Lezatnya Soto Betawi dan Sate Kambing Tiga Saudara

Sebagai pecinta soto, kurang afdol rasanya apabila ada warung soto baru dibuka tidak disinggahi.

Kemarin malam, sewaktu saya turun dari angkot dan hendak masuk ke dalam gang rumah, tiba-tiba saja hidung ini mengendus bau yang sangat sedap. Aroma tersebut benar-benar meminta saya untuk tidak melangkah masuk lebih dalam lagi ke dalam gang, melainkan meminta saya untuk memutarkan badan saya kembali ke luar gang dan berbelok ke kiri menuju TKP aroma itu berasal.

Rupa-rupanya, di depan gang rumah saya itu ada satu warung ย Soto Betawi dan sate kambing bertenda yang baru buka. Ya, baru sekitar sebulananlah. Ternyata, si warung bertenda ini menepati warung Mie Aceh yang kini sudah tak ditempati lagi.

Begitu sampai di depan tenda, sempat mau pulang saja, soalnya ramai banget. Namun, saya penasaran. Ramainya itu karena baru buka, atau memang karena rasanya enak. Yaudah, saya urungkan untuk pulang, dan tetap bertahan di warung tenda tersebut.

Yang jual soto ini 3 bersaudara, sesuai dengan namanya ‘Soto Betawi Tiga Saudara’. Isian soto Betawinya ini dapat kita pilih sendiri, soalnya daging, usus, kaki, babat, dan segala isiannya ditaruh di dalam baskom putih, dan kita pilih mana yang kita mau. Nentuin harga seporsi soto Betawinya berapa, ya dari isiannya itu. Kita pilih yang apa, dan berapa banyak.

Masing-masingย itemย harganya beda. Seperti ini, ni ..

Baskom Putih Berisikan Isian Soto Betawi

Nah, kalau kita sudah memilih apa yang kita mau, nanti kita kasih ke abangnya, biar diracik, dan dengan segera dapat kita santap.

Cara ngeraciknya pun kita dapat menyaksikannya langsung. Setelah daging dipotong, tidak langsung diberi kuah. Tapi, disiram sama kuahnya sedikit, lalu kuahnya dikeluarkan lagi. Biar bumbu dari kuahnya itu meresap ke dagingnya.

Satu menit kemudian, baru deh daging-daging itu diberi ‘teman’ seperti tomat dan lain-lainnya.

Seporsi Soto Betawi
Kuah
Isian Soto Betawi

Soto Betawi Tiga Saudara ini kuahnya tidak 100% berisikan santan, namun ditambahkan dengan susu. Gurih banget. Bukan hanya itu, rasanya pun pas di lidah saya. Padahal waktu saya memesan ini tidak ditambahkan micin dan bumbu-bumbu lainnya.

Kalau di tempat lain, entah mengapa rasanya hambar ketika saya tidak ingin ditambahkan micin. Kalau di sini, enggak.

Begitu juga dengan dagingnya, walau pun potongannya tebal, tapi empuknya bukan main.

 

Harga :

  • Kaki : Rp 8K/potong
  • Otak : Rp 6K/bungkus daun pisang
  • Daging, babat, dan yang kecil-kecil : Rp 3K/buah

Seporsi Soto Betawi yang saya beli, dihargai Rp 12K

SATE KAMBING

Dalam kesempatan itu, saya tidak hanya memesan seporsi Soto Betawi-nya saja. Tapi, saya juga tidak lupa memesan seporsi sate kambingnya.

Tidak perlu menunggu lama, tidak sampai 10 menit, saya sudah bisa menyantap seporsi sate kambing di Warung Tiga Saudara tersebut.

Seporsi Sate Kambing
Tebal

 

Ketika saya melihat potongan dagingnya, saya pikir bakal alot. Ternyata empuk juga. Anjir. Enak banget.

Dagingnya empuk, racikan bumbunya sedap, tomat, bawang, dan cabai hijaunya pun tampak segar.

Seporsi sate kambing dihargai Rp 20K. Dan seporsi nasi putih dihargai Rp 3K.

Total kerusakan secara keseluruhan adalah Rp 35K.

Selesai makan, tidak ada rasa menyesal sama sekali karena sudah mengeluarkan uang (yang cukup besar) itu. Karena memang, semuanya enak dan tidak mengecewakan.

Kalau teman-teman main ke rumah saya, Insya Allah saya akan ajak ke sini. Tapi, bayar sendiri ya :p

Kalau kamu ada rekomendasi soto dan sate kambing yang enak, beritahu saya ya. Saya ingin menyicipi berbagai macam soto yang ada di Indonesia. Minimal, di Jakarta dulu. ๐Ÿ˜†

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

26 comments

  1. wah kelihatannya enak banget tuh sate dan sotonya…. jadi pengen nyicipin.. jadi kapan nih kuliner bareng…

    1. ayoklah Mas. Masa harus nunggu @ivanprakasa ke Indonesia dulu baru kita bisa meetup. Hahaha ๐Ÿ˜†

  2. Yumieee kalau liat fotonya pasti enak bnget ya Dit :).
    Ada sate ayam juga ga?.

    1. Enak banget, Kak.. Ga ada sate ayam

  3. Kalo dilihat emang sih enak.
    Tampilannya menarik dan menggugah selera.
    Tapi kalo kebanyakan makan, awas lho kolestrol dan bisa2 darah tinggi ๐Ÿ˜†

    1. Ishhhhhh… *tendang Kolestrol*

  4. Bikin kemecer dan ngiler….langsung lapeer

  5. Wah, haram semua tuh buat saya, hehehe

    1. Pas potong baca doa dulu kok, Om #eh #lostfocus :p

  6. Dit, ingat asam urat dan KOLESTEROL Dit… ahahaha… gue ngerusak mood ya ๐Ÿ™‚ But seriously, gue lebih seneng Soto Kudus yang kuahnya bening dari pada bersantan apalagi pakai jeroan… Soto bening lebih nikmat dan segar.

    1. #KopdarSotoKudus apa kita, Kak?

  7. loh kamu udah gak vegan lagi Dit ?

    1. sudah enggak, Bang. Ngga boleh sama dokter ๐Ÿ™‚

      1. kenapa emangnya Dit ? aku dulu juga gitu soalnya

  8. ok dit, minta alamatnya yak? ๐Ÿ˜‰

    tapi kebiasaan aku orang pontianak pasti rada neg kalau disuruh makan soto dengan kuah yang kental. Soalnya biasanya aku makan soto kuah bening.

    1. soto bening aku juga suka. Ke rumahku saja sini! ๐Ÿ™‚

  9. Udah pernah makan soto khas Sokaraja (Banyumas) belum mas? Enak, gurih, kentel kuahnya karena ada bumbu kacangnya juga ๐Ÿ™‚

    1. OH, YA? DI MANA ITU? PENGEN *cari yang di Jakarta*

  10. postingan ini racun, gue lagi diet om adit -_-

  11. wow mantep nya..!!
    jadi laper liat makanan lezat ini..

  12. Salam kenal semua…

    โ€œMakan adalah urusan nomor satu, setiap hari manusia harus makan.โ€.

    Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkan lah sebuah usaha Bisnis Kuliner.

    Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.

    Kompor Panggang Tanpa Asapsangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar dan lain-lain.

    Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

    Info Kontak :

    Bapak Taufik.
    HP : 081548950925.

    Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi http://www.usaha-nyata.com

  13. Soto Betawi selain menggunakan daging sapi juga jeroan seperti Usus, Babat, Paru dan jantung. Untuk pembuatan kuahnya selain menggunakan santan juga ditambahkan susu segar. Mohammad Arif Efendi pedagang soto Betawi yang mangkal di jalan Dokter Sutomo desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri mengatakan, yang menjadi kan soto Betawi beda adalah kuahnya yakni ditambah susu murni. Selain itu, daging, juga paru dan jantung.

Tinggalkan Balasan