Mama dan Segala Hal yang Bikin Anak-anaknya Kangen

Kali ini saya ingin menulis sesuatu tentang mama. Sosok perempuan yang bagi saya tak ada yang bisa menggantikan posisinya. Cerewetnya mama, masakan racikan mama, dan posesifnya mama, tak ada satu orang pun yang mampu menandingi.

Siang itu, dalam perjalanan ke tempat meeting, saya dan si Kawan mendadak kangen sama mama masing-masing lantaran melihat seorang penyapu jalanan di perempatan Tanah Abang yang bekerja sambil bawa anak. Bocah perempuan yang berada di gendongan sang ibu tampak tertidur pulas, tak peduli mau sebising apa  jalanan sekitar situ.

Kebetulan juga si Kawan baru saja ribut kecil dengan mamanya gara-gara masalah sepele.Si Kawan kekeuh mau ambil jurusan Public Relation untuk kuliah S2-nya, sementara sang mama mau anaknya fokus di manajemen. Tapi setelah dibicarakan baik-baik, masalah itu terselesaikan dan sekarang sudah adem ayem lagi.

Ibu penyapu jalanan itu mengingatkan saya akan sosok mama. Mama itu perempuan tangguh, berani, dan nggak manja. Satu yang pasti, mama itu orangnya pemaaf, sifat yang masih sulit sekali saya tiru sampai detik ini. Saya tahu betul bagaimana mama disakiti orang-orang yang pernah dia tolong. Mama cuma istighfar, berdoa sama Allah, dan bersikap biasa saja. Namun, pada akhirnya mama jugalah yang “menang”. Karena kebanyakan dari mereka yang akhirnya menghubungi mama duluan dan meminta maaf.

Gampang kangen sama mama

Biar suka melawan begini, saya anaknya gampang banget kangen sama mama. Rasanya sungguh tidak enak kalau harus jauh-jauh dari mama. Saya kangen masakan mama, rindu jeritan mama saat membangunkan anak-anaknya di pagi hari, dan segala hal yang mama lakukan untuk saya, adik, serta papa.

Mama juga yang meyakinkan bahwa saya mampu menurunkan berat badan. Tujuh tahun lalu, saat memulai untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, mama adalah sosok penyokong paling depan. Mama bilang, usaha itu nggak ada yang sia-sia. Kalau kamu yakin pasti hasilnya akan terlihat. Itu terbukti, kini berat badan saya ideal.

Saya, mungkin juga kalian, pasti pernah terbesit untuk membalas semua kebaikan orangtua, bukan? Maunya cepat-cepat sebelum kita atau mereka yang duluan meninggalkan bumi ini. Tapi selalu bingung bagaimana cara membalas kebaikan orangtua terutama mama.

Mama pernah bilang seperti ini,”Asal abang tahu, mama dan papa nggak pernah mengharapkan uang hasil kerja keras abang. Abang mau kasih ke mama, mama terima… Nggak juga nggak bakal minta. Karena bagi mama sama papa, abang sholatnya yang rajin, beramal nggak pernah bolong, dan takut sama Allah saja mama sama papa sudah senang. Karena kelak, kalau mama dan papa sudah nggak ada, doa dari abang dan adiklah yang bisa melapangkan kubur mama papa dan memudahkan mama papa menuju surga.”

Jleb.. Omongan mama itu selalu kami ingat. Meski begitu, kalau saya ada rezeki, saya berusaha menyisihkannya untuk mama. Atau sederhananya, ketika saya mendapat voucher belanja pasti akan saya berikan ke mama.

Namun, setelah menonton video #KembaliBeriArti di bawah ini, saya jadi pengen memberikan mama smartphone baru pas lebaran nanti. Ya, meski mama sudah punya dua, tapi yang satu kayaknya harus diganti.

 

Activity #KembaliBeriArti demi smartphone baru buat mama

Berhubung anaknya juga nggak mau rugi, saya berencana ikutan activity yang ada di microsite #KembaliBeriArti. Kalau kamu mau melakukan hal yang sama, coba tengok ke sana. Caranya cukup mudah. Ikuti instruksi di bawah ini saja. Syukur-syukur kalau jadi pemenang, karena mimpi memberikan hadiah smartphone ke mama masing-masing bakal terwujud. Samsung akan memilih 20 orang yang beruntung, lho!

Activity #KembaliBeriArti ini terbagi dalam 2 periode, yaitu:

  • Periode 1: 27 – 30 June 2016
  • Periode 2: 1 – 24 July 2016
Begini cara kirim kado lebaran untuk mama kesayangan. Mari kita #KembaliBeriArti kasih sayang untuk orangtua tercinta

Mau belikan mama smartphone baru tanpa ikutan aktivitasnya? Bisa!

Mungkin selama ini kita sibuk dengan kerjaan dan suka lupa akan sosok yang telah mendidik, menjaga, dan membesarkan kita. Tidak ada salahnya di bulan nan suci ini kita #KembaliBeriArti untuk mereka dengan sedikit memberikan apresiasi, terutama ke mama.

Kalian yang tidak mau ikutan activity di atas, mungkin merasa lagi banyak uang sehingga mau memberikan hadiah langsung, silakan saja. Di microsite itu juga kalian bisa membeli semua produk promo dari Samsung untuk semua kategori, baik itu smartphone maupun home appliances untuk mama tersayang.

Resep Sempurna Menu Lebaran; Kasih Mama dan Terima kasih ke mama

 

Doakan saya. Semoga saya dapat memberikan smartphone baru Samsung yang lebih canggih buat mama. Yang bisa digunakan untuk nge-Youtube, main gim, dan yang memudahkan mama mencari semua hal tentang hobinya. Dan pastinya yang ukurannya tidak bikin mama sakit mata.

 

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

18 comments

  1. Kalian berencana memberikan apa buat mama masing-masing?

  2. beliin cincin kaka…. 🙂

    1. Cincin konon sudah nggak cocok dijadikan investasi

  3. Semoga usaha untuk kasih Mama smartphone barunya terkabul ya. 🙂

  4. Bikin nangis kalo ada tulisan tentang si emak. Nasehatnya selalu sama, jangan lupa sholat dan sedekah. Itu mulu kalo di telepon. Smg Lebaran nanti bisa beliin televisi flat SUHD terbaru, yang curved itu hehehe

    1. Semua orangtua doanya sama. Khusus yang muslim, selalu dinasehati untuk jangan lupa sholat dan sedekah.

      Amin amin amin Ya Rabbal Alamin. semoga impiannya terwujud, Mas Didik

  5. Jadi kangen emak gw di kampung …
    Mak, maaf ini lebaran ke 7 daku ngak pulang kampung saat lebaran tapi tranferan nya dah nyampe kan ???? hahahaha

    1. Om Cumi memang beda… Kirim ke aku juga dong Om

  6. Iya bikin kangen ya sama si Mamah, apalagi dulu sempet kuliah di luar 1.5 tahun … kl lagi diem di kamar, trus tiba2 terlintas di pikiran yg bikin kangen, tp ya ga bs pulang tiap saat jg sih wkt itu huehe 😀

    1. Gw meski bukan luar negeri, cuma beda pulau tapi kudu berjauhan selama enam tahunan, kangennya minta ampun, Mo.

      Sudah peluk mamanya hari ini?

  7. Baca ceritanya, saya juga jadi kangen sama mamah,,,,

Tinggalkan Balasan