Hadir Ke Peluncuran Gerakan Indonesia Berkibar

Masih di hari yang sama dimana #Opsem28 dilaksanakan. Hari itu, selepas mengikuti bersih-besih seputaran Bundaran HI bersama prajurit operasi semut, saya tidak serta merta pulang ke rumah. Tapi, menunggu waktu untuk dapat hadir ke peluncuran “Gerakan Indonesia Berkibar”.

Pukul 14 lebih 40 menit, saya sudah menginjakkan kaki di Gedung Arsip Nasional yang terletak di jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Menurut undangan yang saya terima, acara dimulai pukul 15:00 WIB. Dan, ternyata yang tertera di undangan tidak melesat sama sekali, tepat pada waktunya.

Acara peluncuran Gerakan Indonesia Berkibar dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Republik Indonesia, Indonesia Raya. Segenap tamu yang berada di ruangan itu, diminta untuk berdiri dan menyanyikan lagu tersebut secara bersama-sama diiringin dengan suara merdu anak-anak paduan suara Bina Vocalia.

Paduan Suara Bina Vocalia

Selesai itu, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari sang Ketua Umum Komite Gerakan Indonesia Berkibar, Mas Shafiq Pontoh.

Selain menjabat sebagai Ketua Umum Komite Gerakan Indonesia Berkibar, Mas Shafiq Pontoh juga merupakan salah satu juri dari Gerakan #BeraniMengubah nya Coca Cola.

Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwasanya Gerakan Indonesia Berkibar sendiri adalah sebuah gerakan yang mengusung kerjasama Pemerintah Swasta, BUMN, Media serta Komunitas untuk sama-sama membantu dan turut peduli akan perbaikan kualitas pendidikan, khususnya pendidikan di Indonesia ini.

Shafiq Pontoh

Seperti yang kita ketahui bersama, pendidikan Indonesia masih perlu perhatian khusus kita dan juga pemerintah. Banyak anak-anak di luar sana, yang mempunyai tekat serta niat untuk bersekolah, tapi terhalang yang namanya biaya.

Lebih lanjut beliau mengatakan, “sesuai dengan Hari istimewa dimana hari diluncurkan Gerakan Indonesia Berkibar ini, sejalan dengan semangat hari Sumpah Pemuda. Melalui pendidikan, kami ingin mewujudkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang cerdas”.

Buku Program

Oia, di peluncuran Gerakan Indonesia Berkibar ini juga hadir Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh. Dan juga, Wakil Menteri Agama Prof. Nazaruddin Umar MA.

Selesai Mas Shafiq Pontoh memberikan kata sambutannya, selanjutnya giliran Bapak M. Nuh memberikan kata sambutan.

Yang saya ingat dari kata-kata sambutannya beliau adalah, Pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan sangat mendukung dengan tercetusnya Gerakan Indonesia Berkibar ini. M. Nuh juga mengungkapkan, kalau Pemerintah tidak dapat berjalan sendiri untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Maka dari pada itu, beliau mengajak segenap lapisan masyarakat demi memenuhi kebutuhan pendidikan yang lebih berkualitas lagi.

Pembacaan Deklarasi

Dalam acara peluncuran Gerakan Indonesia Berkibar hari itu, hadir juga tiga pemuda-pemudi yaitu Iman Usman, Allisa Wahid dan Alexandra Asmasoebrata. Mereka bertiga membacakan isi deklarasi dari Gerakan Indonesia berkibar ini.

Ada pun isinya, sebagai berikut:

Kami Putera-Puteri Indonesia, bertekad untuk memajukan:
  1. Pendidikan yang menciptakan manusia Indonesia yang cerdas dan berakhlak mulia.
  2. Pendidikan yang menyejahterakan bangsa dan negara Indonesia.
  3. Pendidikan yang menyetarakan bagnsa Indonesia di kancah internasional.


Usai kata sambutan dari Mas Shafiq Pontoh & Bapak M. Nuh, serta pembacaan deklarasi Gerakan Indonesia Berkibar, saatnya peresmian dan peluncuran Gerakan Indonesia Berkibar itu sendiri.

Seharusnya –sesuai dengan apa yang tertera di undangan– yang meresmikan Gerakan ini adalah Bapak Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhyono. Tapi, apa daya, karena beliau berhalangan hadir jadinya yang meresmikan adalah Bapak M. Nuh, selaku Mentri Pendidikan dan Kebudayaan.

M. Nuh

Sebelum acara resmi ditutup, ada pembacaan doa yang dipimpin oleh Prof. Nazaruddin Umar MA.

Pukul 15:45 WIB acara pun ditutup dengan foto bersama antara Mas Shafiq Pontoh, Bapak M. Nuh, Bapak Poetra Sampoerna, dan juga beberapa orang perwakilan Komunitas.

Kojakers Beraksi (Indra Yust, Cerita Eka, Putri, Adiitoo)

***

Note:

Ingin mengetahui lebih jelas soal Gerakan Indonesia Berkibar ini? Silahkan cek di http://indonesiaberkibar.org/ . Di website itu, dibahas semua soal gerakan ini.

4040 orang telah mendukung Gerakan Indonesia Berkibar. Kamu ingin menjadi pendukung gerakan ini? Follow twitter nya: @IDBerkibar  . Atau like facebook nya di Fanspage GIB.

 

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

17 comments

  1. tingginya kamu. hehe

  2. saluuttt, ditengah banyaknya gerombolan alay yangg nggak hapal pancasila dan uud 45, masih ada orang yang masih terus mengibarkan semangat nasionalisme… maju terus Indonesia berkibar

  3. Sebelum loncing, Indonesia berkibar sudah roadshow di kota-kota di Indonesia. Aku dateng donk pas di Surabaya.

    BTW kalau nilis laporan gini, kamu bagus banget yak. Komplit 😀

    1. *calonkan Adit jadi reporter newspaper* 😀

      btw, foto yang bulet2 ada tulisannya Aceh-Papua itu apaan yak? kayak tester bedak di mall-mall *dipentung*
      apa bedanya yang kuning & putih?

  4. Ini yang kemarin itu ya. Aku ingin datang tapi entahlah…… badan rasanya lebih pengen leyeh2 di rumah dengan anak… 🙂

  5. Selain folo twiter ama laik fesbuk apalagi yang bisa gw lakukan Dit? *terharu ama semangat gerakan ini*

  6. Aaaaaa potoku yang bajunya lagi gembung koq dipasang -_-

  7. acaranya keren nih… dukung ah….

  8. Adit rajin ya ikut acara2 semacam ini, walau saya tidak di Indonesia jadi tahu deh info2 seputar tanah air :).

  9. Aku udah duking.. tinggal ikutan kontesnya neh >_<

  10. bagus, semakin banyak yg peduli 😀

  11. Semoga Indonesia tambah berkibar ke mukanya dan tambah berjaya..Biar gak dilecehin negara lain terus2 TKI-nya..:)

  12. saya ikut lomba menulis indonesia berkibar luooooo.. hehehehe..

    semoga pendidikan di indonesia semakin jauh lebih baik !! amin..

    salam kenal!!

  13. namanya kreatif banget nih, Indonesia Berkibar.
    Bukan benderanya yang berkibar, tapi negaranya.

    Salam.

  14. terus terang aku masih belum mudeng bener apa itu ID berkibar… mustinya sekali2 harus ikut acara mereka kali ya baru bisa bener2 ngeh… 😐

  15. Sebagai informasi, Gerakan Indonesia Berkibar merupakan sebuah gerakan pendidikan nasional yang dirancang untuk memperbaiki kualitas guru dan sistem pembelajaran di Indonesia secara menyeluruh. Gerakan ini juga bertujuan untuk meratakan akses dan meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengajak pertisipasi dan kontribusi dari korporasi, baik swasta maupun BUMN, media dan komutas untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia.

  16. wah mantap nih mas bro yang satu ini, rajin ikut kegiatan positif yang kaya gini, semangat dan sukses!!! 🙂

    BTW udah lama gak kemari, blognya makin keren aja nih, mantap ^^b

    semoga terus berkarya, lanjutkan!! 😀

Tinggalkan Balasan