“Indonesia Raya” – Kapan Terakhir Mengumandangkannya?

Beberapa malam yang lalu, saya lupa kapan pastinya, seorang selebtweet @zarryhendrik memposting sebuah kicauan yang mungkin menurut sebagian orang adalah lucu, tapi menurut saya, itu sebuah “tamparan halus” dari dia.

Isi kicauaannya sederhana, tapi dalam maknanya. Berhubung dia adalah selebtweet, saya mau mencari kicauannya, pun, tidak ditemukan. Seingat saya, kurang lebih kicauannya seperti ini;

“Kak, aku mau request INDONESIA RAYA, dong …”

Kicauan ini ada, ketika dia lagi siaran di salah satu radio swasta di Jakarta.

Indonesia Raya? Jarang sekali saya mendengar ada radio yang pembukaannya diawali dengan lagu Nasional, Indonesia Raya. Pernah, sih, tapi di RRI. Kalau radio lain, saya belum pernah. Mungkin ada, tapi saya nya tidak sedang mendengarkan radio tersebut.

Nah, kita sendiri, kapan terakhir kita mengumandangkan Indonesia Raya? Saya sendiri, terakhir mengumandangkannya pas 17 Agustus 2011 kemarin, pada saat upacara di Kelurahan. Setelah hari itu, tidak pernah lagi saya mengumandangkannya dan mendengarkannya.

Tiba-tiba saja, ketika pagi ini saya iseng-iseng membuka video-video di youtube, ada satu video yang membuat saya bangga. Seorang bule dengan fasih nya menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia, INDONESIA RAYA.

Terlepas dari lama atau tidaknya bule ini bermukim di Indonesia sampai-sampai dia fasih menyanyikan lagu ini atau nyanyinya seperti orang nutup hidung, mereka membuat saya bangga. Nasionalis sekali mereka. Lucu pula. Hehehe …

Thanks Mr Petersen and your son, you make me proud. But sorry, I can’t stop laughed when I see this video :p

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

37 comments

  1. saya udh lama sekali ngga ikut upacara bendera, tp seingat saya, saya ikutan nyanyi Indonesia Raya waktu pas nonton pertandingan bola ASEAN GAMES kemarin, walopun cm nntn di rumah tp ttp ikutan nyanyi 😀

  2. hiduplah Indonesia Raya…!

  3. saya sih sering mendengar Indonesia raya pada upacara bendera kantor sebelah, tapi saya tidak pernah turut menyanyi, hehe

  4. Terakhir tanggal 22 Desember 2011 waktu upacara hari Ibu di kantor 🙂
    Tiap bulan gue nyanyi lagu itu sih, maklum pe en es 😀 hihi

    1. PNS? Bukan PNS muda tabungan buncit kan, mbak? Hehehe *damai*

  5. Indonesia Raya merdeka,

    Don’t Stop komandan!

    Salam kenal Broth dari sobat blogger Mangkasara’

  6. Kalau ditanya kapan terakhir nyanyi lagu “Indonesia Raya”.
    Kayaknya pas waktu 17 Agustusan kemarin (sama berarti kita). 🙂

  7. sya suka dengar paling pada saat momen olahraga diadakan sob…semisal: Sea Games kemarin…atau saat nonton upacara HUT kemerdekaan RI (ini pun klo pas nonton)

  8. Wah sudah lupa kapan terakhirnya..
    Kayaknya waktu wisuda 🙂

    1. Wisuda tahun kapan, Mas Gie? Jangan-jangan waktu belum kenal sama Mbak Is. Lama banget, yaaa *sotoy*

      1. Sudah kapan tahun..
        Iya sebelum menemukan pujaan hati.. 🙂

  9. lagu Indonesia Raya didengar dari HP aja, tapi kalo ikut upacara terakhir waktu masih SMA dulu.
    Udah 6 tahun yang lalu 🙁

  10. wah .. dah lama sekali ndka mendengarkan … kalau mau bisa langsung ke you tube 🙂

  11. Saya setiap tanggal 17 ada upacara di kantor. Ketika bendera dinaikkan, maka kita nyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

  12. terakhir pas nonton pembukaan dan penutupan sea games kemaren dit.. kalo gk salah ada lagu indonesia raya nya.. pokoknya semnjak udah gk jadi siswa sekolahan lagi, udah jarang nyanyi tu lagu.. #miris

    1. Hahaha, sama.
      Ya paling banter seingat saya, saya pun terakhir secara rutin pas SMA

  13. Sama kayak suami, sudah lupa tuh. 😆

  14. intinya sih berarti bahasa Indonesia mudah dipelajari bagi orang asing 🙂

  15. wahh, alhamdulillah saya masih rutin setiap Senin mengumandangkan Indonesia Raya.

    bule itu nyanyinya seperti sangat Nasionalisme, terlihat dari semangatnya.

  16. Saking lamanya gak ikut upcara bendera, rasanya malah sudah agak kagok nyanyinya 😀

  17. nice 🙂
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

  18. Salam kenal.
    Terakhir saya nyanyi Indonesia Raya sudah lamaaaaaa sekali. Omong-omong soal radio, banyak yang mengumandangkan Indonesia Raya kok. Setidaknya di daerah saya.

    1. Salam kenal juga Mas Leo.
      Makanya saya bilang, mungkin saya nya yang tidak mendengar ketika radio menyiarkan lagu Indonesia Raya

Tinggalkan Balasan