Makanan Pedas

Tidak Pernah Kapok Makan Makanan Pedas

Kegemaran orang Indonesia makan makanan pedas bikin bule geleng kepala. Bule-bule melihat kebiasaan ini sebagai hal yang aneh. Mungkin mereka iri karena sadar tidak punya kemampuan menikmati makanan pedas.

Kenyataan ini saya dapat dari cerita kakek saat menjadi dosen tamu di Australia. Beliau juga cerita mengenai pandangan teman-teman sesama dosen yang WNA, manakala melihat kakek tengah menyantap makanan atau camilan yang dicampur sambal. Setiap kakek selesai makan, teman-temannya itu langsung bertanya, memangnya tidak pedas?

Supaya mereka tidak penasaran, kakek mempersilakan mencicipi makanan yang disantap itu. Padahal, hanya sepiring nasi putih dengan lauk ayam bakar, ikan teri Medan, dan sambal terasi hasil racikan sendiri. Kemudian yang terjadi, mereka lari ke dapur mencari susu di dalam kulkas. Lalu meminumnya seperti pelari habis ikutan half marathon di padang pasir.

Ketika Penyuka Makanan Pedas Berkumpul
Tiga orang perempuan teman sekantor saya ini penggila makanan pedas. Sudah pakai sambal, ditambah lagi pakai Bon Cabe

Namun, tidak salah juga pandangan mereka itu. Kenyataan memang seperti itu. Saya, atau mungkin kamu, pasti pernah merasa “tak bisa hidup” bila tidak ada sambal, kan? Dan kita akan menganggap aneh orang lain yang tidak suka makanan pedas.

Padahal, ketidaksukaan orang terhadap makanan bercita rasa pedas beralasan. Ada yang tidak suka karena takut mencret. Ada pula karena pengaruh ras, kultur, dan kebiasaan mereka yang memang jarang, malah hampir tidak pernah meracik makanan pedas.

Kalau saya adalah orang yang suka banget makanan pedas. Selalu merasa ada yang kurang apabila tidak menemukan sambal di atas piring makan. Kebiasaan mencocol makanan manis ke sambal pun sudah dilakukan jauh sebelum saya Manado, kemudian menyebrang ke Bunaken.

Apa Makanan Pedas Favoritmu?
Menu makan siang saya seperti ini. Sebagai penyuka makanan pedas, kurang afdol kalau tidak ditambah sambal

Trauma akibat kegemaran menyantap makanan pedas entah berapa kali saya alami. Namun, hari ini trauma karena beol-beol semalaman, besok atau dua hari kemudian sudah lupa sama pengalaman menyakitkan itu. Kalau kata guru saya, taubat sambalado!

Dokter sudah wanti-wanti saya supaya mengerem “kebiasaan buruk” itu. Tidak lain karena saya punya masalah di lambung. Jangankan gara-gara kebanyakan menyantap makanan pedas, lambung ini bisa langsung bereaksi setiap saya memikirkan masalah yang sebetulnya sepele.

Sunggu berat hati ini untuk menjauh dari makanan pedas. Ibarat menjalin sebuah hubungan dengan Aries, sekesal apa pun melihat ulahnya, rasa gondok, sebal, dan marah paling cuma sehari doang. Besoknya, sudah lupa, tuh!

Keanehan lain terkait kebiasaan makan makanan pedas

Masih dari cerita kakek. Pernah suatu ketika, salah seorang temannya menghampiri, sekadar mencari tahu mengapa orang Indonesia itu kebal sama makanan pedas. Mereka terheran-heran melihat tamu dari Indonesia, yang selalu menyelipkan aneka sambal ke dalam tas, setiap kali bepergian ke luar negeri.

Termasuk kakek, yang pada waktu itu, membawa beberapa bungkus terasi mentah. Sudah itu ditambah pula sebotol saus sambal bekal dari mendiang nenek. Kakek pun sulit menjelaskan dengan gamblang kenapa orang kita sangat menyukai masakan pedas.

Ini Makanan Pedas Favoritku
Kalau lagi hangout di FX dan makan di Eat and Eat, penyuka makanan pedas harus mencoba makanan yang saya pesan ini
Nikmatnya Makanan Pedas
Ayam Bakar dilumurin sambal buatan mamanya Mbak Epiew ini sungguh nikmat. Makanan pedas itu memang menyiksa, tapi membawa kenikmatan

Saya jadi teringat kisah Youtubers bernama Ben Ten. Yang mencoba salah satu makanan pedas paling terkenal di Indonesia, yaitu mi goreng Abang Adek. Ben yang semula optimis mampu menghabiskan sepiring mi pedas mampus, langsung gelagapan saat mencicipi mi goreng dicampur dengan 100 biji cabai yang sudah diulek.

Tubuh Ben memerah. Ia langsung berdiri dan meminta minuman yang banyak. Ia bilang, mi pedas mampus itu menyebalkan, dan tantangan itu menjadi hal terburuk yang pernah dirasakan sepanjang hidupnya.

Payah! Baru menjajal mi goreng Abang Adek sudah KO. Seharusnya, Ben Ten mencoba semua makanan-makanan menggoyang lidah yang ada di Jakarta. Setelah mi goreng Abang Adek, cobain seblak jeletet di Padamangan, dan diakhiri sebungkus makaroni goreng dengan tingkat kepedasan yang paling tinggi.

Uh, cupu!

Enaknya minum apa sehabis menyantap makanan pedas?

Ben Ten tak perlu takut terkapar sesudah menyantap makanan pedas. Di sini tersedia beragam jenis minuman yang dapat menghalau rasa panas, dampak sehabis makan pedas seperti mi goreng Abang Adek atau seblak jeletet itu.

Buat sebagian orang, termasuk saya, akan terasa lega jika sesudah santap makanan pedas langsung minum susu. Pernah beberapa kali minum yang manis-manis, tapi kurang mempan. Tubuh ini lebih cepat merespons susu ketimbang yang lain.

Setelah saya baca-baca, tidak lain karena susu mengandung protein yang dapat menghilangkan capsaicin pada reseptor di lidah kita. Capsaicin merupakan senyawa kimia di dalam cabai yang memberi efek rasa panas sesudah menyantap makanan pedas.

Makanan Bercita Rasa Pedas
Si Akbar, mencampur sambal ke dalam semangkuk oat. Sementara Dewul, cocolin bakwan dengan sambal

Dulu, sebelum saya mengetahui bahwa susu seampuh itu, mama sering memberikan minuman krisantemum. Minuman ini dalam bentuk serbuk halus, dikemas di dalam plastik segi empat, yang ampuh banget mencegah panas dalam. Juga meredakan panas setelah makan yang pedas-pedas.

Namun, semenjak tinggal di Jakarta, kami jarang lagi minum cairan itu. Saat tubuh mengirim sinyal bahwa akan sariawan atau drop, mama akan membeli beberapa kaleng susu beruang, tapi identik dengan naga, untuk diminum secara rutin.

Ichitan Yen Yen Bikin Nyes Nyes Habis Makan Makanan Pedas

Omong-omong soal krisantemum, baru-baru ini produk minuman liang teh asal Thailand, meluncurkan satu minuman yang dikhususkan bagi pecinta makanan pedas. Minuman ready to drink itu bernama Ichitan Yen Yen yang mampu meredakan rasa pedas dan mencegah panas dalam akibat akibat mengonsumsi makanan pedas.

Ichitan Yen Yen mengandung empat bahan yang dapat memberi rasa segar dan meredam rasa panas di lidah. Bahan-bahan itu di antaranya cincau, teh hijau, dan murbai, dan krisantemum.

Makanan Bercita Rasa Pedas dari Bali
Duh, Mr Tan, si pemilik produk Yen Yen ini, nikmat banget minumnya. Di sebelahnya ada paha ayam yang merupakan favoritnya

Saya sudah mencoba minuman ini langsung di tempat acara. Tentu uji coba dilakukan setelah menyantap makanan pedas, berupa bebek goreng dengan tiga jenis sambal. Efek yang langsung saya rasakan adalah secara perlahan rasa pedas dan panas itu menghilang.

Meski tidak secepat saat minum susu, tapi Ichitan Yen Yen dapat dijadikan alternatif bagi penyuka makanan pedas tapi kurang suka sama susu. Dan, Ichitan Yen Yen akan terasa nikmat jika diminum dalam keadaan dingin, sehingga bisa mengubah rasa pedas menjadi nyes-nyes.

Cairan Peredah Rasa Panas
Gaya minum Yen Yen antara Ricky Harun dan Mr Tan

Selain itu, yang saya suka dari Ichitan Yen Yen ini adalah kandungan gulanya tidak melampui batas kebutuhan harian kita. Pun dengan jumlah natrium dan karbohidratnya.

Sehingga total kalorinya tidak terlalu besar. Dengan begitu cocok diminum oleh penikmat makanan pedas yang juga sedang diet.

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

13 comments

  1. Yen yen ini efektif ya buat pelega tenggorokan plus pereda pedes. Makan jadi makin nikmaaaat yaaa..

    1. Betul sekali. Sayang, variantnya masih sedikit 🙂

  2. aroma liang teh berasa banget…. manis, segar dan bikin nyessssssss 😀

    1. Makan pedas jadi nyes-nyes

  3. Pokoknya ampuh ini Mas… Mau makan pedas gak usah khawatir lagi lidah kebakar ato abis itu jaga toilet…

    1. Wah, iya, perut lebih berdamai sama toilet.

  4. Emang MakNyussss rasa Sambal Indonesia ituhh ….
    Wajar Sajoo harga nya bisa Naik bagaikan Harga Daging, krn jd kebutuhan Primer masyarakat. TANPA sambal kurang Mantap … !!!

    1. Nah, setuju banget. Makanan pedas itu sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat kita. Harus banget ada sambal karena kalau kurang pedas rasanya gimana gitu

  5. Ampuuun mas klo mkn pedas.. saya sih bukan g kuat pedes.. tp habis mkn pedes pasti langsung soooorrrr

    1. Nah, kalau tidak kuat, langsung minum susu atau coba minum ini deh, Mas. Kalau di tubuhku yang paling ampuh susu. Cuma ini bisa dijadikan pilihan kedua.

  6. Makan pedas punya sensasi sendiri

  7. Makan pedas bisa bikin seger, ngantuk ilang ( kadang ) sakit perut datang hehehhee.

Tinggalkan Balasan ke Adiitoo Batalkan balasan