu yang Halal

“Yasudah, lah. Kita makan di Patbingsoo saja kalau begitu.” Selama menaiki anak tangga menuju Patbingsoo, matanya si Adik terus memandangi ke arah dalam restoran SEORAE. Sesekali dia menggerutu, kemudian berubah histeris setelah mendapati adanya patung Son Joong Ki di dalamnya.

PatBingSoo, Korean Dessert House

Kami memilih meja nomor tiga dari pintu masuk, berada di bawah televisi, dan dekat dengan lorong yang menghubungkan Patbingsoo dengan lantai dua dari restoran SEORAE.

Saya suka sekali desain interior Patbingsoo. It’s simply eye catching with the neon glowing. Ambience di Patbingsoo mirip stasiun kereta api bawah tanah di Korea. Kesan seakan-akan beneran lagi di Korea semakin bertambah dengan diputarnya lagu-lagu Korea, termasuk OST drama Korea.

Pulang dari Patbingsoo Langsung Cari Tiket Murah ke Korea Buat Tahun Depan. Ke Korea Enaknya Berapa Hari?

Setelah melihat buku menu, dari halaman pertama sampai halaman terakhir, kami putuskan memesan House Spicy Ramyeon, Popcorn Spicy Chicken, Spicy Chicken with Cheese , Lychee IceTea, dan Peach Collagen Tea.

1. House Spicy Ramyeon (48K)

Seorang pelayan Patbingsoo yang memakai topi Santa meletakkan kompor di atas meja yang ditaruh di depan kami. Dia akan memasak menu pertama pesanan kami berupa House Spicy Ramyeon. Persis kayak kita memesan Indomie rebus di warung kopi.

Mas Pelayan Patbingsoo Sedang Meracik House Spicy Ramyeon. Mukanya Serius Banget, Kagak Ada Senyum-senyumnya

House Spicy Ramyeon yang berisi mi, telur, rumput laut, dan direbus dengan kaldu pedas merupakan menu yang patut kalian coba kalau ke Patbingsoo. Aroma rumput laut bercampur aroma pedas dari cabai dan rempah-rempah membuat kami sudah tidak sabar untuk cepat-cepat menyantapnya.

Pas Banget Suasananya Kemarin Siang. Pas Lagi Hujan Deras, Dingin, Makannya Beginian di Patbingsoo. Tubuh Jadi Hangat

Penikmat makanan pedas pasti menyukai menu yang satu ini. Satu porsi berukuran cukup besar dapat dinikmati berdua. Saran saya, sebelum dimakan mi, telur, dan rumput lautnya, hirup dulu kuahnya. Namun, bukan tanggungjawab saya kalau pada akhirnya kalian justru menghabiskan kuahnya dulu baru makan bahan-bahan yang ada di dalamnya. Seandainya Milly di Ada Apa dengan Cinta? 2 mencoba menu ini, dia pasti akan bilang, House Spicy Ramyeon juara.

2.  Spicy Chicken With Cheese (78K)

Menu kedua yang kami coba adalah Spicy Chicken with Cheese, berupa tiga potong sayap dan paha ayam bagian bawah dengan cita rasa yang pedas kemudian dibalut keju yang meleleh dengan tambahan kentang goreng sebagai karbohidrat.

Di mata seorang Erikar Lebang, menu yang termasuk andalan di Patbingsoo sudah menyalahi aturan food combining. Tidak seharusnya dua jenis protein digabung dengan karbohidrat. Kalau mau, kentang diganti dengan sayuran.

Eh, kentang itu tidak termasuk jenis sayur mayur, kan? Jika memang benar kentang adalah sayur, menu ini berarti baik untuk seorang pelaku food combining. Namun, pelaku food combining atau bukan, kamu tetap harus memesan Spicy Chicken with Cheese.

Kekurangan dari Patbingsoo Cuma Satu, Kenapa keju untuk Menu Spicy Chicke with Cheese Sedikit Sekali, Sedangkan Kejunya Bejibun. Kayak Sagitarius Ketika Mencintai Dua Orang Sekaligus, Suka Nggak Adil
Porsinya untuk Sendiri Seharusnya. Karena Datang Berdua dan Memesan Banyak Makanan di Patbingsoo, Jadi Cukuplah. Oia, Kerak Kejunya Enak Lho. Cobain, deh.

Pada proses pembuatannya, pelayan di Patbingsoo akan melelehkan keju di atas hot plate, kemudian dililit ke sayap dan paha ayam. Daging ayam yang dasarnya saja sudah gurih, pedas, dan sedikit manis, lalu dipasangkan dengan keju yang meleleh, sudah pasti menciptakan sebuah rasa yang enak banget.

Kekurangan dari Spicy Chicken with Cheese hanya satu, kejunya sedikit sekali. Sementara kentang gorengnya banyak banget. Akhirnya, kentang goreng itu saya campur dengan kuah House Spicy Ramyeon yang ternyata enak juga.

Saran saya, jangan lupa untuk makan kerak keju di atas hot plate. Coba campur dengan kentang goreng yang sudah dibanjiri kuah Ramyeon, saya jamin bisa bikin kamu ketagihan!

3. Popcorn Spicy Chicken (35K)

Nah, yang menghabiskan menu satu ini adalah si Adik. Dia bilang enak dan dia suka. Menurut si Adik, Popcorn Spicy Chicken di Patbingsoo jauh lebih enak dari sejumlah tempat yang pernah dia coba.

Dia juga bilang, popcorn chicken adalah makanan favorit Son Joong Ki. Ya ampun, Dik, sok tahu kamu. Ketemu orangnya saja belum pernah.

Popcorn Spicy Chicken di Patbingsoo Ini Terbilang Enak Dibanding Tempat yang Lain
Kalau Kamu ke Patbingsoo, Cobain Ini ya

Sesampainya di rumah, si Adik langsung mencari bahan dan cara membuat popcorn chicken di Google. Kalau sekiranya mudah, bakal dia coba sendiri. Kalau susah, minta tolong ke mama yang kemarin berhasil membuat sayap ayam goreng yang pernah kami makan di salah satu restoran Korea juga di Gandaria City.

Kekurangan Patbingsoo

Secara keseluruhan, saya suka suasana dan makanan di sini. Meski saya belum mencoba menu yang seharusnya dipesan ketika ke Patbingsoo.

Dari namanya saja, Patbingsoo memiliki arti es kacang marah. Berarti harus banget mencoba es kacang merah dan es-es lainnya. Untuk minuman yang kami pesan kemarin, rasanya kayak es teh manis di warung kopi, yang mana lebih banyak es ketimbang tehnya.

Rasa dari Peach Collagen Tea Ini B Aja

Penyuka drama Korea pasti senang makan di Patbingsoo, karena menggambarkan Korea dalam lingkup yang kecil. Hanya saja, tempat ini kecil sekali dengan jumlah mejanya tak banyak, sehingga tidak kebayang harus menunggu berapa lama kalau saja lagi ramai pengunjung.

Sama satu lagi, pelayan Patbingsoo kurang ramah. Nggak ada manis-manisnya sama sekali. Untungnya cekatan. Masalah harga, sudah satu tahun tidak berubah, tetap sama.

Untuk ukuran restoran Korea yang sudah punya nama dan berada di kawasan elite Tangerang Selatan, harga makanan dan minuman di Patbingsoo murah sekali. Porsinya banyak pula (meski kejunya sedikit).

PatBingSoo
Korean Dessert House
Falvor Bliss Ext 3A (lantai 2 SEORAE)
Jl. Alam Sutera Boulevard
Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten.

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

22

11 comments

  1. Makan enak di mana lagi kita?

  2. Di kokas ada resto korea macam ini dan antrian nya sampai 80 meja #kaesanglelahMenunggu

    1. Ya, Tuhan, ke sananya saja sudah amit-amit macetnya ya, Bok?

      1. Kalo aku tinggal ngesot doang kak, rumah ku kan deket kokas hahaha

  3. SAGITTARIUS SALAH APAAAAAAAA?????????
    Mongomong saya ndak selera sama Joong Ki. Hiiiiii. (Ini kayaknya kalau adeknya Kak Adit ada di depan saya, saya udah dijambakin :))) )

    1. Kamu Sagitarius? Dan kamu tidak merasa bersalah? HEIIIII! *lho*

      Wah, kamu bicara kayak begitu di depan Adikku, habis kamu diubek-ubek mukanya

      1. Sagittarius dan saya ulang tahun lho Kak hari iniiii :’))))
        Ayo sini kasih saya hadiah ulang tahun dengan meninggalkan komentar di blog saya :’3

  4. Ini pedesnya sadis ga? Pengen nyobain tapi kok spicy semua :’)))

    1. Buset, kagak ada pedas-pedasnya bae, Kak

  5. Lagi musim nih resto Korea di mana-mana. Duh, padahal foto sama song joong ki nya aja, bang … nebeng, pengen tahu kayak apa patungnya. wkwkwk. sumpah aku penasaran..

  6. untuk House Spicy Ramyeon pedasnya ada level levelnya ngga? perlu dicoba nih kalau ada

Tinggalkan Balasan