Original
Modified

Manfaatkan Akses Internet Cepat untuk Turunin Berat Badan

Respons positif terus saya terima sejak tulisan mengenai cara menurunkan berat badan versi diri sendiri dipublish dua minggu lalu. Tidak sekadar ucapan selamat dan minta tip dan trik, ada juga yang secara khusus minta tolong ditanyakan bagaimana progres diet mereka setiap satu atau dua minggu sekali. Bahkan, salah seorang junior di kampus dulu, menganjurkan aktifkan skype setiap kali saya latihan. Dengan adanya layanan #4Gplus4all tentu tidak jadi masalah. Cuma saya yang malas. Repot.

Saya senang cukup banyak yang mengapresiasi tulisan tersebut. Namun, respons seperti itu menjadi tanggung jawab sangat besar buat saya. Takut kalau berat badan mereka tidak turun juga, malah jadi ogah-ogahan buat diet. Saya selalu berpesan bahwa metabolisme masing-masing orang berbeda. Juga kadar lemak di tubuh masing-masing.

Semua pertanyaan berusaha saya jawab. Mayoritas pertanyaan klise. “Memangnya harus nge-gym supaya berat badan turun?”, tentu jawabannya adalah tidak. Saya pribadi sering melakukan aktivitas fisik di rumah bermodalkan kuota internet, lalu mengakses YouTube. Terutama para pengguna 4Gplus4all IM3 Ooredoo, sayang sekali jika hanya menggunakan layanan tersebut buat main games.

Layanan yang baru saja diluncurkan pada 1 Desember 2015 ini adalah jawaban untuk kebutuhan Indonesia sebagai banga digital atau #IndonesiaDigitalNation, sekaligus memberi pengalaman internetan lebih cepat.

Inilah kegiatan sederhana saya dengan memanfaatkan layanan tersebut. Tidak banyak yang tahu kalau kegiatan di bawah ini dapat membakar banyak kalori.

1. Jalan kaki

Saya berusaha untuk rajin jalan kaki setiap hari. Maka saat lagi malas atau waktu yang terasa mepet untuk melipir ke tempat fitnes, saya jalan kaki saja. Biasa dari kantor ke stasiun Palmerah. Jaraknya cuma dua kilometer. Terkadang kalau otak lagi benar, bisa tuh jalan kaki sampai Sudirman. Pernah juga jalan kaki sampai Monas. Tapi nggak sering :p

Memang jalan kaki bisa bakar banyak kalori? Jangan salah. Banyak penelitian, termasuk narasumber saya sendiri mengatakan, jalan kaki bisa bakar banyak kalori. Memang tidak sebanyak ketika kita lari atau aerobik yang intens selama 30 menit. Jika jalan kaki dilakukan dengan ritme yang berubah-ubah, lima menit pertama pelan, lima menit berikutnya sedang, lima menit selanjutnya cepat, 100 sampai 150 kalori akan terbakar meski dilakukan hanya 20 menit.

Supaya lebih semangat jalan kakinya, putar beberapa lagu di YouTube. Seperti Sorry milik Justin Bieber, Twerk it Like Miley, dan lagu lain dengan aliran electronic music dance (EDM) yang cocok didengarkan kala melakukan aktivitas ini.

Kecuali kalau jalan kakinya sama teman. Ajak dia ngobrolin apa saja biar jarak terasa dekat.

2. Freeletics

Gerakan aktivitas fisik satu ini memang cukup sederhana, muda, dan tidak memerlukan alat apa pun. Namun, begitu dicoba dan diulang sebanyak tiga set selama satu menit untuk masing-masing gerakan, sekujur tubuh bakal dibanjiri peluh.

Pelanggan layanan 4G bisa meniru gerakan freeletics di YouTube. Cari channel khusus yang membahas olahraga yang dapat dilakukan di mana saja ini. Termasuk di taman atau di pantai. Atau kalian bisa mengunduh aplikasinya di Appstore atau Google Play.

Coba buka video freeletics di bawah ini yang bisa dicoba di rumah.

Kalau saja rutin melakukan freeletics dengan melakukan macam-macam gerakan seperti jumping jack (melompat di tempat), squats jumps, leg lever, sprint, push up, dan sit up serta tidak lupa memperhatikan asupan makanan sehari-hari, dijamin perut buncit akan hilang dalam waktu singkat.

Atau coba intip akun Instagram freeletics Indonesia untuk melihat hasil dari para pelakunya. Di situ juga tertera jadwal mereka latihan. Kalau tidak salah setiap Rabu malam di GBK dan Sabtu pagi Taman Kerinci. Kalau beruntung, bisa ketemu Andien, sang founder.

3. Skipping

Lompat menggunakan tali skipping sebanyak yang kamu bisa, juga dapat membakar banyak kalori. Kalau mau melakukannya, usahakan jangan menyantap makanan yang berat seperti nasi Padang atau Mie Aceh. Sebab akan memberatkan perut kalian saja.

4. Dumble

Selain skipping, saya juga punya dumble seberat 5 kilogram. Supaya nggak bingung sama gerakannya, follow beberapa akun di Instagram yang rutin menggunggah video gerakan-gerakan bermain dumble. Gerakannya bervariasi. Mudah untuk ditiru. Kalau dirasa kurang greget, sontek gerakannya di YouTube . Ketik kata kunci ‘gerakan dumble untuk pemula’ akan muncul banyak video yang bisa dipilih.

Cukup banyak video mengenai gerakan sederhana untuk membakar kalori atau lemak yang dapat kita tiru di rumah dari situs YouTube. Cuma kendala ada pada jaringan yang susah sekali stabil. Bikin kita dongkol. Booooo.. Mau nge-YouTube  aje suseh beneur.. Apalagi mau streaming acara-acara tertentu, nggak yakin, deh!

Beruntunglah pengguna layanan 4Gplus IM3 Ooredoo. Untuk itu pergunakan dengan bijak layanan seperti ini.

Sebagai pengguna IM3 dari zaman masih three-second-an, layanan ini begitu saya nantikan. Apalagi bisa dinikmati saat berada di pedalaman atau daerah-daerah yang kurang terjamah. Dengan kecepatan tinggi dan bandwidth yang besar, kehadiran layanan ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja di kehidupan sehari-hari.

Pelaku diet kayak saya bisa menggunakan layanan ini untuk mencari semua informasi tentang pola diet dan olahraga yang benar. Dan segala sesuatu yang dapat menyokong program diet yang sedang dijalani itu.

Untung saya tipikal orang yang simple. Dengar lagu upbeat saja, kepala dan badan bisa goyang dengan sendirinya. Apalagi kalau gerakan dilakukan dengan benar selama lima belas sampai tiga puluh menit, kalori yang terbakar bisa sampai 50 sampai 100 ccal.

#4Gplus4all IM3 Ooredoo menjawab kebutuhan kita akan internet cepat di jaringan data kuat. #IndonesiaDigitalNation

Selain akses internet yang cepat dan jaringan data yang kuat, alasan lain harus beralih menggunakan layanan 4Gplus4all IM3 Ooredoo adalah harganya yang murah. Meski 4G harganya semurah 3G, vroh! Dapat bonus internetan 10GB dan 10.000 menit menelepon. Untuk mendapatkan semua bonus ini, tekan saja *123*46#.

Dapatkan juga bonus menarik lainnya dari layanan 4Gplus IM3 Ooredoo ini. Bonus sebesar ini, bisa-bisa saya yang gantian menghubungi si Kawan. Berhubung saya anaknya ogah rugi, seringnya dia yang menelepon saya.

Kalian yang belum punya kartu 4G USIM, silah tukarkan kartu lama dengan 4Gplus USIM cuma-cuma di gerai-gerai Indosat Ooredoo terdekat. Ini beneran bukan hoax! Butuh bukti? Cek info lengkap di situs 4Gplus IM3 Ooredoo.

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

26 comments

  1. serba enak ya sekarang, aku pertama kali lihat cara penggunaan kettle bell juga dari internet melalui video

    1. Yoi, Mbak Lidya. Sayang saja sebelum ada 4Gplus jaringannya rada bikin greget. Sekarang serba enak pokoknya

  2. aish baca tulisan Mas Adit nyesel saya nulis yg umum umum ajah padahal eksplorasi 4Gplus banyak banget salah satunya dari yutub itu

    1. 4Gplus harus dieksplor lebih jauh, Mas Ahmed

  3. asik juga nih tipsnya, dit 😀

  4. Saya masih pakai dumble untuk latihan kekuatan otot paska kecelakaan dua tahun yang lalu. Hm, oke, streaming video dulu pakai 4Gplus buat cari gerakan yang pas 🙂

    1. Cepat pulih, Mbak Ria. Banyak kok di Youtube. Selamat mencoba

  5. Saya juga suka download senam di Youtube. Apalagi semenjak kehadiran 4Gplus, download pun semakin kenceng.

    1. Tapi ingat, kalau kuotanya habis jangan IM3 Ooredoonya yang disalahin. Tanpa sadar keasyikan download dan nonton video di Youtube, kuota habis.

  6. Daerah rumahku juga sudah dicover jaringan 4G lho sekarang.
    Kenceeeennnggg..

    1. Rumahku sedikit-sedikitlah. Tapi not badlah, Kak

  7. Ikutan ah, ini garis pinggang semakin tak terkendali.
    Eh tapi,paling susah tuh konsisten olahraga.
    Makasih sharingnya Mas Dito, salam kenal.

    1. Salam kenal, Mbak Ety.

      Sukses ya programnya

  8. Boleh dicoba tuh, program menurunkan berat badannya. Pengen cepet kurus hehehe. #4Gplus emang top markotop

    1. Silahkan dicoba, kak. Semoga berhasiln 🙂

  9. freeletics itu sumpah bikin cape. Apalagi burpees. Tapi keringatannya bercucuran banget. Dan aku udah turun 2 kilo sih. HAhahaha

    1. *tepuk tangan*

      Memang, parah banget gerakan yang satu itu. Ayo dilanjutin lagi, Fan. Demi kurus 2016

  10. hihi kereenn. Emang dengan 4Gplus liat video jadi lancar, asyik banget.

    1. Nah kan sayang kalau nggak dipakai buat cari gerakan yang dapat menguruskan berat badan

  11. horeee dapat tips keren dari kak Adit…kalau jalan kaki memang rutinitas saya sehari-hari kemanapun arahnya pasti jalan kaki selama masih di kawasan Garut :), tinggal menerapkan tips yang satu dari Kak Adit yaitu Freeletics, wajib dicoba dan ternyata gerakannya bisa dicari dari berbagai sumber diantaranya Youtube, sip.. apalagi dengan adanya kuota data yang super besar dengan tarif hemat dari Indosat Ooredoo lebih mendukung cari referensi dan selancar di Youtube seharian..
    terima kasih kak adit info kerennya.. 🙂

    1. Sama-sama, Ipan. Dicoba ya

  12. Waah, bener nih, banyak hal bermanfaat yang lebih mudah kita akses dengan 4Gplus ya, sip.
    Sangat membantu untuk efisiensi anggaran juga ya mas

  13. pas pertama baca judulnya saya kaget, ko bisa internet nurunin berat badan? Eh ternya buat download tutorial olahraga,,

Tinggalkan Balasan