Menjajal Bus Perbatasan

Jumat lalu, ketika saya hendak pulang ke rumah dari blok M Plaza, tanpa sengaja saya melihat bus berwarna biru yang berukuran cukup besar ngetem di dekat taman Blok M (taman yang berada persis di samping terminal Blok M).

Dari kejauhan bus ini tampak seperti patas AC pada umumnya. Tapi, setelah dilihat lebih dekat, bus ini semacam bus TJ ( Trans Jakarta , -red) , yang memiliki pintu samping kanan dan kiri yang cukup tinggi, ditambah pula kursi-kursi yang saling berhadapan, persis seperti bus TJ yang sudah lama beredar.

Usut punya usut, ternyata bus ini “busway” nya warga Ciputat dan sekitarnya. Namanya adalah APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi BusTransJakarta). Terminal untuk bus APTB ini berada di terminal Ciputat. Untuk rutenya sendiri, APTB melayani daerah Ciputat sampai Kota.

Bus APTB

Wah, sebagai warga Ciputat (berKTP-kan Jakarta), saya cukup senang akan hadirnya bus APTB ini. Kalau saya ingin ke daerah-daerah pusat macam Senayan, Semanggi, HI, dan Kota, tidak perlu lagi deh saya ke terminal Lebak Bulus.  Cukup ke terminal Ciputat, naik bus APTB ini, bayar 6.000 rupiah, duduk manis, sampai deh saya ke tempat-tempat itu.

Dari segi ongkos sih sebenarnya sama saja (bagi saya). Kalau saya ingin ke daerah yang saya sebutkan di atas, saya harus menaiki angutan kota dari pasar Ciputat ke terminal Lebak Bulus, dan dikenakan tarif 3.000 rupiah. Ditambah pula, ongkos untuk bis yang ingin saya naikin. Bisa-bisa total keseluruhan ongkos saya lebih dari 6.000 rupiah.

Sedangkan untuk daerah-daerah yang misalnya tidak terjangkau oleh bus APTB ini dan mengharuskan kita pindah busway, ya kita tinggal pindah saja. Tak perlu bayar lagi.

Untuk saat ini, bus APTB ini cukup layak untuk dinaikin. Masih bersih, wangi, tak ada sampah, aman, dan yang jelas adem. Mungkin karena baru kali, ya. Tau deh, kedepannya bagaimana. 😆

Oia, bus APTB ini masih sepi penumpang (sepertinya sih, banyak yang kurang ngeh akan keberadaan bus satu ini)

Bersih, kan?

Bus APTB ini tak ada jalur khusus. Tapi, karena bus APTB ini seperti layaknya bus Trans Jakarta, jadi ada peraturan yang mempersilahkan bus APTB ini memakai jalur bus Trans Jakarta.

Jalur bus APTB ini sendiri sebenarnya masih bebas. Bebas seperti bus kebanyakan. Minusnya, boleh menaikan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat. Maksudnya di sembarang tempat, tidak harus di terminal busway gitu. Kalau pun kita mau turun (misalnya) di halte busway Pondok Indah, boleh saja.

Beli tiketnya saja, bisa di dalam, kok. Nanti juga kernetnya akan memintas ongkos dan menyerahkan tiketnya.

Jalan di luar dari jalur busway, juga tidak masalah. Apabila terkena macet dan ingin numpang jalan di halte busway, silahkan.

Memang di Ciputat ada jalur khusus? Tak ada ! Jalan sesempit itu mana mungkin lagi ditambah dengan jalur khusus. Mau semacet apalagi Ciputat ini. Makanya, bus APTB ini bebas.

Waktu saya menaikinya dari Blok M, ada pun daerah yang dilewati oleh bus APTB ini adalah Kebayoran Baru, Gandaria, dan Radio Dalam. Kalau kamu sering ke daerah situ, tidak ada kan, jalur khusus busway? Nah !

Hei, kamu, warga Ciputat. Ingin menjajal bus APTB ini? Saran saja. Naiknya jangan dari terminal Lebak Bulus, rugi. Karena ongkosnya 2x lipat dari angkutan kota yang biasa kamu naikin dari terminal Bulus.

Kalau mau, naiklah dari Pondok Indah. Ngga rugi, kok. Rugi kalau kamu ngebandinginya dengan Kopaja 102. 😀

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

47 comments

  1. haha gue kira naik bis perbatasan antar negara, ternyata, tempat gue angkot susah, tergerus motor neh. mana kayak roller coaster haha

    1. belum pernah nyoba. pengen sih, tapi entarlah 😆

  2. nice, jadi angkutan kota terintegrasi. Konsep integrasi memang diperlukan untuk tata kelola transporatasi yang lebih baik 🙂

  3. emang kita musti nyoba semua Di…, biar tau jalur yg efisien …, dan punya alternatif kl jalan macet

    1. betul, Kak ! apalagi di Jakarta ini. harus pandai-pandai mencari jalan alternatif

  4. Iya, bus APTB ini memang buat gantiin bus yang dulu ke Kota. Cuma bis ini digabungin dengan trayek busway. Selain belum banyak yang tahu, bus ini memang trayeknya kepanjangan, Dit. Awalnya harga tiketnya kan 9.500, tapi karena kemahalan sekarang jadi 6.000. Itupun kalau masih kemahalan kalau perginya cuma dari ciputat ke blok m.

    1. iya, Mas Gie dulu sempat dengar kabar-kabar akan pembuatan bus ini. tapi dulu ga tau namanya bakal APTB ini. harganya pun sudah jd bahan pembicaraan. untunglah 6.000 saja.

      makanya saya bilang, itu kan menurut saya, belum tentu yang lain 😀

  5. yup ini bus dengan trayek (bianglala 45) jurusan ciputat-kota. trayek ini dihidupkan lagi oleh TJ dengan format APTB gini. Penuh kok bus ini (setidaknya itu yg gw lihat saat melintas halte Mangga Besar), terutama pas jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari jam pulang kantor. Soalnya bus ini sangat dinanti buat penumpang yang berumah di Ciputat dan Pondok Indah 🙂

    1. mungkin rame kalau dia sudah berada di jalur busway dan jam-jam sibuk ya, jeung. yang memang banyak penggunanya. kl dari blokm sampai ciputat, sepi.

      anw, terima kasih infonya 🙂

  6. Aku sudh coba kemarin ~ ~ ~ (Oˆ▽ˆ)o

    1. menurut kamu bagaimana, Cih?

  7. wah boleh banget tuh dijajal buat keliling ciputat-kota kalo pas liburan. bisa naik/turun di radio dalam tak ya? *dikeplak kondektur*

    1. bisa, kok, bebas!

  8. kekurangan bis bis seperti ini, itu jadwalnya yang tidak banyak.. jadi sulit ngepasinnya.. Di lippo karawaci juga ada.. tapi ya gitu, harus rutin baru bisa ngikut. Dulu sempat menjadi pengguna aktif bis perbatasan ini tentunya dengan sepeda lipat….:)

    1. wohooohooo.. sepeda lipat. ide bagus. harusku coba.

      iya mas, jadwalnya ini masih belum jelas. bisnya pun msh belum terlalu banyak.

  9. coba posting lagi dit 6 bulan kemudian buat laporan apakah kondisi busnya msh harum mewangi 🙂

    1. hehehe betul juga kata mas Didut,kita lihat saja nanti

      1. yuk, mareeee! 😆

    2. ide cemerlang! *ngunyah lumpia*

  10. Ini busnya tinggi kan Dit ? trus kalo mo turun diluar halte busway gimana turunnya ???

    1. oia, aku lupa nyantumin “kalau naik dan turun bisa bebas dari depan. pintu samping supir”. terima kasih, Bang 😀

  11. waaahh.. perlu dicatet neh.. sebagai pengunjung jakarta yang transportasinya kemana mana pake transjakarta. biasanya seh kalau gak ada bis lagi aku naiknya taxi soalnya.. kan lumayan irit.. hehehehehe

    1. #horangkayah 😆

    1. sekarang sih, iya(masih) terlihat nyaman. mboh 1-2 tahun lagi :p

  12. Bus nya di kelola swasta atau pemerintah ya Dit?. Semoga kedepannya makin banyak armada semacam ini yang memberikan layanan terbaik buat masyarakat :).

    1. Pemerintah, kak.

      Aminnn.. semoga juga nasibnya ga sama kayak bus TJ

  13. gue tau bis ini pas beberapa waktu lalu ngelintas di jalanan busway. kirain ini bus khusus buat karyawan pemerintah. eh ternyata untuk umum

  14. Bisnya masih kinclong banget…

    1. yesss. masih ! 😀

  15. Kok bagus ya Dit.
    Rasanya tak percaya lihatnya….. aku kira di luar negeri tadi, sebelum baca postingannya.

    1. HAHAHA .. warnanya aku suka, Kak. kelihatan “luar banget” ya 😆

  16. kayaknya nyaman tu busnya, sayang saya tinggal di desa dengan kondisi anggkutan umum yang kurang dari kata bagus

    1. bus tak bagus, jaringan internet bagus, dong! 😆

  17. kirain perbatasan dgn luar negeri 🙂

  18. Kalau jam sibuk, rame enggak ya?

    1. bangetttt… layaknya busway. dengan catatan, itu ramenya kalau sudah memasuki kawasan Semanggi dan seterusnya 🙂

  19. Belum pernah naik bus ini, paling ke Jakarta kalau pengen naik bus yang nyaman ya naik Trans Jakarta, tapi setelah baca ini, semoga ketika main ke Jakarta bisa merasakan fasilitas maksimal dari bus ini 😀

  20. Gw pernah naik ini Dit, dari daerah Graha Niaga Sudirman, dan kondisinya samaa banget dengan busway. Rame empet-empetan. hehehe..
    Tapi lumayan lah ya ada perbaikan.. 🙂

  21. kalo dari al-azhar sampai ciputat bayarnya 6000 juga ya?

  22. terima kasih infonya, bermanfaat sekali 😉

  23. terima kasih infonya 😀 anw saya mau tanya, bus ATPB dari Terminal Ciputat ini jadwalnya jam berapa saja ya? trims.

Tinggalkan Balasan