Gara-gara KTP Hilang Saya Harus Bermalam di Hutan

Satu minggu yang lalu saya dan tiga orang sahabat berencana menghabiskan libur panjang (long weekend) di Cirebon. Namun batal karena KTP Nida hilang. Ia baru sadar kehilangan KTP saat memesan tiket kereta api di pegipegi.com.

Gara-gara kejadian itu, empat hari kemudian saya harus bermalam di hutan yang ada di dalam Taman Safari Indonesia 2 (TSI 2) Prigen, Jawa Timur, selama empat hari. Tinggal di barak, kamar mandi berada di depan barak dengan toilet jongkok dan kamar mandi tak beratap, tak ada teve, no signal and no wifi, dan mau ke mana-mana jauh banget.

Kehilangan KTP (kartu tanda penduduk) lebih memusingkan dibanding kehilangan pacar. Prosedur pembuatan KTP pengganti KTP hilang tidak sebentar dan cukup rumit. Harus ke kantor polisi dulu, melapor ke RT dan ke RW supaya dapat surat pemberitahuan bahwa kartu identitas hilang, setelah semua berkas lengkap baru mengurus KTP hilang di kantor kecamatan. Nah, untuk warga DKI, pengurusan KTP yang hilang bisa dilakukan di kantor Suku Dinas Kependudukan. Mengetahui hal itu, Nida lemas dan rencana jalan-jalan harus dibatalkan. Semua rencana yang baru disusun malam itu sirna begitu saja.

Asli, Nida teledor banget. Anak gadis macam apa kalau KTP saja tidak diperhatikan? Masa nggak sadar KTP nggak ada di dompet. Ih dasar! Dan ternyata, KTP ia titipkan ke sang kakak dan lupa telah melakukan itu. Pas KTP ketemu, Nida langsung memberitahu di grup dan menanyakan apakah rencana liburan di Cirebon masih mau dilanjutkan atau tidak?

Keesokan paginya, editor mengabarkan, saya harus dinas luar kota selama tujuh hari. Empat hari di Surabaya dan tiga hari di Bali. Estapet. Liputan kali ini tidak mengenai kesehatan sama sekali, melainkan mengenal kehidupan satwa di Taman Safari Indonesia lebih dekat. Kamis di hari pertama long weekend saya pergi ke Surabaya bersama sepuluh wartawan lainnya.

Semua wartawan yang ikut punya pemikiran yang sama, bakal bermalam di hotel. Setidaknya hotel bintang tiga. Nggak bawa handuk, nggak bawa peralatan mandi, dan nggak bawa colokan tambahan. Nggak tahunya, sampai di TSI 2 pukul 11.00 malam, kami dibawa ke sebuah barak yang ada di dalam hutan berdekatan dengan kandang gajah dan banteng.

Inilah wujud barak kami yang terletak di dalam hutan yang ada di Taman Safari Indonesia (TSI) 2 Prigen, Jawa Timur

Semua saling pandang. Semacam tidak percaya bahwa barak yang terdiri dari dua kamar berisi lima tempat tidur tingkat bakal menjadi โ€rumah baruโ€ selama empat hari. Nggak jauh dari Barak ada aula cukup besar yang dijadikan tempat untuk makan dan rapat. Tapi malah kami jadikan tempat tinggal. Bantal dan selimut yang ada di barak kami pindahkan. Habis mau bagaimana lagi, hanya di aula yang colokannya lebih dari satu. Di aula juga kami bisa menonton film dari laptop dicolokan ke proyektor lalu dipantulkan ke dinding berwarna putih. Ya, meski kudu menahan kencing dan pup di tengah malam lantaran mau ke WC harus melewati pepohonan besar dan cukup gelap.

Jalanan yang dilalui wartawan menanjak, menurun, dan berkelok-kelok
Cobain outing di sini deh. Tanpa kehidupan tapi justru menyatukan banyak kepala untuk lebih dekat.

Bisa dibilang ini pengalaman baru buat saya. Coba kalau tragedi KTP hilang tidak terjadi, saya mana mungkin merasakan hal-hal baru semacam ini. Tinggal di pedalaman sama teman-teman baru. Teman-teman yang tidak pernah saya temui sebelumnya di tempat liputan. Ada yang dari kanal pendidikan, gaya hidup, kesehatan, bahkan dari kanal News. Selama empat hari itu saya belajar banyak hal. Dan saya juga belajar bagaimana mengambil foto yang benar dan hasilnya bagus dari wartawan foto.

Kalau tragedi KTP hilang nggak ada, nggak mungkin bisa menikmati libur panjang seasyik ini. Bisa melihat satwa di Taman Safari Indonesia 2 Prigen
Ekspresinya menggemaskan sekali kamu!

KTP hilang dapatnya pengalaman mengasyikkan seperti ini. Blog ini saya update dari Bali. Cerita lainnya saya tulis di lain waktu.

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

14 comments

  1. Kamar mandi nya rame2 ngak ???? hahaha seru dong yaaaaa bisa mandi bareng #Kabur

    1. Rame-rame, Om Cum. Pendek pula. Bisa ngintip yang lagi mandi

  2. seru loh mas bisa tinggal di hutan, kan kesempatan langka ๐Ÿ˜€

    1. Banget. Pengen lagi

  3. Di aula jadinya tidur di mana? Di bangku2nya gitu? Huehehe … Emang ya, skrg colokan kudu wajib ada ๐Ÿ˜€

    1. Di lantai beralaskan karpet, Timooooo. COLOKAN. ITU. MEMANG. WAJIB

  4. mantep tuh, sekalian uji nyali mas

  5. seru banget kayaknya mas. kapan kapan ajakin saya ya…. hihihih

  6. serem banget namanya yaa,
    banteng camp _

    btw kalo takut kencing di wc, mending pake botol aja bang, hihihi

  7. manteppp, serasa menyatu dengan alam. Tapi kalau jomblo tidur di hutan kira kira yang nemenin siapa yah ? haha

Tinggalkan Balasan