Ciri – Ciri Profesionalisme

Sebagai mahasiswa yang berkcimpung di dunia IT, ada baiknya kalo kita mengenal terlebih dahulu Ciri‐ciri profesionalisme di bidang IT :

Sebelumnya minta maaf niy, masalahnya saya searching di Google semuanya berasal dari 1 Universitas yang sama. Sesuai kode etik, apabila kita menyisipkan pendapat orang lain, ada baiknya kalo nara sumber dicantumkan. Baiklah, akan saya cantumkan.

Menurut sumber :

  • Profesional senang menyelami sebuah proses, sedangkan amatiran gemar menghindari sebuah proses
  • Profesional selalu fokus dan berkepala dingin
  • Profesional senang menghadap orang lain
  • Profesional adalah orang yang tahan banting hingga tujuan tercapai
  • Memiliki sikap orientasi ke depan sehingga mampu mengantisipasi segala hal yang mungkin terjadi dalam mengikuti perkembangan dunia IT

Setelah kita paham akan Profesionalisme nya, kita juga harus tahu Kode Etik Profesi. Adapun Kode Etik Profesi ialah

•) Dalam ruang lingkup TI, sebagai seorang profesional kita mempunyai tanggung jawab untuk menerapkan etika profesi teknologi informasi yang memuat kajian ilmiah mengenai prinsip atau norma-norma dalam kaitannya dengan hubungan antara professional atau developer TI dengan klien, antara para professional sendiri, dan antara organisasi profesi serta organisasi profesi dengan pemerintah. Salah satu bentuk hubungan seorang professional dengan klien (pengguna jasa) misalnya dalam pembuatan sebuah program aplikasi.

•) Dalam pembuatan program, seorang profesional tidak dapat membuat program sesuai kehendaknya, tapi ada beberapa hal/etika/aturan yang harus diperhatikan dari mulai awal pembuatan program sampai program tersebut selesai. Dia harus bisa mempertimbangkan dan memperhatikan untuk apa program tersebut dibuat sesuai kebutuhan kliennya.

•) Seorang profesional harus mampu berfikir bagaimana menerapkan dan membuat keamanan (security) pada sistem kerja program aplikasi yang dibuatnya agar terproteksi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat mengacaukan sistem seperti : hacker, cracker, dan sebagainya.

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

Tinggalkan Balasan