Cyber Crime

Untuk sebagian orang mungkin udah ga asing lagi dengan kata Cyber Crime atau biasa dikenal dengan Kejahatan Dunia Maya.
Lantas arti dari Cyber Crime itu sendiri udah pada tau belum??
Menurut dasar pemikiran saya (allah, apaan sih bahasa gw!) Cyber Crime itu adalah tindakan yang sangat tidak terpuji yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain dengan media internet. Kerap kali yang terjadi pada kita adalah, kebobolnya email , friendster, facebook atau yang lagi IN saat ini twitter kita.
Apakah nge-hack account pribadi milik kita termasuk suatu Cyber Crime ?? ( Tolong saran ya kalo misalnya penulisan ini agak menyimpang. HHE )
Kalo dipikir-pikir salah satu faktor kenapa account pribadi milik kita bisa di gunakan oleh orang lain atau kata kasarnya di isengin adalah karena kita sering kali lupa me-logout . Ini pembelajaran buat kita supaya tidak teledor terhadap segala sesuatu.
Walau banyak yang bilang sebagian Cyber Crime ini ada yang tidak menimbulkan kerugian, kalo enurut hemat saya, yang namanya Kejahat seperti ini tetep saja sangat sangat merugikan banyak pihak. Kalo di facebook yang sangat merugikan adalah apabila status kita sudah diobrak-abrik sama orang yang tidak bertanggung jawab. Kalo statusnya “Ihh, gw ganteng banget..” atau ” Sumpah gw laperr..” itu masih bisa ditolelir, tapii kalo statusnya udah kearah-arah prostitusi dan menjurus menjual diri dengan mencantumkan no ponsel dll itu sih berabeh namanya.
Contoh yang lain adalah adanya Virus-Virus yang bisa membuat komputer kita nge-hange. Ini sering kita dapetin apabila kita ngecek inbox via email. Kasus seperti ini sering terjadi, setiap ada yang masuk ke email kita, kita sesuka hati mengunduh isi file yang belom tentu itu isinya file . Paling ngenes banget kalo udah di klik dan kita unduh tau-tau ada kalimat ” Selamat, Komputer anda sedang diserang VIRUS” . Adalagi niy, yang kemaren baru saja menggegerkan Perbankan Indonesia, kejahatan via Anjungan Tunai Mandiri.

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

Tinggalkan Balasan