Buka Puasa Bareng 1.000 Anak Yatim Piatu, Senang dan Haru Jadi Satu

Tidak ingat kapan terakhir kali saya berbagi keceriaan dengan anak-anak kurang beruntung. Entah itu anak yatim piatu, anak terlantar, maupun anak dengan orangtua lengkap tapi hidupnya memperihatinkan.

Terlebih sudah beberapa tahun ini saya sudah dikantorkan, dan jarang disuruh liputan ke panti-panti.

Oleh sebab itu, begitu diajak buka puasa bareng 1.000 anak yatim yang digagas PT Adaro Energy Tbk, saya langsung mengiyakan. Saya pun bilang ke tim, kalau Jumat, 17 Mei 2019, saya mau ambil day off mingguan.

Jumat, 17 Mei 2019.

Seribu orang anak yatim dari sejumlah panti di Jakarta sudah memenuhi Ballroom Kuningan City, Jakarta Selaan sejak pukul 15.00 WIB. Sementara saya, baru sampai di lokasi sekitar pukul 16.30 WIB.

Bukber Adaro Bersama 1.000 Anak Yatim Piatu
Keseruan Anak-Anak pada Bukber Adaro, Jumat, 17 Mei 2019.

Saat saya masuk ke dalam ruangan besar beralaskan karpet tebal dan sajadah yang empuk di lantai 7 mal tersebut, terlihat sepuluh orang anak berada di depan untuk mengikuti gim. Belum ada lima menit meluruskan kaki, saya diajak keluar sebentar untuk bertemu dengan seseorang.

Rupanya orang tersebut adalah Garibaldi Thohir, sang Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk yang akrab dipanggil Boy Thohir.

Saya mula-mula mengira kalau pertemuan dengan orang besar sekelas Boy Thohir akan berlangsung kaku. Ternyata, itu hanya perasaan saya saja.

Pria yang hari itu mengenakan kemeja berwarna biru dan celana bahan hitam, duduk persis di depan saya dan tak sungkan menyapa orang-orang yang berada di ruangan itu.

Cerita Boy Thohir Soal Masa Kecilnya

Boy bercerita banyak pada kesempatan itu. Mula-mula dia menceritakan masa kecilnya yang dihabiskan di Tebet, Jakarta Selatan. Rumah semasa kecilnya berada di depan PSPT. Boy kecil, suka sekali bermain sepatu roda, main ke pasar untuk menjual biji karet. Dan, di saat Ramadan seperti ini, tak pernah absen melaksanakan tarawih bersama ayah tercinta di sebuah masjid dekat SMA 73.

Sosok yang Mengagas Buka Puasa Bersama 1.000 Anak Yatim Piatu Setiap Tahunnya. Ini Tahun ke-9 Bagi Adaro Mengadakan Acara yang Sama

Setelah itu, pria penyuka burung belibis goreng yang digoreng di dalam minyak amat hitam, menceritakan latar belakang PT Adaro Energy Tbk mengadakan buka puasa bareng 1.000 anak yatim sejak 2010. Sudah sembilan tahun, dia dan seluruh karyawan di perusahaan itu memperoleh banyak doa dan berkah dari anak-anak yang disebutnya ‘Tamu Agung’.

Boy, mengatakan, buka puasa bareng 1.000 anak yatim piatu merupakan refleksi bagi dirinya untuk terus ingat bahwa setiap rezeki yang dia peroleh ada hak anak yatim dan kaum fakir miskin di dalamnya. Sehingga berbagi menjadi kewajiban.

Sehat Terus, Adik Kecil

Yang saya tahu, dari tahun ke tahun bukber Adaro tidak pernah gagal membahagiakan para tamu agungnya. Selain makanan yang disajikan adalah kesukaan anak-anak itu, pengisi acaranya pun, kata Boy, harus yang anak-anak itu tahu.

Mungkin buat kita, makanan seperti Burger King, KFC, dan sejenisnya sangatlah membosankan. Sebab, di hari-hari biasa pun dengan mudah mendapatkannya. Namun, tidak bagi mereka.

Justru makanan kayak begitulah yang mereka nanti-nantikan selama ini.

Anak Yatim Piatu
Mereka yang Sudah Tak Sabar untuk Segera Berbuka dan Nyanyi Bersama Rizky Febian

Hal itu pun sangat saya rasakan ketika bertanya ke seorang anak yang sedang asyik menikmati seporsi burger yang dibagikan. Malam itu, yang dibagikan ke mereka sekotak makanan dari Burger King berisikan daging ayam, nasi, dan burger.

“Kok tidak dihabiskan?,” tanya saya pada seorang anak. “Bukan dimakan lagi di panti,” jawabnya.

“Nantikan akan dibagikan agi untuk dibawa pulang,” kataku. “Nggak papa, yang itu buat sahur,” sahutnya. Ya, sebahagia itu mereka mendapatkan makanan kesukaannya. Mereka tak ingin makanan tersebut cepat habisnya.

Rizky Febian, Pengisi Acara Bukber Adaro

Buka puasa tahun ini, yang temanya Berbagi Kebahagiaan Ramadhan, pengisi acaranya adalah Rizky Fabian. Tahun-tahun sebelumnya, yang ‘bertugas’ menghibur anak-anak itu sekelas Coboy Junior dan JKT48.

Anak-anak itu benar-benar sudah tak sabar untuk sing a long menyayikan lagu-lagunya putra kesayangan komedian Sule itu.

Ini Momen Menyenangkan Buat Saya, Saat Boy Thohir Tak Membiarkan Anak-Anak Itu Terlalu Lama Menunggu Bintang Utamanya Bernyanyi

“Sudah pada lapar belum?,” tanya Boy Thohir ke para tamu agungnya sebelum mengakhiri kata sambutannya.

“Anak-anak suka K-Pop?,” tanyanya lagi. Mereka pun serentak menjawab,”Tidakkkkkkkk!.”. Begitu Boy bilang,”Kalau Rizky Febian?”, jawabannya adalah,”Sukaaaaaaa!.”. Mendengar respons dari ribuan anak-anak lugu dan lucu itu, Boy pun langsung menyudahi sambutannya.

Terbukti, diajak sing a long lagu Kesempurnaan Cinta, semuanya menyanggupi. Padahal, yang mengajak bernyanyi adalah si pembawa acara. Begitu bintang utamanya muncul, tanpa diberikan aba-aba semuanya langsung maju.

Tahun Ini Rizky Febian yang Jadi Pengisi Acara di Buka Puasa Bersama Adaro dan 1.000 Anak Yatim Piatu

Tahu responsnya Rizky? Dia sendiri tak menyangka bahwa anak-anak yang memenuhi Ballroom Kuningan City hari itu hapal lagu-lagunya.

“Saya pikir kalian tidak ada yang tahu lagu saya,” kata Rizky Febian. Anak-anak itu serentak menjawab,”Tahu semuaaaaaa.”. Terutama anak-anak perempuan. Benar saja, dari lagu pertama sampai lagu terakhir, Rizky Febian memiliki lebih dari seratus orang penyanyi latar.

Kehadiran anak-anak itu, membuat Boy selalu teringat masa kecilnya yang kerap menyalakan petasan dan membuat ‘kegaduhan’ yang bikin sang ibu geleng-geleng kepala. Itu juga yang menjadi alasannya berusaha untuk selalu mengundang 1.000 anak yatim untuk buasa puasa bersama.

Di acara itu juga saya bisa kopdar bareng blogger lawas, yang mungkin saja di antara mereka ada yang nyaris lupa password, yang terakhir kali ketemu sekitar dua tahun yang lalu.

Semoga tahun depan saya masih diajak untuk buka puasa bareng Adaro yang Insyaallah lebih seru lagi.

Terima kasih untuk Mas Bolang dan Kak Ariev Rahman untuk foto-foto bagusnya.

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

1 comment

  1. Loh kemarin katanya lembur abis acara, kok day off? :)))))

    Semoga bisa seru-seruan bareng lagi ya kakkk.

Tinggalkan Balasan