Drama Hari kamis

Kamis menjadi hari paling menyebalkan buat saya. Bagaimana tidak, dua hal penting dalam hidup saya mengalami gangguan, transportasi dan komunikasi.

Bagi pengguna commuterline, terutama Serpong – Tanah Abang, pasti dibikin gondok pas hari itu. CL yang biasa saya naiki pukul 7:45 WIB, tiba-tiba harus bergeser menjadi pukul 08:15 WIB, ditambah `ngetem` selama hampir 10 menit di tiap stasiunnya karena harus antre.

Pun dengan pengguna Indosat, yang dibuat gondok hari itu, karena jaringannya error super parah. Saya sendiri tidak ngeuh, kalau sejak pukul 01:25 WIB Indosat mengalami masalah. Maklum, jam-jam segitu saya sudah tepar. Saya baru ngeuh pas paginya, ketika saya gagal mengirimkan BBM ke teman dan email ke kantor.

Ketika saya lemparkan masalah ini ke Twitter, tiba-tiba saja Mas Aad memberitahu kalau Indosat memang mengalami masalah berupa eror internasional. Karena tahu eror, begitu sampai ke lokasi liputan, yang saya cari pertama kali adalah WiFi di hotel tersebut. Lumayanlah, BBM bejibun dan email yang pending terkirimkan dengan selamat.

Kalau saya tidak salah ingat, eror yang saya alami berakhir pada pukul 11:00 WIB. Ya, walaupun masih angot-angotan. Yang jelas, sekitar pukul 15:00 WIB, saya sudah bisa BBM-an dengan lancar.

Malam harinya, saya coba mencari tahu apa penyebabnya. Melalui situs resminya, diketahui kalau eror yang melanda Indosat karena masalah pada sistem jaringan secara nasional. Karena gangguan tersebut, dua dampat utama pun terjadinya yang mengakibatkan error pada IP Router Table ke jaringan internasional, sehingga menyebabkan benturan IP Address. Namun, masalah ini sudah terselesaikan pada pukul 03:45 hari itu juga.

Busyet, gangguan yang dialami Indosat mengingatkan saya pada pelajaran jaringan yang saya dapatkan ketika kuliah dulu. Gile, menjelimet.

Lalu, masalah kedua terdapat pada layanan sistem jaringan nasional, baik seluler maupun korporasi yang berakibat pada gangguan komunikasi. Namun, masalah itu pun cepat terselesaikan.

Lagian, menurut saya, hal seperti wajar terjadi. Apalagi ini menimpa provider besar sekelas Indosat ya, bok! Tapi, yasudahlah yah, masalahnya juga sudah besar.

Masih dari situs resminya, Indosat juga menjelaskan bahwa jika ada pelanggan yang masih mengeluhkan akan layanan Indosat tersebut, dapat menghubungi 111 (Matrix) atau 100 (Mentari dan IM3). Bagi para pekicau, dapat juga bertanya langsung ke @indosatcare atau mengirimkan email ke customer_service @indosat.com

Yah, erornya Indosat menjadi pembelajaran buat saya, untuk mengaktifkan email di ponsel lainnya dengan provider yang berbeda. Tapi, tetap saja genggeus enggak sih, email sama di dua ponsel berbeda. Au, ah! Terpenting, masalah yang menyangkut erornya Indosat sudah kelar, komunikasi berjalan normal. Pokoknya, #TetapIndosat -lah!

Kalau eror lagi, kirim-kirim makanan atau bonus pulsa ya, Indosat. *kecup*

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

8 comments

  1. Jangan drama lagi, please!

    1. sekarang udah gak pake drama lagi dooong.. udah lancar djayaaa.. :))

  2. Kalau jaringan lagi drop, pasti pusing ya Dit.
    Mudah-mudahan telco di Indonesia ini aman-aman semua demi untuk bangsa…. #TetapIndosat

    1. Bukan pusing lagi, kak. Stres.

      Lah, wong temanku sampe ngambek ke pacarnya, karena susah dihubungin. Tapi, setelah aku bilang Indosat memang lagi error, dan tak akan lama errornya, barulah dia senang.

  3. Untung ya kak bisa cepet teratasi.. soalnya gak mungkin aku ganti kartu, nomornya udah cantik :’)

    1. Nomormu yang itu kan? Iya, kalau dijual mahal itu. Jangan ganti.

  4. Saya belum punya nomor hapemu lho bro… 😀

Tinggalkan Balasan