Dua Benda Yang Hampir Terlupakan

“Dapatkan CD Original di store-store KFC kesayangan anda..”

Mungkin sekarang, kalimat diataslah yang sering kali kita dengar tatkala para musisi khususnya di Indonesia mempromosikan penjualan album mereka. Jangan kaget kalau misalnya terucap salah satu restoran junkfood pada saat si artis mempromosikannya. Faktanya, sekarang menjual kepingan CD lebih laku di restoran ketimbang di toko-toko  yang semestinya kepingan CD itu diletakkan. Bener, kan?

Tapi, pernahkah di tahun-tahun ini juga kita mendengar para musisi berucap : “Dapatkan segera CD dan Kasetnya di toko kaset kesayangan anda…” ?. Hampir ngga pernah, sepertinya.

Memang, dari tahun ke tahun yang namanya tekhnologi kian canggih, karena kecanggihannya itu, tak jarang benda-benda dulu yang kerap kali kita temukan, hilang dimakan jaman. Yang paling saya rasakan kehilangannya adalah; KASET. Ya, kaset. Benda berbentuk segi empat yang memiliki 2 lubang serta pita berwarna hitam.

Kalaupun ada yang menyimpannya, sudah bisa dipastikan itu bukanlah kepunyaan anak jaman sekarang. Pasalnya, anak sekarang sudah terlanjur mengenal kepingan CD ketimbang Kaset.

Lantas, apakah anak sekarang bisa menjawab apabila disodorkan gambar ini?

Di ambil dari DP BBM seorang teman

Postingan ini ada ketika tanpa sengaja saya melihat gambar diatas dijadikan display picture BBM oleh teman saya. Cukup menggeletik memang. Terlalu banyak kenangan apabila dihadapkan oleh kedua gambar ini.

Hehehe .. Ngga bermaksud sinis sama anak sekarang. Hanya saja, saya sedikit merasa kasihan sama perkembangan mereka.

Oia, adakah diantara narablog yang masih menyimpan rapi barang berbentuk segiempat ini? Kaset siapakah yang masih disimpan?


 

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

30 comments

  1. Hahah iya… Waktu gw jaman SMP masih rajin beli kaset trus dengerinnya pake walkman 😀 Duu di Gramedia Pekanbaru ada satu spot Disc Tara yang jual kaset gitu, tapi skrg sudah gak ada T.T mungkin pengaruh kaset udah gk laku dan juga skrg org bebas mendownload lagu terbaru yaaa

  2. ia sih, malah gw lebih sering download sekarang :hammer, tapi beginilah efek perkembangan zaman, kita gak bisa apa2…

    1. Iya si, gak mungkiri juga lebih hemat mendownload hihihi XD

      1. Ngomong-ngomong download, 4shared udah ga bisa dibuka lagi ya sekarang?

        1. msh bisa koq, yang udh g bs setau gw megaupload…

  3. sebenernya aku nggak begitu kenal dekat sama kaset. cuma temen (kayak digosipin sama artis aja). mungkin karena emang gak hobi koleksi kaset tape. tapi aku inget pernah dibeliin bapakku kaset tape lagu anak2 dan aku seneng sampe salto2. 😆 sekarang mau download pun, situs penampung file udah kena razia sama SOPA. 😕

    1. Lagu anak-anak angkatan kapan? Angkatan Adi Bing Slamet atau Meisyi?

  4. Kalau kaset tape recorder pasangannya pensil

    Tapi kalai kaset video, nggulungnya pakai gagang sendok atau garpu

    Saat itu jarang yg punya penggulung elektrik

  5. Saya masih simpan kaset lagu daerah saya, dan masih sering saya dengarkan. Kalo pensil sampai saat ini masih saya pakai.

  6. Terakhir saya menggunakan kaset, kalau gak salah di akhir 1999 Mas… Tidak terasa kalau waktu yang berlalu dengan cepat ini, juga membawa perkembangan teknologi yang semakin modern. Dan kita lihat nanti, kira-kira media pemutar musik seperti apa lagi pada 10 tahun mendatang? hehe… 🙂

    1. Berarti masih majuan saya. Hahah. Saya terakhir memutar kaset sekitar tahun 2004. Untuk pementasan drama .
      Iya, ya, 10 tahun lagi bakal seperti apa tekhnologi itu

  7. saya terkadang masih menggunakan kaset tape mas. saya merekam materi pembelajaran listening english di kaset tape. kaset itu yang memakai sekolah.

    katanya kalau dengan kaset. bila listrik mati ketika materi diputar, maka ketika listrik hidup maka materi akan otomatis diputar tepat dimana tadi terhendi

    kalau pakai cd otomatis akan dimulai dari awal lagi

    1. Wah, Mas Jar sama seperti kakek saya. Kakek juga demikian. Banyak doa-doa dan hafalan bahasa inggris yang dia rekam ke dalam kaset. Masih bertahan sampe sekarang. Tante saya juga, untuk ngajar aerobic

  8. seiring jaman yg terus berkembang sehingga barang-barang jadul jadi terlupakan ya gan … 🙂
    salam kenal …

  9. Aku masih punya byk koleksi kaset di Jakarta, tp klo mau di angkut ke tempat tinggalku skrng hmm mesti lihat dulu ke toko elektronik apakah ada pemutar segiempat tsb 😀

  10. jamannya berbeda mas, dan memang harus terus maju, soal sejarah biarlah menjadi sejarah, toh semakin ke sini 2 benda itu semakin sulit digunakan. 🙂 terutama kaset tapenya, kalau pensilnya sih masih bisa. 🙂

    1. Gimana dengan elektronik tahun-tahun yang akan datang, ya? Ga kebayang, deh.

  11. wah sekarang kalau para musisi nyuruh penggemarnya dapatkan di toko kaset di sekitar anda … para penggemar pada nggak tahu mesti beli kemana , lawong tokonya pada tutup ..heheheh

    1. Hahaha .. Beberapa toko dengan nama besar memang sudah pada tutup, sih.

  12. Di kampung sih masih ada, Mas.
    Kaset Linkin Park, Lighthouse Family, dan beberapa kaset lainnya..

    1. Waktu saya main ke Tebing, Medan, Sumatera Utara, yang notaben nya sudah masuk kawasan kampung, tidak sedikit yang sudah beralih ke CD dan ekejtroni-elektronik sekarang, Mas 🙂
      Mungkin postingan ini lebih menekankan ke anak-anak kota kali, ya, yang hidupnya sudah asik sama yang wah wah .. 😀

  13. weiss, meskipun dirumah tape nya udah rusak tapi kasetnya masih tersimpan dengan bagus dan rapi.. kaset miliknya Celine Dion, Ari Lasso, Letto, trus beberapa kasih Nasyid.. tapi kalo sekarang mah pilihannya cuma 2 dit, kalo gk denger musik lewat hp, ya lewat laptop/pc.. 😀

  14. Saya!

    Masih ada 1 tas. Dan sekarangpun beberapa koleksi masih saya perdengarkan dengan indah di mobil butut saya yang masih menggunakan kaset 🙂

    Oh masa lalu begitu indah hahaha..

    Koleksinya? Hmm beragam. Mulai Tip Ex, Blink, Pas Band, Collective Soul, Linkin Park, Kylie Minogue hingga Maroon 5. Banyak hehe.. bahkan kaset dangdut dan india bokap dan kaset sunda adek saya masih ada rapi..

    berenti beli kaset? Sekitar 5 tahun lalu ya kalau ga salah..

    1. Tipe-X? Buahaha … Itu jaman saya SMP, Mas. Sempet koleksi itu juga. Sama kasetnya Dewa, So7 dan Peterpan 🙂

  15. hahaha dan saya tau persis hubungan kedua benda tersebut ! xixixixi.. keren ni post!

  16. haha yang terjadi sebetulnya adalah yang praktis yang dipilih.

    dulu kita make kaset sama pensil buat benerin gulungan yang keluar-keluar.

    sekarang, kita pake CD sama tissue buat bersihin,

    nanti akan ada apalagi ya?

Tinggalkan Balasan