Kerja Sesuai Passion Bikin Gendut

Kurang lebih 10 hari ke depan, tepat 6 bulan saya bekerja di tempat baru, di sini. Di tempat yang dari zaman saya SMA sangat diidam-idamkan. Walau pun berbeda dari apa yang saya idam-idamkan dulu, ya paling tidak masih di tempat yang sama.

Waktu 6 bulan itu sungguh sangat tidak terasa sama sekali. Serius. Tiba-tiba saja, saya sudah setengah tahun di tempat yang baru. Kalau saya boleh jujur, di tempat yang baru ini kerjanya lebih berat, ketimbang di 3 kantor saya terdahulu.

Apa karena kerjaan ini sesuai dengan passion saya? Sesuai dengan apa yang saya mau, sehingga seberat apa pun kerjaannya, tak akan pernah menjadi beban buat saya?

Yang jelas, di tempat baru ini saya menemukan apa yang saya inginkan di dalam setiap doa saya kepada-Nya. Saya ingat betul, sebelum saya akhirnya bekerja di sini, entah berapa kali saya bilang, ‘Saya mau hengkang,’ ke kedua orangtua saya. Saya merasa lelah, jenuh, dan tak ada semangat untuk menghadapi hari baru.

Padahal, di 2 kantor sebelum sekarang ini, bisa dikatakan pekerjaannya itu super nyantai. Di kantor pertama, saya hanya mengurusi sebuah akun dari usaha milik seorang blogger tersohor negeri ini. Di kantor yang kedua, pun sama seperti sebelumnya. Tapi ya, itu tadi. Di 2 tempat ini saya memutuskan hengkang sebelum masa kontrak habis.

Dan ternyata, kerja sesuai passion itu bikin gendut! Serius, ini beneran, ngga bohong. Paling tidak, itulah yang saya rasakan. Terhitung sebanyak 8 kilograms berat badan saya alami kenaikan, semenjak bekerja di tempat yang baru ini.

Saya sendiri baru ngeuh, pada saat saya berkonsultasi dengan ahli gizi. yang kebetulan menjadi narasumber saya. Saya bertanya padanya, “Dok, semenjak kerja berat badan saya kok alami kenaikan yang drastis, ya? Padahal apa yang saya makan dan saya pantangin, masih sama seperti dulu.”

Si dokter ini pun menjawabnya, sambil bertanya balik kepada saya. “Kamu bahagia dengan kerjaan yang sekarang? Kamu merasa terbebani tidak, dengan profesimu sekarang ini? Kalau tidak, berarti itu penyebabnya.”

“Maksud dokter? Iya, saya bahagia dengan profesi saya sekarang. Walau pun capek luar biasa, tapi saya menemukan kebahagian tersendiri. Contohnya, saya bisa bertemu dan berbincang langsung dengan dokter,” jawab saya penasaran.

Jawaban dokternya ini tiba-tiba bikin saya melongok. Takjub. Rada ngga percaya, tapi harus percaya, karena kenyataannya begitu. “Kamu tipikal orang yang kalau bahagia dengan apa yang kamu kerjakan, maka itu akan menjadi daging sendiri buatmu. Kalau kamu masih melakukan hal yang sama seperti tempat yang dulu, tandanya tempat yang dulu tidak membuatmu bahagia. Sehingga menurunkannya sangat gampang. Sekarang, harus jaga benar-benar pola makan, jangan sampai salah. Dan jangan lupa, olahraga,” kata dokter tersebut.

Benar apa yang dikatakan dokter tersebut. Di tempat yang sekarang dan di tempat yang lama, saya selalu melakukan hal yang sama. Makan dijaga, aktif jalan kaki, dan banyak melakukan gerakan.

Di tempat yang lama, kalau pun berat badan saya tiba-tiba alami kenaikkan 1-2 kilogram, dalam waktu sebulan saya dapat menormalkannya kembali. Sekarang? Belum berhasil!

Redpel dan editor saya di kantor mengutarakan pendapatnya. Menurutnya, ketika saya masuk di kantor tersebut, saya terlihat kecil. Bahkan terlalu tirus pipi ini. Sekarang, saya lebih berisi dan cenderung gemuk. Keduanya jelas kaget. Di hari pertama saya masuk, keduanya memprediksi saya bakal tambah kurus, karena profesi yang saya jalankan saat ini akan membuat saya banyak gerak. Ternyata, prediksi keduanya melesat. Dan jelas, keduanya bingung. 😆

Yang jelas, saya banyak-banyak mengucapkan terimakasih kepada-Nya. segala doa saya dijamah. Saya mau kerjaan sesuai dengan yang saya senangi, diwujudkan. Saya mau di tempat yang baru lebih banyak karyawannya, diwujudkan juga. Saya mau bekerja di tempat yang dulu saya incar, ya diwujudkan. Intinya ya itu, Alhamdulillah terwujud.

Kalau ada yang bertanya apa saya akan terus di tempat yang sekarang, karena ini sesuai dengan apa yang saya idam-idamkan? Saya akan menjawab, tidak. Di tempat yang ini, hanya 1 dari segelintir kemauan saya yang sudah terwujud 😀

*ADT*

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

37 comments

  1. Gue bahagia di tempat kerjaan baru. Tapi kok tetep kurus ya? -.-

    1. kamu cacingan? 😆

      1. banyak pikiran sih mas.

  2. ciuus lu gemukan??..masak sih..bagi liat fotomu yg tbaruu dong..terlalu kurus jg jelek lg dit..sp tau jd gantengan krg,,hihihi-piiss

    1. entar gw upload, kaka

  3. Eeh, ternyata orang depok juga ya ka ?
    kenalan dulu. ehehe

    Waaah, ka adiiit.
    Aku juga pengen kerja yang berbau jurnalis gitu.
    Tapi ini udah usaha ngelamar di bagian jurnalis, belom ada yang kecantol. Maklum baru lulus, hehehe

    Kaa, plis banget ka. Ada info gak disitu ?

  4. Gue gak bahagia tapi kok tambah gemuk hahahaha, gimana gak naik, tiap minggu pesta makan-makan berlemak -__-

    1. kamu blogger sih, ya? 😆

  5. hebat, kalau saya dimana aja kerja pasti gemuk… makan terus.. karena kalau diriku makin sibuk kerjaannya malah makan terus… 🙂

    1. Hahaha.. tapi kan kamu sudah menikah, Mas. sudah aman 😆

  6. Aku bahagia di sini Dit, makanya berat badan naik mulu hiks :(.

    1. hahahaha.. selagi suami ngga protes, lanjutkan, Mbak 😆

  7. Gue mau bahagia atau pun gak, kayaknya tetep bakal kurus. Faktor gen sih -_-
    Btw, salam kenal 🙂

    1. salam kenal, Mas 🙂

  8. Iya saya setuju dengan pendapat seperti itu, kalau kita bahagis pasti bisa berpengaruh, salah satunya ya itu, bisa menaikan badan. lha ngapa2in rasanya tuh bahagia terus…

    1. setuju deh, sama kamu.

  9. coba di media cetak, ga bakal gendut, yang ada kurus coz nunggu sampe naik cetak. *eh*

    1. yah, belum pernah nyoba juga 😆

  10. ah…spertinya daku ndak bekerja sesuai passion *lirik badan*

    1. hahaha.. belum tentu juga sih, Kak :p

  11. Dek…
    Kau cerita gak sama doktermu kalau sering WALET juga… kayakya itu yang bikin berat badan juga bertambah….

  12. padahal aku selama 10 tahun terakhir berat badanku naik terus wahahahahhahaha

  13. emang bener gitu?? kn kerja tuh malah nguras tenaga bukan tambah lemakk. hehe

    1. beneran. kalau kerjanya yang kita sukai, enjoy aja gitu. malah air putih yang masuk, jadinya daging

  14. wah masa… contohnya seperti apa.?

  15. sering lembur juga bikin gendut dit! *sibuk makananin snack*

    btw selamat 6 bulanan semoga langgeng.. *berusaha dapetin passion di kantor*

    1. cie yang lembur mulu. Tanggal 4 lembur, ga?

  16. hanya satu dari segelintir kemauan yang sudah terwujud, hmm, sifat manusia pada dasarnya memang tidak pernah puas, namun kalo kemudian sifat tidak pernah puas itu diaplikasi demi sebuah kebaikan dalam pandangan ALLAH, why not..karena hidup itu terus berkelanjutan hingga tiba pada satu titik….,yang penting kurus atau gemuk tak jadi masalah, asalkan bisa happy, keep happy blogging always ..salam 🙂

  17. saya jenuh dengan kerjaan saya, jenuh itu jadi pengen ngemil terus, tapi alhamdulillah tidak jadi gemuk 🙂 , btw gemuk atau kurus itu juga disebabkan banyak faktor, yang penting “sehat”, heheh

  18. Kalo udah nemu cara supaya cepet balik kurus, DM! *halah*

  19. Menurut saya, idenya sederhana, tapi membangkitkan semangat! Coba bayangkan misalnya kamu sedang berjalan menuju suatu tempat untuk mempertaruhkan hidup-mati dan tiba-tiba di tengah jalan kamu melihat sebuah pin yang bertuliskan “do not be afraid”. Pasti secara otomatis semangat kita akan meningkat. Lalu, memang benar seperti yang dikatakan Jennifer Maria Harris bahwa banyak pemberitaan yang mengungkapkan sisi menakutkan dunia daripada sisi yang membangkitkan semangat. Padahal, di dunia yang memang semakin kejam ini, masih banyak orang-orang yang berpikiran positif dan berjuang untuk memberikan semangat kepada orang lain. Inilah yang seharusnya kita bagi juga agar semangat yang sama menular ke lebih banyak orang.

  20. Waktu 6 bulan itu sungguh sangat tidak terasa sama sekali. Serius. Tiba-tiba saja, saya sudah setengah tahun di tempat yang baru. Kalau saya boleh jujur, di tempat yang baru ini kerjanya lebih berat, ketimbang di 3 kantor saya terdahulu.

  21. selamat ya kak, dapat kerjaan yang disukai. semoga betah

Tinggalkan Balasan