Melihat Sisi Baik POLISI Dari Sebuah Gambar

Kemarin siang, selepas dari melakukan totok yang kedua kalinya di Pondok Gede, saya menyempatkan diri singgah ke Gandaria City. Salah satu mall yang terletak di Arteri Pondok Indah. Niatan saya ke sana awalnya untuk menonton The Amazing Spiderman. Tapi, apa yang saya dapati? Antrian yang super panjang. Melihat antrian seperti itu, niatan menonton, pun saya urungkan.

Ketika melangkahkan kaki ke musholla untuk sholat, dari kejauhan saya melihat replika halte yang di dindingnya ditempelin poster-poster. Ternyata, eh, ternyata .. hari itu ada ‘Pameran Poster Peringatan Ke 66 Bhayangkara 2012′. Pameran itu bertujuan untuk menampilkan kinerja & kerja keras POLRI untuk mewujudkan pelayanan PRIMA KEPOLISIAN yang ANTI KKN & ANTI KEKERASAN melalui desain poster yang informatif, komunikatif, dan menarik secara visual.

-koleksi pribadi-

Disitu kita bisa melihat beberapa gambar hasil sumbangan masyarakat Indonesia. Kenapa sumbangan? Karena, dibawah poster itu akan terdapat nama-nama si pemilik gambar tersebut. Di pameran itu, kita dapat melihat sisi baik dari seorang polisi. Apalagi, beberapa waktu belakangan ini polisi sempat menjadi sorotan di masyarakat kita.

Lalu saya melihat satu persatu gambar yang ada di situ. Banyak gambar yang cukup membuat saya berdecak kagum. Bahkan, sedikit ga percaya. Malah, ada satu gambar yang membuat saya ketawa geli.

Sholat Berjamaah antara polisi dan mahasiswa

Kejadian yang terdapat di dalam poster tersebut, sempat menjadi perbincangan hangat 2 bulan lalu. Dimana, kala itu terjadi demo besar-besaran menolak kenaikan BBM. Polisi dan mahasiswa saling adu. Lagi-lagi, kala itu, polisi yang menjadi sorotan tajam. Kala itu yang disorot hanya bentrok antara polisi dan mahasiswa. Tapi, apakah kejadian seperti ini disorot juga? Tidak, sepertinya.

UNYU MOMEN : Polisi Membersihkan Hidung Salah Satu Pendemo

Nah, ini dia, nih.. yang membuat saya ketawa geli. Kenapa saya sebut unyu momen? Karena itu bener-bener unyu. Seorang polisi membersihkan hidung salah satu pendemo di gedung KPK. So sweet, ‘kan? Saya #barutahu ada seorang polisi yang seperti ini. Ternyata, dibalik “kegarangan” nya tersimpan kepedulian yang sungguh luar biasa.

Tapi, ada juga beberapa foto yang membuat saya bertanya-tanya. “Masa sih, seperti itu? Yakin ya, seperti itu? Hmmmm… Itu beneran ya seperti yang dikatakan? Memang sih, ada beberapa polisi yang sifatnya seperti di gambar itu. Ah, semoga saja, deh”. Contohnya, seperti di bawah ini.

Koleksi foto lainnya dapat kalian lihat di flickr saya di sini

Doa saya untuk semua POLISI yang ada di seluruh Indonesia. Semoga, kata-kata yang ada di poster itu, seperti itulah kalian sesungguhnya. Melayani masyarakat dengan senyum kebanggaan dan Polisi jadi lebih baik.

Teman-teman, apa doa kalian untuk POLISI di Indonesia?

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

30 comments

  1. Foto-foto itu kan yang dijadiin lomba menyambut hari bhayangkara, Mas. Pantas saja bagus-bagus kesannya, padahal… #ahsudahlah

    1. ooo, iya, toh? Saya justru #barutahu lho, Mas πŸ˜€

      1. Makanya fotonya bagus-bagus, kan? Itu udah lama banget diumumi syarat dan ketentuannya sama tmcpolda. πŸ™‚

        1. Ya ampun… ternyata. Padahal saya sudah …. #AhSudahlah

  2. poster yg menarik, di lapangan juga gitu ya pak polisi

  3. ya manusia ada yang baik ada yang buruk…. saking jeleknya citra polisi… maka yang bagus hilang dalam sekejab.

    tapi dengan ini kita bisa melihat sisi lain yan tidak terlihat selama ini..

    1. Setuju, Mas. Tapi, kasihan yang citranya bagus-bagus, ya? Harus ketutup sama yanggg … Ah, sudahlah #eh

  4. hehe Polisi – Polisi..
    Hebat nih Poster2 yang menggambarkan polisi… Apa bener ya sama tindakan sehari2nya?? (benerrr doong)..hehe

    1. Kita juga tidak tahu. Semoga saja begitu πŸ™‚

  5. saya juga berdoa agar Indonesia mempunyai polisi yang baik, dari teman-teman saya yang jadi polisi ada beberapa yang masih baik dan jangan tanya yang mentalnya berantakan πŸ™‚

  6. #pencitraan kan ujung2nya momen seperti ini?
    tapi ya gpp lah, lebih baik mencitrakan “baik” & beneran berupaya selalu lebih baik, daripada mencitrakan “buruk” –> ya eyalah πŸ™‚

  7. terus jadi ga nonton spidermannya??
    wih jalan2nya jauh juga sampe ke gancy..janjian yuk kapan2 haha

    yah emang ga semua polisi jahat sih..cuma yg sering malak aja yg bikin citra polisi jelek

    1. ENGGAK. Ramenya kebangetan. Hahaha πŸ˜€

  8. mengayomi dan bukan menjadi sesuatu yang ditakuti…

  9. Saya paling suka sama gambar polisi yang lagi sholat itu mas πŸ˜€

  10. tapi aku selalu mendadak degdegan dan keringet dingin dit kalau lihat polisi (-___-“)
    yahh semoga yahhh oknumoknum yg bikin citra polisi jd jelek itu segera musnah, hilang, jd semua polisi benar2 mengayomi dan menjadi kawan, amin

  11. wah wah saya demen neh yang namanya pameran foto. terharu juga lihat foto polisi yg jadi imam sm mahasiswa itu.

  12. Harapannya sih ya, gambar di atas bukan ada sekedar untuk pencintraan aja. πŸ˜€

  13. saya cukup geli melihat foto polisi membersihkan hidung pendemo tersebut. rasanya gimana gitu,

  14. Aamiin, semoga mereka semakin menjadi petugas yang amanah, yang kelak menyadari akan dipertanggungjawabkan di hadapan-NYA.

  15. Sayang pengalaman ditilang tanpa sebab yang jelas masih belum bisa mengubah nama baik polisi di benakku. πŸ™‚

Tinggalkan Balasan ke Alid Abdul Batalkan balasan