semarang mending naik kereta api ekspres argo muria

Pertama Kali Naik Kereta Api Eksekutif ke Semarang

Papa sudah dua tahun sulit diajak bepergian jauh. Boro-boro ke luar kota, saban diajak ke mal selalu menolak. Ketika papa bilang mau mengajak jalan-jalan ke Semarang, saya dan adik langsung saling pandang.

Ditambah alasan papa lantaran kangen jalan-jalan menggunakan kereta api. Kami tambah bingung mau meresponsnya. Ini serius atau saat itu papa sedang mimpi berjalan?

Namun, rencana seperti ini bukan yang pertama. Belum ada sebulan, papa yang punya seribu alasan setiap mau diajak ke mana-mana, random mengajak mama dan adik ke Padang. Sebelum akhirnya sampai di Bukit Tinggi lalu ke Kelok Sembilan, mama sempat menganggap papa sedang bergurau.

Supaya kami percaya sama omongannya, papa sendiri yang memesan tiketnya. Kemudian menyerahkan sejumlah uang ke adik untuk segera cari penginapan.

kereta api ekspres Argo Muria menuju Semarang punya tempat duduk yang nyaman
Ini papa (jaket abu-abu) dan pakdenya mama. Setiap kali bepergian, papa dan mama selalu menyelipkan satu orang di luar yang “inti”. Biar liburan ke Semarang tambah seru, katanya.

Setelah salat Istiqarah, puasa Senin Kamis, bicara empat mata sama kakek yang bakal ditugaskan “menjaga” rumah, dan melihat jatah cuti di kantor, papa yang memutuskan berangkat ke Semarang di hari Jumat, kemudian pulang dari Solo ke Jakarta di hari Senin.

Saya tidak ingat kalau orang tua di umur yang seharusnya menimang cucu rentan sekali pelupa. Dugaan saya benar, papa malah memesan tiket kereta apinya buat hari Kamis. Dengan berat hati, saya yang telanjur mengurus cuti hanya Jumat dan Senin, bawa laptop supaya kerjaΒ remote.

Saya rada kalang kabut mengurus cuti di saat tim sedang tidak lengkap. Rada tidak enak meninggalkan kantor dalam kondisi seperti ini. Fitri lagi hamil muda, sedangkan Bella lagi diperbantukan buat kanal seberang. Meski gaji belum naik, semangat saya untuk kerja tetap membara.

Terlepas dari itu semua, saya tidak sabar untuk segera sampai di Semarang. Saya pengin melihat langsung kemegahan Lawang Sewu, ingin tahu seperti apa pork festival yang didemo itu, dan mengunjungi sejumlah tempat seru lainnya.

Masa sudah sampai ke puncak Gunung Prau, belum pernah ke Semarang? Malu-maluin, kata si Kawan. Biarin, yang penting sudah ke Banda Neira!

Ke Semarang Naik Kereta Api Ekspres Argo Muria

Kereta api dipilih sebagai moda transportasi untuk liburan singkat kali ini. Yaitu Argo Muria, kereta api eksekutif yang berangkat dari Gambir (Jakarta) dan berhenti di stasiun Semarangtawang. Jadwal keberangkatannya hanya pukul 07.00 pagi.

Selain orang tua yang sudah tidak sanggup duduk tegak berjam-jam, adapun alasan lain memilih menggunakan kereta api eksekutif adalah, menghindari adu lutut antara saya dengan penumpang di depan.

KA Ekspres Argo Muria berhenti di stasiun Semarang Tawang
Si adik pun tidak masalah jika harus naik kereta api ekonomi. Namun, jika pergi sama keluarga, lebih memilih naik Kereta Api Eksekutif. Termasuk saat ke Semarang Ini

Saya pernah adu lutut di KA ekonomi selama delapan jam. Sewaktu pulang dari Malang, kira-kira dua tahun lalu, saat Goyang Dumang merajai tangga lagu dangdut Indonesia. Selama itu pula saya sulit membedakan antara asam urat yang kambuh, dengan kaki yang kesemutan.

Kereta api ekspres yang beroperasi pada 22 Desember 1997 ini memiliki susunan tempat duduk 2-2. Dengan sandaran yang bisa diputar ke belakang agar penumpang dapat berbaring. Jarak antar kursi yang luas memberi kenyamanan lebih untuk kita.

ke semarang memang paling enak naik kereta api ekspres argo muria
Penampakan Kereta Api Ekspres Argo Muria menuju Semarang dari Belakang
ka ekspres argo muria semarang dalam keadaan sepi
Saat ke Semarang kemarin, KA Ekspres Argo Muria ini cukup sepi

Tumben-tumbenan sosok Capricorn mampu beri kenyamanan. Yang saya tahu, pemilik zodiak ini tidak mengerti cara membuat pasangannya merasa nyaman. Di pikiran mereka, straight to the point adalah kunci keberhasilan sebuah hubungan.

Berbeda dengan Aries, Cancer, atau Scorpio yang tidak perlu diajarkan lagi cara membuat orang terdekat merasa nyaman. Meski harus menerima sifat buruk Scorpio, yang cenderung posesif saking takutnya kehilangan.

bagian dapur kereta api ekspress argo muria menuju semarang
Dari segi pelayanan, petugas di kereta makan saya beri nilai 9. Soal kecepatan, saya beri nilai 6. Lelet banget

Jangan pesan makanan di KA Ekspress Argo Muria

Lamanya perjalanan menggunakan KA Argo Muria adalah enam jam. Berhubung perjalanan ke Semarang dilakukan di pagi hari, keindahan panorama alam terpapar jelas di depan mata. Setiap akan berhenti di Cirebon maupun Tegal, ada saja objek yang bikin kita betah memandangnya lama-lama.

Merasa kurang syahdu dari kursi sendiri, penumpang dapat beranjak menuju kereta makan, melihat pemandang sambil menikmati secangkir teh atau kopi panas. Bisa juga sambil baca buku sehingga tidak sadar sudah sampai Semarang.

enaknya naik kereta api menuju semarang
Si Bapak tampak syahdu menikmati panoram ditemani secangkir teh dari KA Ekspres Argo Muria

Jika perut mulai terasa lapar, sebaiknya jangan memesan nasi goreng atau menu apa pun yang dibandrol dengan Rp30 ribu. Rasa makanannya ampun-ampunan. Andai saja kemarin itu tidak lapar banget, mungkin saya lebih memilih makan di Semarang saja.

lebih baik menahan lapar sampai semarang
Maafkan saya, makanan di KA Ekspress Argo Muria menuju Semarang ini tidak enak

 

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

15 comments

  1. Begini rasanya ngeblog di saat liburan. Terimakasih Semarang

  2. Kursi Eksekutif dan Bisnis bisa loh disetting adu lutut klo duduknya deketan sama keluarga jadi bisa tetep rumpik. Setuju untuk tidak pesan apapun di restorasi, kecuali air minum klo kepepet whwhwh. Mahal dan gak enak nasi gorengnya.
    Eh tapi denger2 mereka sudah kerjasama dengan hoka-hoka bento.

    1. Bukan Hokben, Lid. Kemarin kalau nggak salah yang aku lihat Solaria. Tapi males gitu lihat kemasannya, nggak banget

      1. Terakhir naik kereta ada D’Cost sama Solaria.

        1. Nah, D’Cost juga, tuh. Kata si Adik, sih, dan menunya nggak enak, dong πŸ™

  3. Lebih enak beli makanan diluar kereta, waktu itu pernah kepepet beli eh gak kenyang wkwkwk -,-

    1. sudah gitu mahal pula, kan.

  4. Harga tiket kereta exe ini sama kayak naik pesawat yaaaa hehehe
    Dan aku kangen naik kereta, terakhir 3 th lalu ke bandung hehehe

    1. Aku malah belum pernah naik KA ke Bandung.

      Masih lebih murah sih, kak, tapi ya gitu

  5. Naik kereta api itu menyenangkan, tinggal tidur tiba-tiba udah sampe di TKP πŸ˜€

    1. Betul, Mas. bonusnya, bisa menikmati pemandangan sekitar

  6. Kyaaa…emang suka ngga enak hati kalau cuti mendadak berubah. Wkwkwk. Ulasan Semarangnya ditunggu.

    1. Banget. Apalagi kalau tim lagi kurang banget. Siap, lagi digarap, Mbak

  7. Enak ya sekali kali naik kereta pas liburan. Waktu habis mendaki Semeru dari Malang – Jakarta gw juga naik Eksekutif. Enak nyaman selonjoranm. Btw sempet beli nasi goreng juga di kereta, tapi kerasnya itu enak mungkin krn laper dan di gunung kebiasaan makan seadanya jd nikmat πŸ˜€

    1. Gw juga kemarin lagi lapar-laparnya. Tetap saja terasa tak enak. aku syedih πŸ™

Tinggalkan Balasan