Harmoni SCTV : Adikarya Sang Maha Diva Titiek Puspa

Jumat, 13 Januari 2012 yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk bisa menyaksikan kembali acara musik bulanan milik stasiun televisi SCTV, Harmoni SCTV secara live. Bulan ini, Harmoni SCTV menyajikan lagu-lagu milik penyanyi legendaris, Titiek Puspa.

Kurang lebih, 10 musisi muda berbakat Indonesia turut andil dalam acara ini. Antara lain; Shady Shandoro, Raisa, Be3, Rossa, Gabriel, Momo “Geisha”, David “NAIF”, Judika dan Nidji. Semuanya menyuguhkan aksi panggung yang membuat para penonton tak henti-hentinya memberikan tepuk tangan yang meriah untuk mereka semua. Untuk kesempatan kali ini, Erwin Gutawa dan Orchestra dipercayai untuk mengiringi para musisi membawakan lagu-lagu milik Titiek Puspa.

Setelah menunggu hampir 1 jam, acara yang dipandu 2 MC kondang, yaitu; Darius Sinatrya dan Yuanita Christiani, akhirnya dimulai. Walaupun di undangan tertulis acara dimulai pukul 19.00 WIB, nyatanya, acara baru dimulai pada pukul 20.15 WIB.

Gila, dari 2010 saya menjadi penonton setianya, setiap datang untuk menyaksikan live selalu saja ngaret. Ugh. Mana lagi, untuk tahun ini yang mendapatkan tiket VIP masuknya dari pintu yang ada di dalam Plaza Semanggi, tidak diluar seperti biasanya. Dan, tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Yah, walaupun begitu, saya masih antusias untuk menyaksikannya. Apalagi selama 2011, Harmoni SCTV tidak se-dahsyat di 2010 yang tiap bulannya selalu memukau dengan aransemen tangan dinginnya Andi Rianto. Yang mana, di 2010 semua bintang tamu yang mengisi tiap bulannya adalah penyanyi-penyanyi yang menurut saya pribadi memang pantas berada di atas panggung Harmoni SCTV. Tidak seperi di 2011, dari 12 bulan tampil, hanya 3 bulan yang menurut saya oke.

…oOoO…

1. Shandy Shandoro

Shandy Shandoro

Sebagai pembuka, Shandy Shandoro membawakan lagu “Marilah Kemari”. Dengan ciri khas suaranya yang agak berat dan bernuansa jazz, Shandy Shandoro berhasil memanaskan suasana di Balai Sarbini. Walaupun di beberapa part sempat lupa lirik, Shandy Shandoro tetap tampil memukau.

2. Raisa

Raisa

Nah, ini dia yang saya tunggu-tunggu, Raisa. Penyanyi pendatang baru yang terkenal dengan lagu Terjebak Nostalgia ini, dipercayai membawakan lagu “Sayang”. Suara merdu dan tampak cantik dengan gaun warna ungu nya itu, Raisa cukup memukau mata ini. Saya sendiri kagum sama penampilannya malam itu. Ngga percuma saya menunggu lama hanya untuk menyaksikan penampilannya. Ooo Raisa, you look so amazing ..

3. Be3

Trio Be3

Trio yang beranggotakan Nola, Widi dan Chintya Lamusu, malam itu tampil membawakan tembang milik Titiek Puspa yang berjudul “Jatuh Cinta”. Dengan aransemen yang cukup nge-beat , tidak membuat suara mereka kedodoran. Malah, malam itu mereka sungguh luar biasa. Tak ketinggalan, mereka menambahkan koreografi a la 80an yang membuat mereka tampak sangat energik. Goukeilll..

4. Rossa & Gabriel

Rossa dan Gabriel

Ooo, cowok yang tampil di Drama Musikal Laskar Pelangi itu, Gabriel namanya. Ya ya ya ya . Bertemankan Rossa, Gabriel melantunkan “Simfoni” dengan sangat syahdu. Suaranya, sih, ngga usah diragukan lagi. Pantas kalau dia bermain di drama musikal sekelas Laskar Pelangi. Sayangnya, kaku.

Rossa

Setelah berduet dengan Gabriel, di lagu selanjutnya Rossa membawakan lagu “Bing”. Lagu yang Titiek Puspa ciptakan untuk sahabatnya, Bing Slamet, berhasil dibawakan oleh diva asal Sumedang yang bertubuh mungil ini. Adi Bing Slamet yang datang malam hari itu, pun, memberikan standing applause untuk Rossa.

5. Momo “Geisha”

Momo “Geisha”

Vokalis cewek yang tergabung di band Geisha ini, membawakan tembang fenomenal milik sang Maha Diva yang berjudul “Kupu-Kupu Malam”. Apa karena dia adalah vokalis Geisha lantas dia dipercayai membawakan lagu ini? Entahlah, ini hanya perkiraan saya saja. Yang jelas, dengan gaun itu Momo tampak cantik seperti kupu-kupu tanpa ada embel-embel malam dibelakangnya.

6. David Naif

David “NAIF”

Nah, ini ni biangnya. Kalau ditanya siapa yang malam itu tampil paling juara, David “NAIF”, jawabnya. Membawakan lagu “Apa-Apanya Dong”, vokalis band satu ini tampil jor-jor-an. Satu-satunya pengisi acara yang turun dari atas panggung untuk mengajak nyanyi seluruh pengisi Balai Sarbini.

7. Judika

Judika

Runner-up Indonesian Idol II ini, malam itu membawakan salah satu tembang yang berjudul “Sendiri” . Saya lupa apakah malam itu di teriak-teriak seperti biasa atau tidak, soalnya saya kebelit pipis karena kedinginan. Jadinya, pas dia baru muncul, saya ngibrit ke WC. Hehe ..

8. Nidji

Nidji

Band yang ber-vokalis-kan Giring ini, didaulat untuk membawakan “Dansa Yok Dansa”. Ngga tau kenapa, saya sendiri tidak bisa menikmati lagu ini. Saya lebih menikmati waktu seorang Choky Sitohang membawakannya kerap kali closing di acara yang dipandu oleh dirinya. Beneran, deh, ada yang hilang dari lagu ini ketika Nidji yang membawakannya.

9. Kolaborasi Pengisi Acara

Be3 ft Raisa
Giring, Shandy Shandoro, Judika, David

Setelah sebelumnya tampil sendiri-sendiri, trio maupun band, di penghujung acara seluruh pengisi acara melakukan kolaborasi. Be3 ft Raisa dengan lagu “Hidupku Ku Untuk Cinta” dan ada juga Nidji, Shandy Shandoro, Judika dan David yang membawakan “Bimbi”

Sumpahlah inyong, kolaborasi Nidji dkk emang TOP martengtop. Di situ bukan hanya mereka yang unjuk kebolehan, Erwin Gutawa, pun, menunjukan kebolehannya dengan meng-aransemen lagu Bimbi ini dengan sangat ciamik. Bener-bener keren. 4 jempol untuk kolaborasi ini.

Kurang afdol rasanya kalau sang empunya lagu tak turut tampil. Sebagai penutup acara pada malam hari itu, dengan mengenakan gaun berwarna kuning Titiek Puspa membawakan lagu yang ia ciptakan sebelum ia berumur 70 tahun. Lagunya berjudul Terimakasih Tuhan. Menurutnya, lagu ini ia dedikasikan untuk Tuhan yang telah memberikan ia umur hingga usia 70 tahun ini.

Titiek Puspa

Secara keseluruhan, Harmoni SCTV bulan ini menurut saya mengobati rasa kecewa sama beberapa episode Harmoni SCTV di tahun 2011. Sorry.. Ini pendapat saya sebagai penonton setia.

Dulu saya mengira, Harmoni SCTV tanpa Andi Rianto bagaikan sayur tanpa garam, hambar. Tapi, setelah 2kali menyaksikan Erwin Gutawa di Harmoni SCTV, pantas rasanya kalau “jabatan” Andi Rianto diturunkan ke Erwin Gutawa.

Saya bersama Erwin Gutawa
Me

Maaf kalau yang terakhir agak mengganggu. Kurang lengkap rasanya kalau tidak ada fotonya saya di dalamnya 😛

Oia, Harmoni SCTV sendiri on air pada hari Minggu 22 Januari 2012 pada pukul 22.30 WIB hanya di SCTV (*yaialah.. Ga mungkin juga di RCTI)

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

30 comments

  1. Wow, artis lagi nonton para artis..
    Kapan-kapan mbok ya ngajak saya gitu.. 🙂

    1. Saya ini artis apa toh, mas mas ?
      Kemarin itu ada niatan mengajak, tapi sisa tiketnya hanya 1. Next time ya, Mas Gie 😀

  2. Judika ini seperti sudah jadi penyanyi tetapnya Harmony yah Dit.. hehehehehe

    1. Sepertinya gitu. Soalnya sudah beberapa kali dia tampil di Harmoni

  3. mbok ya ajakajak gitu lho Dit kalau mau nonton
    eh eh eh btw itu fotofotonya siapa yg ambil? hasil jepretan dirimu?

    1. Iya. Kenapa? Jelek, ya? Hehehe .. Maklum, bukan dari kamera SLR.

      Kapan2 ya, Tis, kalau dapat tiketnya banyak. Selama ini dapat ga lebih dari 3

      1. eh serius ga pake SLR? justru bagus!

        1. Gimana mau make, punyanya aja enggak saya. Alhamdulillah kalau dibilang bagus (smile)

  4. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa…

  5. nice 🙂
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

  6. Foto bareng dengan ayahnya “Gita Gutawa”.
    #Wah, hebat..hebat..
    LANJUTKAN kata pak SBY. 😀

  7. Wah nimbrung disitu juga ya, Dit? Asik bener yak.
    itu PDKT dengan calon mertua bukan? 😀

  8. nggak bisa nonton acaranya lewat TV

  9. derita anak kost… gak ada tipi 🙁
    btw, salam ke mbak gita gutawa ya 😆

    1. Streaming dong streaming. Hehehe .. Entar kalau ketemu lagi saya sampaikan #yakali

  10. kalo sama Erwin Gutawa bolehlah. tapi kalo waktu masih sama orkestra gak jelas selepas Andi Rianto itu, doh, males banget =))

    1. Benar sekali Pakde. Yang lain jelek. Cuma Andi Rianto dan Erwin Gutawa lah yang keren

  11. saya aja sering kelupaan pas jam tayangnya harmoni Dita.. ee kamu kok malah bela2in nonton secara live.. keren, bener2 pens harmoni dah.. 😀

    1. Dita??? Whatssss!?!!? Ditooooo ! *sorry emosi* hehehe..
      Yah, habisnya saya suka musik dan acara musik di Indonesia ga ada yang se-prepare Harmoni. Ga tiap bulan.. Tergantung siapa bintang tamu dan arangernya

  12. hihihihi, jadi iri aq dit.
    kamu tiapa bulan ngikuti ta? wow keren. kapan2 ajak aq nontonlah 😉

    1. Ngga tiap bulan juga lah, Ade. Tergantung siapa yang jadi aranger nya.
      Pulang dulu ke Indonesia

  13. Cieee cieee Adit ke sorot kamera kah? 🙂

  14. aku terlewat ngga nonton acara ini di sctv, bukannya dulu acara ini tiap minggu malam yah, kok tiba tiba jadi jum at malam?

    1. Masih ada kok, mas. Tiap minggu malam di tiap bulannya. Itu on air-nya. Kalau Jumat Malam itu LIVE nya dari Sarbini 🙂

  15. Kalo deket, saya juga pengen nonton 😀
    Itu nontonnya sistem undangan / invite atau beli tiket? Jadi orang umum bebas nonton gitu 😀
    Keren ya artis2nya 😀

    1. Undangan Zip. Tapi ya percuma, sih, toh masuk aja undangannya ga disuruh untuk ditunjukan. Sudah 4 kali pertunjukan seperti itu

Tinggalkan Balasan