Harus Banget Driver uberMOTOR dan Grab Pindah ke Gojek?

Saya hanya bisa berkata apa-banget-deh setelah menonton video Nadiem Makarim mengajak pengemudi Grab dan uberMOTOR pindah ke Gojek. Pakai bawa-bawa semangat 45, lah. Keinginan membela negara, lah. Karya anak bangsa, lah. Oke, untuk kali ini, saya anggap mas ganteng mungkin lagi ketakutan gara-gara saya selingkuh ke uberMOTOR. *siape elu Nyet?*

Menurut saya bang, tak usah abang ngomong kayak begitu. Tak usah juga abang suruh mereka gabung ke perusahaan abang. Biarkan Grab, uberMOTOR, dan Gojek bersaing secara sehat. Lagipula bang, di mata saya yang pengguna setia ojeg ini, baik Grab, uberMOTOR, maupun Gojek adalah malaikat penolong yang tentu punya nilai positif dan negatif.

Pemilik Gojek ini emang keren, sih. (otaknya)

Abang Nadiem Makarim jangan kayak orang kebakaran jenggot begitu, mentang-mentang uberMOTOR berani menawarkan harga yang jauh lebih murah dari Gojek. Abang jangan takut Gojek kehilangan pelanggan. Asal abang tahu, di rumah baru saya saja pakai Uber, yang lain masih Gojek, kok.

Kira-kira beginilah pendapat saya tentang Gojek, uberMOTOR, dan Grab supaya ketiganya tidak usah digabung jadi satu:

1. Gojek

Pertama kali menggunakan Gojek adalah Februari 2015. Saya ingat betul, lagi galau-galaunya karena satu dan lain hal, lagi malas liputan, eh disuruh liputan yang jauh. Mana hari itu saya bangunnya rada siang sehingga butuh bantuan ojeg supaya nggak telat-telat banget sampai di TKP.

Kalau saya naik ojeg, pasti mahal banget. Waktu itu saya harus liputan di Rawamangun. Ongkos ojeg untuk jarak dekat saja mahalnya bukan main, apalagi kalau ke Rawamangun. Si Kawan langsung menyuruh saya download aplikasi Gojek di AppStore. Dia bilang naik Gojek murah banget. Meski belum ada promo apa-apa, tapi memang benar ongkos Gojek lebih murah dari ojeg pangkalan. Jatuh cinta dong saya.

Asal bang Nadiem tahu, nih, setahun lebih saya nggak berpaling dari Gojek. Mau Gojek sereseh apa pun, menyebalkan kayak bagaimana juga, saya terlanjur jatuh hati sehingga sulit sekali untuk membenci. Jangan pikir Gojek yang dielu-elukan sebagai karya anak bangsa nggak pernah biki saya sebal. Sering, bang, sering banget. Karena saya Aquarius yang nggak mudah jatuh hati ke yang lain, saya memiliki tetap setia menggunakan Gojek. Bahkan saya punya konten bernama #Curjek: Curhatan pengemudi Gojek. Saya yakin abang belum baca, kan?

Perlu abang catat, semakin ke sini pengemudi atau driver Gojek nggak secihui yang dulu. Nggak jarang saya mendapat pengemudi yang merasa dibutuhkan. Ditelepon dulu baru jalan atau dengan seenaknya membatalkan orderan. Yang paling fatal, main menerima orderan tanpa melihat tujuan calon penumpang. Eh, dia nggak tahu jalan, dong. Kesal hati adik, bang. Tapi tenang, saya nggak sampai mencret-mencret kok gara-gara menahan rasa kesal itu. Abang boleh tanya ke teman-teman saya kalau saya kesal biasanya mencret.

Gojek tentu punya kelebihan dan kekurangan. Tak perlu takut. (via: Liputan6.com)

Saya sulit sekali berpaling malah salut sama Gojek yang terus berinovasi. Sesuai tagline Gojek An Ojek for Every Need. Beragam layanan Gojek seperti Go-Send, Go-Food, Go-Mart,Β  Go-Busway, Go-Tix, Go-Box, Go-Clean, Go-Glam, Go-Massage, dan yang terakhir Go-Car. Meski di Go-Ride saya sering dibikin kesal, namun layanan Gojek yang lain belum pernah sekalipun dikecewakan.

Beberapa kali mengantarkan dokumen atau apa pun menggunakan Go-Send, sampai di tangan orang yang dituju dan tepat waktu. Begitu juga Go-Food, saya pernah boros mencoba makanan yang tertera di situ. Terakhir menggunakan layanan pesan-antar makan saat papa dirawat di rumah sakit. Nah, yang baru-baru ini saya menggunakan Go-Clean untuk membersihkan tiga kamar mandi di rumah. Hasilnya tidak mengecewakan sama sekali.

Dengan adanya layanan seperti ini, kalau kata saya, nggak usah takut kehilangan pelanggan, deh. Layanan ini hanya abang yang punya.

2. Grab

Rada lupa kapan tepatnya saya download aplikasi Grab dan menggunakan layanannya. Kalau nggak salah, gara-gara Gojek sempat kumat, aplikasi eror selama empat jam di jam-jam genting. Teman kantor yang fans garis keras karena promosi Grab, menyarankan agar saya pakai Grab saja. Lalu menggunakan kode promo Grab miliknya. Apakah saya menggunakannya? Nggak!

Malam itu, di depan tenda Jakarta Fashion Week 2016, saya duduk sambil terus melihat aplikasi Gojek. Berharap sudah nggak eror lagi supaya saya bisa order. Nyatanya masih gangguan. Ya sudah, saya jalan sedikit ke arah Plasa Senayan, memilih menggunakan ojeg pangkalan yang kebetulan sudah langganan sejak lama.

Biar kata pengemudi Grab lebih keren dan ganteng ketimbang pengemudi Gojek, tetap saja itu tidak mempan.

Saya justru tertarik menggunakan layanan GrabCar. Ongkos menggunakan GrabCar lebih murah dari BlueBird. Dan bagi saya GrabCar adalah transportasi modern untuk kalangan menengah ngehe macam saya yang tidak punya kartu kredit. Mau naik Uber, kudu punya CC dulu. *sad*

Enaknya naik GrabCar, selain harga yang murah, penumpang boleh lebih dari empat. Selama muat, silakan saja. Jauh lebih hemat, bukan? Kalau saya ada tugas luar kota, ke bandara naik GrabCar tidak lagi BlueBird kecuali dikasih voucher.

Ongkos ke bandara kalau naik BlueBird bisa Rp 200ribu belum sama TOL. Sedangkan naik GrabCar, Rp 150ribu itu sudah sama uang TOL. Karena belum pernah naik Uber, jadi nggak tahu ongkosnya berapa.

Gara-gara GrabCar juga mama saya nggak pernah lagi mau mengendarai mobil sendiri kalau mau pergi ke mana-mana. Apalagi semenjak mama dapat mobil yang ada teve dan karaokenya, beuh maunya malah sama yang itu saja.

3. Uber

Baru tiga minggu lalu saya Β unduh aplikasi Uber di Android. Sabtu malam itu saya mau pulang bawa tiga kardus susu, mau naik taksi antreannya panjang amat, mau naik GrabCar lagi mahal-mahalnya. Maklum, pertengahan bulan!

Pembayaran Uber tidak lagi menggunakan kartu kredit, bisa tunai. Bahagia pastinya. Plus dapat kredit dari Daniel sebesar Rp 75ribu. Ongkos dari Senayan City ke rumah cuma kena tambahan Rp 2ribu saja. Waktu itu belum ada uberMOTOR.

Nah, begitu uberMOTOR mengaspal seminggu lalu, saya cobalah. Harganya kok murah banget? Masa sampai stasiun Tanahabang hanya Rp 9.500? Yang bener? Dari Senayan City ke GBK naik ojeg pangkalan saja nggak dapat harga segitu. Wah, Uber bercanda. Uber ngajak ribut ojeg pangkalan. Atau jangan-jangan yang ribut malah pengemudi Gojek dan Grab.

Naik Gojek dapatnya motor bebek melulu. Naik uberMOTOR, berbeda-beda terus

Murahnya ongkos Uber Motor ini saya cerita ke teman-teman. Respons mereka sama kayak saya, nggak percaya kalau semurah itu. Saya hasut mereka agar mencoba sendiri. Ini bukan bagian dari marketing, tapi ini modus agar mereka memasukan kode Uber β€œnpbxgmz4ue” dan saya dapat kredit Rp 75ribu dari mereka. Kredit itu lalu saya jadikan ongkos sampai ke rumah.

Mau tahu berapa ongkos menggunakan uberMOTOR dari kantor ke rumah saya yang jaraknya 25 kilometer? Rp 30ribu saja! Naik Gojek, bisa kena Rp 40ribu sampai Rp 50ribu. Saya berharap Uber memperbanyak lagi jumlah pengemudinya. Dan mempertahankan nominal ini. Lumayan kalau kebetulan saya lagi nggak bawa motor. Bahagia itu sederhana.

Jadi, buat bang Nadiem, kapan menurunkan ongkos Gojek kayak uberMOTOR?

 

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

82 comments

  1. Wah bagus perbandingannya! Jadi pengen nyoba uberMOTOR

      1. kalau pake motoryg masih kredit bisa ga gan? soalnya bpkb saya blm keluar deler

  2. Gojek kan sudah sering kasih gratis dan diskon, pas awal-awal Dit… mungkin kini ketika “saatnya” mereka sudah harus memperketat “bakar duit”nya dan mencari duit, mereka agak dag dig dug, apalagi pas Uber ngeluarin UberMotor yang bisa lebih murah. sehingga omongannya abang Nadiem agak mengecewakan untuk didengar, masa CEO karya anak bangsa ngomongnya seperti itu … *sangat disayangkan*.
    Mungkin sekarang kepalanya bang Nadiem lagi pusing seperti barbie…. kamu pijitin giih. :”)

    1. Boleh nggak aku pijatin? Aku takut tidak sopan πŸ™

  3. Bang Nadiem, yakin gojek itu masih karya anak bangsa??
    Dan yakin pula itu masih gojek? Di dalamnya sudah terlalu banyak services, bahkan muncul pula go-car, masih yakin itu gojek bang???

    1. Hehehe… So far layanan dari Gojek ini bagus. Aku suka. πŸ˜€

  4. Kalau tarif gojel turun, bagaimana drivernya kak?

    Etapi sebagai konsumen mah kita senang2 aja ya…layanan murah yang pentong cepat sampai tujuan.

    1. Yaps.. Tentu senang aja dong kalau ada harga yang murah. Kan bisa diantipasi dengan kasih tips, kak.

    2. Bener mba . Uber itu menyiksa driver saya salah satunya . Belum lagi deposit dibpotong buat jaket . Uang pas buat bensin doang . Mau makan apa .

  5. Orang Indonesia memang suka lupa dengan pernyataannya sendiri.
    Pada banyak kesempatan mereka teriak dan berkoar2 lantang soal jargon “Cintailah produk-produk Indonesia!!!”.
    Sekarang dihadapkan dengan persaingan antara produk milik orang Indonesia, Malaysia dan Amerika.
    Ternyata sebagian melupakan teriakannya dulu dan teriak jargon baru “Kami ternyata cinta produk yang lebih murah”. hehe
    Padahal di setiap bisnis apapun “harga murah” itu biasanya hanya di awal, setelah usahanya mulai ramai, harga pasti naik. Itu sudah biasa. Penjual bakso pun akan menaikan harga pada waktunya. Usaha apa sih yang tidak ingin untuk lebih besar?
    Harga memang bikin terlena…, pakai kata2 “Nasionalis” pun kalau kalau sudah dibenturkan dengan masalah harga, ternyata terbukti menuai banyak kritik tajam. Walaupun apa yang dia sampaikan itu ada benarnya jika dilihat dari siapa pemilik masing-masing aplikasi itu.

    Soal aplikasi transportasi yang ada saat ini, yang paling murah itu rasa-rasanya yang masih sedikit penggunanya. Kalau sudah tiba saatnya, harga mereka akan naik jua. Makin cepat mereka meraup banyak penumpang dan pengguna aplikasi, makin cepat harga mereka naik. Gak percaya? liat aja Go-_ _ _ yang harganya perlahan makin naik πŸ™‚ Maklum mereka duluan sukses disini.
    Yang lain, yang saat ini masih murah, tidak perlu dibela juga, karena jika mereka sukses lebih dahulu juga akan menaikan harga juga.
    Jadi jangan hanya dilihat dari sudut pandang penumpang, karena jatohnya pasti “yang murah yang akan dibela”. MAKLUM πŸ™‚

    Tapi coba benturkan harga, nasionalisme dan idealisme. Yang gak kuat pasti akan galau. Kecuali mereka gak sadar dan sedang terlena itu.

    1. Terimakasih kak komentarnya. Tapi omongannya ada benarnya kak

      1. Tarif penumpang bukannya masuk ke driver semua??
        Perusahaan ojek pemasukan hanya dari aplikasi.
        Jadi seharusnya makin rame penggunanya, perusahaan bisa lebih menekan biaya ojek (biaya cash) lah, kan makin rame penggunanya.
        Biaya mahal, efeknya banyak driver yg gabung. Keuntungannya konsumen gak lama nunggu driver, tapi buat konsumen yg jeli masalah harga bisa pada kabur.
        Kalo biaya murah pastinya driver juga dikit yang minat. Kekurangannya kalo pesen driver pasti lama nunggu. Tapi nilai plus bagi konsumen dari segi harga. Kecuali kalo lagi buru2….
        Jadi lucu juga, mau di tarif murah nanti driver kabur, konsumen yg maunya gak nunggu lama juga kabur.
        Aku sih kalo buru2 mending ngebut sendiri aja.. 😁
        Tapi kalo santai tetep uber motor ato grab cara. Belum punya histori di apa golek πŸ™‡ kapan2 kalo ada promo tak cobain 😁😁😁

  6. Cara jualan yg bawa-bawa nasionalisme kadang bikin kesel.
    Toh kalau bagus tetep akan banyak yg pakai kok.

    1. +100 Cici Lionda πŸ˜€

    2. kalau kurang bagus.. kita bangun bersama dengan giat memberi masukan langsung.. agar perusahaan atau starup indonesia khususnya gojek bisa terus berkembang,, tanpa cosument/penumpang go-jek bukanlah apa2..

      semoga go jek tetap ada ditengah persaingan yang begitu ketat..

  7. Iya kemaren sempet kurang greget lagi pas dia ungkit2 hal nasionalisme … Mesti ganti strategi marketing huehehe.

    Anyway, saya malah berharap Uber meluber ke kota2 lain, seperti Bandung, dan Bali. Ga tau kl sekarang, tp setelah masa promo abis, tarif Gojek di sana terasa mahal hiks … Jd kl saingan masuk, kan ada tarif bersaing lagi wkwkwk *ngarep*

    1. Setuju banget. Dia harus siap bersaing sih

  8. Yup, strategy marketingnya Nadiem Makarim emang nganu, bikin nganu. Jargon karya anak bangsa dan nasionalisme menjadi cibiran di sosmed, mengingat modal Gojek juga bukan dari kantong anak bangsa. Mungkin Nadiem lupa sekarang MEA sudah berlaku. Masyarakat bebas memilih mana yang bagus mana yang jelek. Itu sudah.

    1. Aha, MEA sudah berlaku. Benar banget, kalau Nadiem sendiri nggak siap bersaing, apa kata yang lain?

  9. ane uber motor partner ane udah kaga betah di uber terlalu murah jujur ane tekor tenaga n bensin, transferan dari uber kaga pernah nongol mo ngeluh kaga ada kantornya via email orang nanya balik nanya sorry ya para uber rider kalian enak dapat promo lah ane dapat guarante trip itupun klw si rider rate 5 star lahh klw kaga ane gigit jari udh gitu bayarnya pake promo coba ente cari uber partner yg mau jalan rata rata anak baru, uber partner yg udah jalan 3 mingguan pasti sdh pada stop tggu transperan kaga masuk plus harga pak ogah..

    1. Hahaha. Kita senasib gan. Ane udah masuk di minggu ke tiga gabung jadi Driver UberMotor, peraturan makin di ketatin. Apalagi skrg jaminan dari pihak uber udah di hapuskan. Tinggal pendapatan dari penumpang sama jaminan per jam, dapet apa kita. bensin sama tenaga belum di itung. Mungkin harus lebih banyak bersyukur lagi ya ‘)

  10. Aku terhenyak membaca komen CORCIT di atas (khusyuk banget baca blog Adit sampai semua komennya aku bacain juga). Masa sih Uber begitu?

    1. Percaya nggak percaya ya, Kak. soalnya ini kan baru banget (UberMOTOR)

  11. bener uber terlalu murah nih taripnya…
    kasian drivernya…
    kalo jarak 5 kilo dapet 5 ribu
    tanpa ada transferan lagi dari pihak uber..
    ckckk…

    1. Semua ada hitungannya bang,. Ngak cuman dpt segitu doang, ada kerja ada hasil.

      1. Coba bang ente narik uber deh klo bisa ngomong gitu

  12. sayang sekali sekarang ini banyak sekali pesaing gojek,. padhal sempat gojek di teror .. yang jelas inspiratif banget lah tuh orang πŸ˜€

  13. Iyaa saya juga driver baru UberMotor.. kewalahan dgn tarifnya yg Rp 1000/KM..

  14. Yang sabar mas bro yg driver uber motor,saya juga driver uber motor,klo diuber motor itu pilihan tepat pasalnya uber itu mampu menduduki di 50 negara jauh sebelum uber melirik indonesia ternyata aplikasi yg sama seperti uber itu mencontek uber jadi bukan saya banggain uber coba dipelajari,dipahami disabarin,buktinya saya lancar lancar az soal penghasilan bahkan transferan dari pihak uber normal masuk rekening saya,jadi saya arahkan pada pada driver uber motor untuk bersabar dan ikhtiar sebab uber jauh lebih baik dari apa yg kalian tau,buktinya para pengusaha seluru dunia melirik uber karena ingin berinfestasi tapi uber ru selalu memili infestor yg bisa diajak kerja sama yg saling menguntungkan

  15. Penulisannya bagus kak Adit πŸ™‚ Saya termasuk orang yg cenderung ke konsumen banget, udah pernah nyoba gojek, grabbike, ubermotor, uberx(car), uberblack, hehehe. Memang sih overall harga murah sangat-sangat BAGUS untuk konsumen/pelanggan, Coba bayangin kak, Tarif dasar : Rp1000 + 1Km : Rp1000 + 1Menit : Rp100, anggaplah dari rumah kakak ke kantor selesai dalam 60 menit (100 x 60 : 6000) + 25Km (25rb) + Tarif dasar Rp1000. Total di aplikasi driver akan menunjukkan Rp32000, dan pasti penumpang ngasih 35rb *kembaliannyaambilaja*
    25Km itu jarak yg jauh loh, rider udah ngantongin 35rb, sisihkanlah 20rb utk bensin, sisanya 15rb utk jajan,rokok, dll. etdah… senyum aja driver mah.
    Btw, Im a student in BSI, Im a rider UberMotor too, just side job hehe. Dont forget to give ratings 5 stars if rider bring u masker, or not, just give 4 stars ??
    UberON!

  16. Baca blog ini jadi pengen curhat haha. Saya selaku driver Ubermotor memang merasa tarif yg di tawarkan Ubermotor sangat murah dan tidak manusiawi, tapi jujur aja saya merasa terbantu, saya baru bergabung di Ubermotor tgl 11 agustus 2016 dan besoknya saya bru narik 2 kali di hari dan jam yg sama alhamdulillah sya dpt 25rb lumayan buat isi bensin, itu saya lakukan di jam pulang kerja saya. Krna saya juga kerja sebagai karyawan di perusahaan negara jadi jam 4 udh pulang, propesi saya sebagai Ubermotor hanya lah sampingan, untuk pendapatan pokok saya adalah dri gaji sya sebagai karyawan, jadi menurut saya propesi Ubermotor belum bisa di jadi kan pendapatan utama krna pemasukan yg minim, tapi kalau untuk sekedar mencari uang tambahan untuk jajan / bensin Ubermotor lumayan ngebantu ko. Di tambah pihak Uber tidak mengatur jam kerja kita untuk ngojek, kapan pun dimana pun bisa, ga ngojek juga ga apa”, dengan selogan “KITA BOSS NYA BEBAS KAPAN AJA MAU KERJA” itu yang saya dpt dari training kemarin. Buat para driver Ubermotor jangan jadiin Ubermotor sebagai propesi utama kalian jadiin sebagai sampingan aja. Pasti cukup ko….

  17. Yah mbak .. Saya sebagai pengemudi UM .
    Tarif uber motor memang murah banget mbak . masa dari pademangan jakut ke stc senayan cuma 24.500 .
    Udah gitu diajak mampir mampir ke mangga besar dan gajah mada . walau argo per menit jalan . yah tetep aja mbak gak sebandinglah hasilnya.
    Yah untung untung dikasi tip tambahan mbak dari penumpang..
    Udah itu aja deh :v

  18. hihihi.. lucu yaa ternyata bukan saya saja yg merasakan uber motor , ternyata banyak juga yg saya rasakan dirasakan uber lainya. memang uber ada enak dan gaknya walapun banyak gaknya.. enaknya kita bisa narik penumpang tanpa aksesoris seperti ojek online lainya. yg bisa menimbulkan kecemburuan di ojek2 pangkalan. lah kita mah ngojek pake kemeja juga jadi heheheh. terus kita mau sehari gak narik besok gak narik lagi gak ada masalah. anggap aja kita itu mau pergi main tapi gak ada tujuan saat libur dan gak ada yg mau diajak ..mayan kan pengalaman dan suasana baru di jalan bahkan daerah orang. kali aja kecantol cwe di sana yaa kan gan… disini kita bukan hanya mendapatkan uang semata. tapi juga bisa lah beramal dengan mengantarkan orang dengan membantunya.. mayan buat diakhirat. itu aja lah gan dr saya . x aja ada cwe yg mau naik dan di antar sama saya kemana pun saya antar termasuk ke pelaminan.. salam hangat dr uber motor depok .

  19. tolong dong untuk pihak uber , naikkan tarif nya , biar para driver uber nya jadi pada semangat lagi narik nya . kalau bisa sii yang sesuai lah tarif nya , hehehe ,

    #salam driver UBER .

    1. Setuju,,, uber tarif nya terlalu murah, klw sperti ini terus kayanya para driver bakal pindah nih ke tetangga, buat konsumen sih emang mau nya dengan tarif murah, lah kita driver nya kerja sosial, di tambah sekarang bensin premium udah susah jd mau gak mau harus di isi pertamak, terkadang keki jemput konsumen jarak 3-5 kilo anter tujuannya gak lebih dari 2km, tekor

      Smoga uber menaikan tarifnya dengan tidak mahal ke konsumen dan tidak murah juga pemasukan buat driver nya

  20. Tuilsannya bagus si.. Tapi ya agak lebay aja gitu, kenapa harus ada tulisan ” dirumah baru saya aja “. Lah elo lagi bahas ojek online bukan malah pamer.. Tp tetep keseluruhan tulisan ini keren, cuma bagian itu aja yg agak norak

    1. maksud si penulis di rumah nya dia , baru dia doank yg pake uber… yg lain nya pakai gojek… gitu loh kak … bener ga dit? ?

      1. Kurang koma(,) ya.

  21. Artikel yg menarik, sekedar share, sy jg pengguna uber, kesan pertama wktu pakai uberX (wktu itu blm ada ubermotor) senang banget merasa terbantu krna sy punya bayi msh kecil dan kita sekeluarga mau pergi tp gk pnya mobil, ataupn mau nyewa mobil jg tarifnya mahal. Akhirnya psn uber krna kata adik tarifnya murah. Langsung order, dianter deh kita dg nyaman dan aman, drivernya ramah, mobilnya AC, bener2 berasa jd nyonya punya supir pribadi. Hehehe.
    Sedangkan sekarang suami jg sekarang jd driver ubermotor sbg side job. Seperti yg agan2 di atas blng, jam kerja, maupun atribut tdk mengikat, itu yg sy senang. Cuma memang hrs bnr2 siap jk mau nge-trip, karena lokasi tujuan muncul blkangan jika kita sdh mnerima order, so jgn nyalakan app jika tdk siap nge-trip.
    Sedangkn utk para pengguna uber, jgn sungkan memberi rate ataupn komentar utk driver, krna rate berpengaruh utk bonus insentif para driver yg notabene adalah angin segar dr tarif yg murah tsb. Dan berikan komentar yg membangun agar driver mnjdi lebih baik dan bersemangat ( Pengalaman suami senyum bangga klo ada yg ksih 5 bintang & komen positif, walau g ditampilkan namanya) πŸ˜€
    Memang yg suami rasakan jd driver ubermotor itu senang, krna brtemu bnyk org, dan bs menolong org(tarif murah, g pilih kasih). hehehe. Tp bknnya tnpa rintangan, kdg ada yg jahil, order dan menghilang, atau alamat palsu (order fiktif), atau sdh dlm prjlnan jemput malah di cancel( utk yg satu ini alhamdulillah ada gnti rugi cancel fee dr pihak uber). Memang dalam berbuat kebaikan hrs disertai kesabaran, profesi ini bs jd ibadah jg. Alhamdulillah walau trf murah, ada ja yg mmberi tips 2x lipat dr hrga tarif yg hrs dbyar, atau malah dioleh2in makanan (krna pengguna bs mmpir2 jajan) hehehe.
    Ud kepanjangan, intinya apapun pilihanmu, syukuri pasti bahagia…

  22. Deposit saya manaaaa..! ora ditransfer2 son son,mana mau buat servis motor,ganti ban dh tipis,istri dh hitung2 buat nutupin keperluan,hadeeehh!!! Dlm hati pindah ke gojek atribur ga dikasi2,mau ke greb takut deposit hangus,lumayan dh 3minggu skitar 1,5jt-+,coba gimana itu,?

  23. Gw baru tau skema tarif uberMotor dari drivernya sendiri.
    Tau ngga lo semua, akibat terlalu murahnya promo uber motor yg tarifnya cuma Rp.1.000/Km, dampaknya adalah mereka para driver uber motor juga hanya dibayar Rp.1.000/Km itu juga dipotong 10% utk jatah ubernya. jadi terima bersih cuma Rp.990. kasian kan.
    Uber sepertinya cuma mau mencari keuntungan sebelah pihak saja tanpa memperdulikan nasib para driver motor. mereka juga sebenarnya ogah masuk driver motor tapi karna pendaftaran gojek dan grab susah dan antri makanya mereka terpaksa ikut uber motor utk batu loncatan.
    Makanya lebih baik kita bayar tunai saja + kasih mereka tips, jgn kredit apalagi pakai kode promo, kasian mereka, pencairan dananya ngga jelas.

    JADI JANGAN MENTINGIN DIRI SENDIRI YA LO PADA, Hargailah orang lain jika kita ingin dihargai orang lain

    1. Ciee driver ga mau ngaku driver…

  24. Jangan lupa kasih tip yang layak ke uber motor dan kasih 5 bintang.. Soalnya driver UM ga dapet apa2 lagi uber..

    Jam sibuk cuma ditambahin setengah tarif + 6000

  25. Yakali disamain tarifnya sama uber. Kasian driver nya lah. Penumpang mah enak yak tinggal ngejogrog di jok. Lah driver mao ngempanin kluarganya pake apaan, yg ada klo tarif disamain ky uber, itu duit udah abis duluan buat bensin. Sama-sama cari nafkah ya dihargai coba..

  26. Saya pengemudi UBER motor,,,
    Saya udah baya smua ulasan dari atas sape bawah…
    Dr yg negatif ampe positif…
    Jujur uber cuma sampingan bagi saya..
    Tapi saya tetap bertrimakasih sama UBER krna sudah di berikan usaha sampingan walau pun hasil’a sedikit,,tapi saya tetep bersyukur,,
    Saya slalu brusaha bersyukur dr hal yg kecil agar bisa menikmati hasil yg besar,,,
    Skalia saya mau berterimakasih kepada para pengguna UBER motor yg sudah memberikan tips/uang lebih kepada saya/teman” saya,,,
    Sebesar atau sekecil apa pun yg kita dptkan..
    Tergantung kita bisa mengatur untuk menggunakan’a atau tidak,,,
    Hidup ini harus di jalanin..
    Bukan di keluhin,,ga ada guna’a..
    Bersyukurlah kalian yg sudah diberikan pemasukan uang tambahan oleh UBER & COSTUMER UBER(uang tips)
    Yg nama’a rejeki,,,ga bakal salah n dah ada yg ngatur…
    manusia yg ga pernah bisa bersyukur itu pasti hidup’a slalu gelisah n ga bisa tenang krna ga pernah puas akan apa yg sudah di dapatkan…
    Coba kalian fikir…
    Jaman skarang tuh susah nyari kerja…
    Hargai n cintailah UBER yg sudah memberian kalian kemudahan untuk memberikan pekerjaan walau pun pas”an,,,
    Yg penting kan kalian jg bisa makan n minum dr uang itu..
    ingat…
    Manusia itu bisa hidup krna makan n minum,,,
    Yg lain no belakangan klo kita bisa ngatur’a…

  27. Tarif uber memang murah, saking murahnya jadi kapok jd driver uber & pengen pindah ke grab atau gojek…. Wajar klw driver uber sedikit. Krn pendapatan driver nya kecil. Tolong masukannya dong, mending jadi driver gojek/ grab ya?
    Salam satu aspal

  28. Selalu bersyukur kepada yang maha kuasa. Kita semua ada lowongan kerja yg ga terlalu ribet. Tanpa ijasah dll. Rejeki semua udah di takarin sama yang maha kuasa. Dari karna itu. Hidup itu harus bersyukur.

  29. Informasi yg bagus bgt utk ulasan perbandingannya.
    Uber-grab-gojek (motor)
    Btw…saya penumpang dan driver juga hehe jadi pengguna jasa dan tempat mencari rejeki juga.
    Biarin saja pemiliknya bilang karya anak bangsa, semangat 45 ( saya setuju aja, baguslah orang sy jg anak bangsa kok) nggak usah diulas, ulas aplikasinya aja jgn provokatif jadinya.
    Klo prinsip ekonomi ya…narik gojek – naik uber…
    Narik 10 – Naik 1…
    (Tega…ya)
    Klo anak bangsa nggak begitu deh kebanyakan di lapangan.
    Amin

  30. nih penumpang enak banget klo omdo apalagi sembari ngentut. ente mending narik ojek dulu maz biar nyaho lw. klo lu kena tilang, kena penyakit bengek, kena angin duduk, ketabrak/nabrak, ban motor kena paku atau motor abis bensin dijalan masa bodo gw mah ngesot-ngesot dah lu ngedorong. emang risk tapi sebanding gk? klo tarif murah yg jadi korban siapa maz, dan nte juga kaga mikir dampaknya ya. sopir angkot aja tau maz, masa nte gk tau. maz gue doain lu ketemu driver stress karena penghasilan ngojeknya gk bs nutup dapurnya sendiri & dan mudah mudahan lu selamat dan gk di adu ama kereta api.

  31. Wew fotonya itu, gimana cara ngambilnya mbak? tangan mbak 2 2 nya dibawah,masa sopir yg ambil,apa ga bahaya?

    klo naek ubermotor dapet masker ama tutup kepala ngga mbak? klo grab bike gmn?

    oya, btw,gojek akhirnya ga kuat mbak. lagi promo,make gopay diskon 50% .jadi perkilonya seribu, nyaingin uber yg lagi promo 50% juga, perkilo 750 wkwk

  32. Soal tarif memang uber lbh murah. Tp klo kta pintar, ya narik nya pas di jam sibuk aja. Apa lg jam pas kena petir. :v
    Kalo gw sih sbgai driver uber, cma pgn kedepan nya uber di liatin tujuan penumpang nya. Soalnya semakin banyak ojek online , akan semakin banyak jga tim begal yg siap beraksi. Terutama buat uber, itu jadi sasaran empuk buat tim begal krna tujuan penumpang ga di ketahui. Ga lucu kan misal pas mau mulai jalan, ga tau nya tujuan ke arah sarang begal. Ya gw sih sbgai driver uber, cma mnta sdkt perlindungan aja. Sedia payung sebelum hujan lah.. Udh banyak kejadian soalnya.

  33. harapan gw di Uber cuma 1 yaitu Uber jangan sampai ada arah tujuannya saat orderan masuk. sebab bisa ada yang menggunakan aplikasi fake gps alias tuyul. lihatlah gj/gb pada pakai tuyul sebab kelihatan tujuannya saat order masuk. tuyul = bahaya n merugikan driver yg gak tau aplikasinya. terimakasih
    #ubermotorDepok

  34. Pokonya yg kalian omongin smua. Gw udah ngalamin smuanya… Di jalanan.. Karna gw sndiri driver uber motor. Pait manisnya udah gw rasain. Gw mah cuman ber do’a aja lahh… Semoga kdpannya akan lbih baik lagi. Ingat kata bung haji rhoma irama guys.. Berakit2 ke hulu. Berenang2 ketepian. Bersakit2lah dahulu. Bersenang2lah kemudian.

    Wassalam

  35. Lucu juga baca curcol driver and passenger semua pekerjaan pasti ada suka dan dukanya dinikmati dan disukuri aja apa yg ada,driver kan lbh tau pahit manisnya dilapangan itu spti apa jd nikmati aja klo ga nikmat ya ga usah dikerjakan gmpg kan ga usah mengeluh sm perusahaan yg sdh memberikan kemudahan dan kesempatan side job kpd anda (driver)..
    Btw gw juga baru mau daftar jd uber nih

  36. Penulis /admin hanya membalas comen costumer..tetapi sy lihat disini driver uber banyak.yg komen dan mengeluh kesah disini tidak dihiraukan admin..mendriskipsikan bahwa blog ini diperuntukan untuk costumer sahaja…btw ane coba grab gojek juga tapi kasian driver uber kemurahan..tapi all costumer sini malah senang murah bayarnya uber..sebagai penulis anda sepatutnya membalas komen semua kalangan apalagi membahas dua sisi costumer dan pekerjanya.

  37. Uber emang enak tapi gak enak gak ada jas hujan terus ke banyakan promo bayarannya murah jauh dekat cuma 21000 tolong lah harga naikin jauh rp55000 harga dekat 35000 kali jauh dekat harga segitu saya belum bensin

  38. Hmm it looks like your site ate my first comment it was extremely accekdeedgkfgeac

  39. Hah !!! Ente Blom Ngerasain Aje Gan Gimana Rasanya Jadi Driver Uber ?!! Bicara Memang Gampang, Ngelakuinnya Yang Setengah Mampus.

  40. Apapun yg anda ikut skarang ,apa mau jadi driver gojek .uber atau grab..smua sama saja ,yg utama adalah kerjakan profesi anda dgn profesional agar customer puas dgn pelayanan anda,dan untk tarif ..bila anda merasa tdk mencukupi maka carilah pekerjaan yg menurut anda lebih baik..krn anda sblum masuk ojek online pasti sdh tahu berapa anda dibayar dr prusahaan ditempat saat ini anda bekerja ditempat tsbt..#driver gojek#

  41. Otaklu dipake mas broo..enak di elu ga enak di drivernya..emangnya tuh drver ga py keluarga? Tarifnya terlalu sadis utk driver..dan lu juga otaknya kudu diservice..hati nurani ga punya..maunya murah..dasar mental gratisan..ente hidup aj dijaman batu..ape2 gratis..oke broo!

  42. kalo cuma jadi penumpang mah enak ya bilang uber murah, coba rasain jadi uber driver, apa lagi yang motornya boros kaya ninja rr (adanya cuma motor itu jadi jangan ngebahas motor) apa gak nangis darah? perjalanan jauh, bensin abis, sekalinya bayaran ada yg dipotong promo, ada yang via cc. apakah penumpang mau mikirin gimana kami pulang saat bensin abis dan tidak ada uang sepeserpun?
    seharusnya sesama ojeg online itu sama semua, dari segi fitur, fasilitas, harga, dll biar gak saling berebut.

  43. Untuk driver Uber skemanya / promosinya makin naik , 35 trip 240rb.. dari awal 120rb….
    Hahahaha ,,, akal akalan manegement uber…
    Trus saya liat harga ramai makin meluas , artinya tingkat permintaan penumpang (customer) sangat tinggi karna promosi nya makin gila gilaan… tapi menurut gw , walaupun tarif uber murah dan banyak yg milih mengunakan uber , itu percuma , toh drivernya ga ada …
    Di uber jga serem… kita ga tau tujuan penumpang…
    Saya pernah ngalamin dpt orderan jam 19.30 di unj rawamangun pas saya udh ketemu penumpangnya ternyata tujuan dia ke duri permata (tangerang) sekitar 28km… dan parahnya lg di mengunakan cc + makasih…

  44. Ciputat-bekasi estimasi biaya perjalanan Rp.7000,_
    Penumpangnya jg bayarnya segitu jg,dah dpt diskon ditambah bawel kelamaan nunggunya,sampe tujuan tanpa ucapan trima kasihnya,,
    Dakupun dg sepenuh rasa hormat bilang,,maaf mbak ini uangnya buat mbak aja,lumayan buat beli bedak MBK

  45. Kalian yg d omongin tarif aja gk mikir klo d jalan itu ada pengeluaran bensin,makan,kopi,rokok dan laka(mudah2an gk terjadi) klo ada apa2 emabg gk pkek duit. Uber bnyak Promo,CC,Diskon. Emang Bensin,makan,kopi pkek itu Promo sm Discon.Jalanin jg Ojol (ojek online)dulu br
    komentar.kalian hidupnya msih enax gk kyak yg pas2an.klo Gojek liat kerja kerasnya ketika msih bnyak OPaNG.kira2 bisa gk UBeR jalan hadapi itu sm jalanin Promo. Pikir donk. MURAH,PROMO emang hidup pkek Promo. Sorry ya klo kebablasan.Salam 1 aspal

  46. Aduh mas enak bgt ya bilang kapan tarif gojek diturunin seperti ubermotor .. seharusnya ubermotor yg tarifnya naik seperti gojek , pendapatan dri ubermotor sngt tidak pantas coba rasakan sndri jdi driver uber gmna mnderitanya sampai saya tdk narik uber lg nunggu smpai keterima di gojek/uber atau trif uber naik makanya ubermotor agak susah

  47. Iyalah kalo PKI tukang budakin orang enak lu bacot, lu mana tau tuh driver dirumah punya keluarga anak istri, lu pikir duit lu bisa ngasih makan dia yg ga seberapa itu ?? Yg lu tau lu untung sendiri naek ojek murah, 3 ojek online udah gw jalanin …
    Ttp aja gojek yg pling ngertiin driver susahnya gmn djlnan …
    Beda ama ojek ojek online yg ikut2an cm pgen nyari duit dsini, taunya bikin aplikasi bnyk yg minat bodo amat yg narik siapa mw ank kecil kek orang muda kakek kakek, bodo amat yg penting aplikasi yg dibikin banyak yg naek … !!
    Biarin drivernya pada mati dijalan pda mampus juga tuh perusahaan gak peduli…
    Lu dikantor kerja duduk doang aja bisa apa si lu ??
    Udah berasa pinter lu ?? Dewa ???
    Cintain produk dlm negri boss, lu tinggal di indonesia klo mau gaya barat2 ngaca, lu tinggal di indonesia budaya timur saling nghormati sesama, bukan malah lu belain tuh aplikasi dari luar ….
    Eh lu kluar sono kmana2 lu tanyain driver2 selain gojek, mau ga dia masuk gojek, knp dia ga msuk gojek ???
    Lu jgn sotoy mreka jd driver laen bkn krna bgmn2 karna emang gampangnya masuk itu….
    Klo gojek susah lama, tp klo lu tanyain semua driver mau kaga jd gojek TONJOK NIH MUKA GW klo pada bilang “GAK MAU”
    lu boleh tanya ama driver2 yg aktif sonoh…
    Lu harusnya lebih punya rasa kepedulian luh jgn cm maunya enak sendiri luh !!!
    Lu naek sono angkot naek sono metro naek bajai, lu bandingin am gojek, keselamatan lu dijalan bkl lebih dipeduliin bos naek motor !!!
    Biar opang sekalipun, gak bakalan didiemin klo tiba2 lu ditarik orang trus dipukulin, pasti lu dibelain !!!
    Dasar gak tau terimakasih gak tau di untung….
    Otak PKI dasar budakin orang doang bisa lu…
    Lottee mart fatmawati
    Paranin gw sini klo udah dpt driver aktif yg gak mau jd gojek….
    Paranin TONJOK gw nih…
    Jgn ksini klo ga dpt drivernya ntar bisa elu yg gw TONJOK …. !!

  48. Thnks utk thread nya mas bro… Yg sdh prnah jatuh hati kpd gojek. Saya hnya meluruskan saja,mksd dr ceo gojek mengajak driver uber dan grab bkn semata mata krn takut kehilangan pelanggan, ttpi saya pribadi pnya 2 akun driver ojek online, belakangan grab lg gencar2 nya dgn promosi. Hnya mau menyampaikan saja, utk customer yg biasa suka pake kode promo sbnrnya bagi kami kalian itu membunuh karakter para driver ojek online secara tdk langsung, mau gojek, grab, ataupun uber motor. Bayangkan jika kalian mengalami sendiri menjadi driver nya, smntara dgn bangga nya kalian order dgn asumsi kalian sdh menggunakan jasa kami tp bagi kami mau tdk mau kami hrs mengantar ketujuan anda sekalian. Dgn sgala kode promo yg anda gunakan itu betul2 menyiksa bathin kami, utk biaya operasional kita butuh uang Cash, krn pembayaran secara transfer terkadang hrs nunggu bisa satu hari lbh. Maksud bang nadiem itu sangat bagus sbnrnya, mengajak driver uber dan grab utk bergabung. Dgn hrpn kesejahteraan driver bisa lbh baik, tapi bagi kami gojek yg dulu dan sekarang jls beda. Ttp saja kebijakan manajemen nya benar benar menindas para driver. Jika kalian memang punya hati seharusnya kalian bangga menggunakan gojek dan tidak menggunakan kode promo sprti grab dan uber, sbgai anak negeri dan cinta kpd Indonesia hrs nya kalian bangga memiliki gojek.
    Ttd. driver gojek

  49. Sholalilali ola olala

  50. Driver Uber sdh pada kabur pindah massal ke Gojek, dan Grab. Mengapa Driver Uber pindah…? Karena tarifnya yg secara tidak langsung merendahkan Driver, dan bikin Driver puyeng buat isi bensin, dan menutupi kebutuhan dapur keluarga…, Ini fakta…, Tarif Uber yg tidak manusiawi…, Memperlakukan Driver spt Budak…!

  51. Sy tertarik pengen jd driver ojeg online, tp yg bagus buat pemula yang mana ya…

  52. Bangke lw pada yg kpingin murah….lw kaga pikirin ape jauh2 cuma di bayar 2rb perak bahkn Free.. cuma dpt ucapan terimakasih.. sakit ht ni….Mikir bro mikiiir jgn mau murah nya aje… Alhmdllh penghasilan gw jauh lbh bsr di bndngkan dlu di UBER

  53. Dasar PKI. lu ngga mikir apa bagaimana pemdapatan driver kalau lu selalu pake kode promo? Gue sebagai Driver uber motor kecewa. Senen-Univ Gundar Depok cuma 9rb. Kampret kabeh. Costumer bikin banyak akun biar dapat kode promo. Gue doain lu dapat driver nakal yg nurunin ditengah jalan. Bodat.

    #UberOFF

  54. Menurut saya, banyak yang salah paham dengan Uber. Karena di nergara asalnya Uber hanya untuk mencari uang tambahan (sambilan) di luar jam kantor. Dan itu pun pengguna mobil saja waktu itu (sekarang sudah ada Uber Motor, namun berbeda dengan sekarang, dulu Uber Motor tidak diwajibkan mengenakan atribut karena memang hanya sebagai sambilan di luar jam kantor / pekerjaan pokok / profesi utama para mitra Uber). Misal, berkendara dari rumah ke kantor atau sebaliknya bisa sambil tarik penumpang. Jadi, orang – orang kantor itu bisa produktif selagi dalam perjalanan ke suatu tujuan / di sela – sela waktu di luar jam kantor. Diharapkan juga hal tsb bisa mengurangi pengguna kendaraan di jalan raya agar dapat mengurangi kemacetan. Konsep Go-jek pun awalnya seperti itu kan? “Mau punya penghasilan tambahan?”. Namun seiring berjalannya waktu, peminat Driver maupun Rider-nya pun semakin tinggi karena pendapatannya cukup besar untuk Driver dan biaya ongkosnya pun jauh lebih murah bagi Rider-nya dibanding biaya ongkos ojek konvensional, akhirnya sekarang Go-jek bahkan Grab dianggap bisa diandalkan menjadi pekerjaan pokok bagi mitra Driver-nya. Mitranya pun semakin banyak bahkan membludak. Nah, berbeda dengan Uber yang masih memegang konsep awal bisnisnya. Jd memang pendapatannya tidak terlalu besar. Kalo pendapatannya besar, kemungkinan besar akan terjadi hal seperti Go-jek maupun Grab. Dan otomatis bukannya mengurangi kemacetan, malah menambah kemacetan karena semakin banyak yg bergabung dan menjadikannya profesi utama bagi kebanyakan mereka. Lalu, alhasil jalan raya pun semakin padat karena meningkatnya Driver ojek online. Belum lagi ditambah para pengguna kendaraan pribadi yg tiap tahunnya bertambah sekian banyak. Saya sendiri punya kendaraan pribadi, tp sekarang lebih sering naik krl karena kebetulan kampus tidak terlalu jauh dr stasiun dan memang sudah penat jg dengan kemacetan di sana – sini. Ojek online juga jd alternatif untuk saya bepergian. Karena menurut saya itu semua lebih menghemat waktu dan tenaga. Hanya sesekali saja bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Jadi, meurut saya kurang lebih begitulah kenapa biaya Uber segitu – segitu aja. Karena memang dr awal hanya untuk penghasilan tambahan di sela – sela waktu kerja profesi utama kita saja. Saya rasa Go-jek maupun Grab juga punya visi misi seperti Uber awalnya. Tp perlahan berubah karena persaingan. Bayangkan saja, tempat yg terbatas diisi terlalu banyak materi pasti sisa ruangnya akan memyempit. Kurangnya ketegasan pemerintah akan UU pembatasan penggunaan kendaraan pribadi menjadi salah satu penyebab kemacetan menurut saya. Dan juga masih kurangnya kesadaran sebagian masyarakat tentang apa saja yg bisa dilakukan untuk mengurangi kemacetan. Tanpa dibayar oleh pihak mana pun kurang lebih begitu menurut saya.

  55. Hahaha. Go**k itu kayak money laundry , sy mantan driver go*** eh br 5 hari kerja suspend permanen. Diselidiki ternyata 1 akun boleh 1 x order, WTF aturan macam mana? Ok lah perusahann die, yg ga tahan duit kerja keriget2 ampe sempak diembat juga. Kalo dia bagus knp hrs buka low terus? Hahaha perusahaann gasehat. Sekrg sy br 1 mgu di uber driver, walopun hasil blm kelihatan tp SOP perusahaan bagus n teruji. Seandainya ads lawyer bagus bisa dituntut tuh go***. Masa duit raib gitu ajeh. Hahaha.

  56. S A M P A H

Tinggalkan Balasan