Kenal Lebih Dekat Gita Wirjawan

Dulu saya tak pernah tahu siapa itu Gita Wirjawan? Saya hanya tahu, kalau Gita adalah Menteri Perdagangan Republik Indonesia. Sudah, itu saja, tak lebih.

Tapi ketika si bapak tampan ini–begitu saya menyebutnya–tampil di sebuah acara yang dipandu oleh Sarah Sechan beberapa waktu lalu, barulah saya mengetahui seperti apa sosok dari Gita Wirjawan itu sendiri?

“Anjir, kece juga ini Menteri. Bisa bodor juga,” kata saya waktu menyaksikannya di acara tersebut.

Dalam acara itu, Gita Wirjawan yang mengenakan kemeja putih, dasi biru, bercelana panjang hitam, tanpa canggung menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh mantan VJ MTV itu. Obrolan yang berdurasikan 20 menit lebih sekian detik itu, secara tak langsung mengungkap seperti apa sosok pria bersahaja itu. Bahkan menurut saya, waktu yang disediakan sangat kurang, karena saya sangat menikmatinya.

Dari acara itu saya yang dapat saya tangkap, kalau Gita Wirjawan merupakan sosok Menteri yang suka musik. Selain itu, Gita Wirjawan juga tak malu untuk berkata jujur bahwa sepatu yang dikenakannya malam itu, merupakan karya dari pengrajin di Cibaduyut. Kerennya lagi, Gita tak sungkan untuk melepasnya. *pak, pak, gimana perempuan enggak kesemsem sama kamu? Cubit nih*

Setelah menyaksikan acara itu, barulah saya mencoba untuk mencari tahu lebih tentang pria kharismatik ini. Dari mesin pencarian google, akhirnya saya mendapatkan sedikit fakta tentang Gita Wirjawan di www.gitawirjawan.com .

Menurut situs itu, pria pemilik nama lengkap Gita Irawan Wirjawan pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sejak November 2009. Di bawah kepemimpinannya di BKPM, Indonesia berhasil mencetak rekor tertinggi realisasi investasi modal asing pada tahun 2012.

Gita Wirjawan (sumber: gitawirjawan.com )

Mari dari situs itu juga, diceritakan bahwa Gita muda merupakan sosok mahasiswa yang tangguh dan sigap mengatasi kesulitan keuangan. Gengsi? Enggak ada dalam kamus pria kelahiran 21 September 1965 ini. Sebab, Gita Wirjawan muda mampu bertahan hidup menjadi pembersih toilet, tukang cuci piring restoran, hingga jadi supir taksi.

Hmmmmmmm… Kalau dilihat dari foto-fotonya, Gita Wirjawan muda ini tampangnya bak seorang model `tiga jari` (anak 90-an pasti tahu apa maksudnya). Saya jadi mikir, jangan-jangan sewaktu jadi supir taksi, banyak penumpang cewek yang menjadi pelanggannya. He he he he..

Karena pernah mengalami kesulitan finansial di masa kuliah dulu, Gita Wirjawan akhirnya mendirikan sebuah Yayasan Ancora yang sudah menyalurkan beasiswa pada ribuan generasi muda Indonesia, dan merintis pendirian Sekolah Rakyat untuk anak-anak usia dini. Didirikannya yayasan ini, karena dia tak mau, melihat anak-anak di Indonesia putus sekolah begitu saja.

Untuk musik, seperti yang saya singgung di atas, Gita Wirjawan sangat menyukai musik beraliran jazz, dan dangdut. Coba deh cek Youtube, ada beberapa video yang memerlihatkan Gita Wirjawan tengah bermain piano dan keyboard. Bahkan ada juga video yang memerlihatkan Gita tengah asyik ngejam bareng Slank.

Pak, pak, sudahlah tampan jago main musik pula. Iri saya, pak. Pasti banyak kaum hawa yang mengharapkan bapak menjadi kekasih mereka. Huhffftttt….

Oia, Pak, apa sih rahasianya bisa awet muda begitu? Jangan-jangan karena bapak makannya singkong dan kurangi nasi, ya? Seperti yang bapak bilang di akun Twitter bapak, @GWirjawan. Saya jadi ingin menirunya, pak.

Gita Wirjawan (sumber: gitawirjawan.com )

Tapi yang paling saya ingat, nama Gita Wirjawan semakin melejit ketika ia menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Di tangannya, prestasi Indonesia kembali menggeliat, di mana belakangan terakhir perbulutangkisan di Indonesia sempat loyo.

Untuk olahraga satu ini, saya berharap pada Gita Wirjawan, ke depannya untuk mencari sponsor yang bukan berasal dari rokok untuk setiap turnamen yang akan diadakan. Dan semoga pula, semakin jaya saja di Indonesia di mata Internasional.

Dulu, sebelum saya mengetahui lebih soal Gita Wirjawan ini, saya sempat berpikir untuk golput ketika Pemilu 2014 mendatang. Tapi setelah melihat sosok Gita Wirjawan–semoga bapak nyalonin diri jadi RI 1–kok ya sayang rasanya golput. Mending kalau golput surat saya punya disobek. Nah, kalau surat suara saya dipakai saya pihak tak bertanggung jawab, piye? Nyesel deh.

Kalau ada yang mengatakan ‘Entar kalau dia jadi presiden (dan kebetulan dia suka musik), jangan-jangan kayak Presiden yang sekarang, doyannya nyiptain lagu dan ngeluarin album lagi?.’ saya rasa tidak ya.

Gita Wirjawan ini kalau saya lihat, bukan sosok yang seperti itu. Toh, selera musiknya saja sudah beda. Dan Gita Wirjawan lebih berkelas untuk urusan musik.

Saya juga amat berharap, Gita Wirjawan tak hanya janji-janji manis menuju pemilihan kekuasan tertinggi di Indonesia. Bosan juga kalau hanya janji dan janji. Butuh bukti.

Semoga dengan slogan ‘Kita semua lebih berani, lebih kuat, dan lebih cerdas dari yang kita kira’, membuat Gita Wirjawan mampu berjaya memimpin bangsa yang tengah porak porandah ini.

Salam tampan,

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

5 comments

  1. ketemu lagi dengan orang ini, ini orang kaya ya, iklan2 ada wajahnya.

  2. harusnya tim ekuin berjibaku untuk menjaga kesetabilan nilai tukar rupaih, tidak hanya sibuk pencitraan saja 🙂

  3. Lagi rame Blogger yang ngebicarain pak gita sekarang yaaa.. 🙂

  4. Wih, banyak nih blogger yang bahas soal bapak yang satu ini.
    Ada apa gerangan ya? Hihihi 😀
    Mudah2an aja bener mas, kalo nanti calonin diri jadi RI 1, apa yang diumbar bukan hanya janji manis semata. Amin 🙂

    1. Untung saya bukan blogger 😈

Tinggalkan Balasan ke Kurnia Septa Batalkan balasan