inilah hotel murah di semarang

MG Suites Hotel – Hotel Murah di Semarang yang Masih Bau Cat

Semestinya saya tidak mengalami kesulitan mencari hotel murah di Semarang. Berdasarkan pencarian di Google maupun aplikasi booking hotel, jumlah penginapan dengan harga miring di kota lumpia itu bejibun. Dari yang kisaran Rp400 ribu sampai Rp1 juta untuk hotel bintang empat.

Namun, memilih satu dari sekian banyak hotel murah yang ada terasa sulit, karena saya dan adik harus mencari yang sesuai kriteria mama dan papa. Baik mama maupun papa maunya di hotel yang semi apartemen, kayak Grand Aston City Hall.

Menurut hasil hitungan kotor mama menggunakan sempoa ditambah metoda kumon, apabila yang ikut berlibur lebih dari tiga orang, memang paling enak menginapnya di hotel yang memiliki ruangan apartemen.

hotel murah di semarang
MG Suites Hotel and Apartment sangat cocok diinap oleh mereka yang sedang berlibur di Semarang bersama keluarga besar

Pertama, bisa lebih hemat karena budget untuk hotel bisa dipangkas, untuk dialokasikan buat kebutuhan yang lain. Belanja oleh-oleh, misalnya.

Kedua, kecil sekali kemungkinan pulang ke Jakarta dengan membawa baju kotor. Sebab, baju yang habis dipakai bisa langsung dicuci, kemudian dijemur di bawah mesin penyaring air pendingin ruangan di balkon.

Ketiga, dapat menerima tamu di ruang tengah tanpa perlu merasa tidak enak hati lantaran kamar yang berantakan. Juga tidak usah takut banyak semut yang datang akibat sisa-sisa makanan yang berceceran di lantai.

Secara kebetulan kami kedatangan tamu yang tak lain adalah teman SMA papa. Beliau ini salah seorang kerabat jauh yang langsung terbang ke Jakarta, tak lama setelah diberitahu bahwa papa diopname, dan akan menjalani operasi pengangkatan batu empedu.

Keempat, hotel murah semi apartemen memiliki fasilitas dapur, lengkap dengan kompor dan kulkas berukuran besar. Sehingga tidak khawatir jika yang mendapat jatah sarapan hanya dua orang saja. Kita bisa beli makanan di luar, simpan di kulkas, dan keesokan harinya makanan itu dipanaskan untuk sarapan.

Ya, kira-kira seperti itu alasan mama lebih nyaman bermalam di hotel semi apartemen ke mana pun berliburnya. Karena jatuhnya lebih murah.

Dan si adik berhasil mendapatkan hotel murah itu, yaitu MG Suites Hotel and Apartment Semarang.

MG Suites Hotel and Apartment – Hotel Murah yang Masih Baru

Sejatinya, hotel bintang empat yang masih baru ini bukanlah hotel murah. Harga per malamnya hampir sama dengan Grand Aston City Hall di Medan. Dikarenakan memesan dari aplikasi booking hotel, harga yang kami dapatkan jadi lumayan murah.

Bahkan, di aplikasi booking hotel dengan jargon “Ini bukan sekadar kamar, kami menyebutnya basecamp”, potongan harga untuk MG Suites Hotel and Apartment besar sekali. Sayangnya informasi ini baru kami ketahui setelah sampai di Jakarta.

Letak hotel murah ini memang tidak persis di pinggir jalan. Agak sedikit masuk ke dalam gang. Kira-kira 100 sampai 200 meter dari jalan Petempen, Gajah Mada, Kota Semarang.

Meski demikian, jarak dari Stasiun Kereta Api Tawang ke jalan Gajah Mada cukup dekat. Kalau jalanan sedang lancar, bisa ditempuh kurang dari 15 menit menggunakan kendaraan roda empat.

hotel murah di semarang yang jaraknya dekat dari stasiun Tawang
MG Suites Hotel and Apartment bisa menjadi hotel murah karena saya memesannya via Pegipegi.com . Semacam dapat diskon gitu!

Apartemen yang kami sewa memiliki tiga buah kamar tidur, dua buah kamar mandi, ruang tamu, ruang makan dengan meja yang cukup besar, dapur, dan balkon dengan view dua kolam renang yang ada di lantai 2 dan lantai 7. Hanya satu kamar yang memiliki kamar mandi di dalam, yaitu kamar utama yang ditempati mama dan papa.

hotel murah di semarang dengan harga di bawah satu juta
Penampakan kamar utama mama dan papa di MG Suites Hotel and Apartment
hotel murah di semarang itu bernama mg suites hotel and apartment
Saya kurang suka sama letak kamar mandi di MG Suites Hotel and Apartment Semarang
hotel murah di semarang yang cocok buat ramai-ramai
Nah, kalau ini kamarnya si adik

Sementara saya dan mbah Sun, pamannya mama dari Bandung, menempati kamar tidur di sebelah kiri dari pintu masuk apartemen. Kamar saya memiliki dua tempat tidur, satu meja rias, satu meja kecil yang letaknya menyulitkan orang berjalan, dan pendingin ruangan yang nggak dingin sama sekali. Sedangkan kamar adik berada di sebelah kamar saya dengan ukuran yang lebih kecil.

Review MG Suites Hotel and Apartment

Berencana ke Semarang dan mencari hotel murah yang dekat dengan Simpang Lima, Lawang Sewu, atau tempat kuliner yang menjajakan makanan untuk sarapan, makan siang, sampai makan malam, dan hotel hanya dijadikan tempat beristirahat di malam hari? Saya merekomendasi MG Suites Hotel and Apartment ini.

Akan tetapi kalau kalian bangsa yang santai, pengin leyeh-leyeh sambil menikmati Wifi hotel yang kencang, mending cari hotel murah yang lain saja.

hotel murah di semarang punya fasilitas lengkap
Salah satu fasilitas di MG Suites Hotel and Apartment yang suka adalah tempat fitnesnya. Kayaknya jarang dipakai, soalnya masih bagus. atau mungkin sering di-service

Setelah membaca tiga ulasan tentang MG Suites Hotel and Apartment di Google, konon hotel dengan jumlah kamar sebanyak 130 buah memiliki akses WiFi yang kencang. Setelah saya uji selama tiga hari menginap di sana, untuk membuka satu CMS saja, rasanya itu kayak menunggu restu dari orangtua pacar.

Rinai hujan yang membasahi Semarang memang sempat menyulitkan kami ke mana-mana. Namun, di balik semua itu, hujan yang turun cukup deras membuat kamar saya jadi dingin meski AC tidak berfungsi dengan baik.

Bahkan dinginnya kamar saya mengalahkan dinginnya kamar mama dan papa.

Kemudian sarapan. Saya sudah punya rencana akan sarapan di luar. Kami semua memang dapat jatah makan, tapi lebih terasa jalan-jalannya kalau saya menjajal kuliner khas Semarang.

Apes!  Semua tempat makan, rekomendasi blog tukang makan, tutup. Baru beroperasi lagi pada 1 Februari. Alhasil, harus sarapan di hotel dengan menu yang standar. Tidak saya temukan satu menu yang Semarang banget!

hotel murah di semarang dengan makanan yang enak
Karena menu di restauran MG Suites Hotel and Apartment Tidak Ada yang Enak (menurut saya), jadilah hanya ini yang saya santap
inilah list hotel murah di semarang
Tenan tempat menggoreng telurnya baru buka 30 menit setelah restauran di MG Suites Hotel and Apartment dibuka
hotel murah di semarang dekat lawang sewu
Telurnya, bang, telurnya!
hotel murah di semarang dekat pusat kota
Kelaparan ya, dek? Lahap banget makannya
hotel murah di semarang yang nyaman buat keluarga
Pelayannya bingung, makanan apakah yang disantap papa ini? Kalian ada yang tahu

Sayur terlalu asin. Pelayan yang tidak tahu nama makanan tradisional yang disajikan. Dan bagian telur yang bukanya cukup lama.

Benar-benar tidak menggugah selera saya buat makan. Otak sudah mentok, ujung-ujungnya makan telur, roti gandum, dan keju. Minumnya jamu yang lumayan enak.

Pelayanan di MG Suites Hotel and Apartment

Masalah pelayanan boleh dibilang oke (tidak pakai oce). Petugas di lobby dan cleaning service di MG Suites Hotel and Apartment ramah, kerjanya rapi, dan cekatan. Pun bagian security meski harus lebih informatif lagi.

Masa ditanya apa jawabnya ragu? Padahal, saya hanya bertanya, kira-kira dari hotel ini ke Lawang Sewu dekat atau tidak? Lalu, saya tanya alamat, jawabnya juga ragu-ragu. Kalau bapaknya ragu, kita yang tamu jadi rada was-was juga, kan?

Setidaknya tamu diberitahu, kira-kira kalau naik taksi ke arah mana dan bayarnya berapa. Hal-hal mendasar seperti itu tidak dimiliki oleh bapak Security.

MG Suites Hotel and Apartment

Jl Petempen 294 Gajah Mada – Semarang
Telepon : 024-33001888 | 024 356 6665
Fax : 024 355 2443
Situs : MG Suites Hotel and Apartment
Surel : info@mgsuiteshote.com

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

18 comments

  1. Ada rekomendasi hotel murah lainnya?

    1. Aku beberapa kali ke Semarang, hotel paling murah yang pernah kudapat malah di Jl. Sultan Agung No.1, Gajahmungkur, Kota Semarang, Hotel Elizabeth namanya. Tahun 2016 100ribu aja per malam. Pelayanan OK, sebanding dengan harga lah.

      1. Sepertinya nama itu sempat terucap sama adikku waktu mencari hotel murah di Semarang ini. Cuma karena perginya sama orangtua, jadi pikir ulang untuk mengambil kamar di sana.

        Omong-omong, terimakasih atas rekomendasinya, Tom.

  2. Kalau di semarang mah pulang ke rumah,
    deket dengan rumah .

  3. Bulan depan ada rencana main ke Semarang dan menginap di sana. Bisa kujadikan referensi hotel ini, sambil nyari informasi lebih lanjut 🙂

    1. Siap, Mas. Kalau menemukan hotel murah yang lain, direview yah.

  4. ACnya engga berfungsi dengan baik kak ? gimana itu ? tapi dari tampilan kamarnya lumayan sih menurut gue kak

    1. Kamar gue kebagian AC yang sepertinya kurang di-service. Jadinya kurang dingin padahal sudah 18

  5. Mungkin sayurnya asin karena yang masak masih kepengin kawin, Kak… (komentar khas #BudayaTimur). Lalu ngomong-ngomong, ini restu orangtua pacar bisa segera didapatkan atau lama didapatkan? Kan relatif tuh ~~~ehe he he.

    *Kemudian ditimpuk rice cooker*

    1. Seharusnya aku aja yang masak sayur keasinan itu, biar calon mertua tahu kalau aku kepengin kawin.

      INI APA YA ALLAH 🙁

  6. Artinya so so ya kak dito.. tapi kamarnya cozy klo dari gambar.

    1. Karena capek, jadinya merasa cozy aja, kak 😆

  7. wah aku pilih kamar mama dan papa, asik tuh buat bercengkrama sama istri dan anak di akhir pekan..

    1. Yaps. SIlakan dicoba, Mas.

  8. Duh kasian amat sih bang…
    pas jalan-jalan malah ga makan yg enak

    1. Itulah, kaka. Apa perlu aku ke sana lagi?

Tinggalkan Balasan