Booking Hotel, Enaknya Melalui Booking Online atau Langsung?

Sejak dulu, booking hotel sudah bisa dilakukan dengan menggunakan layanan telepon langsung ke pihak hotel yang akan diterima oleh resepsionis. Cara konvensional ini sudah mulai banyak ditinggalkan. Tentunya dengan berbagai alasan. Dan sebagian besarnya adalah karena fluktuasi harga yang sangat mengganggu bagi para konsumen.

Kapan terakhir kali kamu melakukan booking hotel melalui sambungan telepon? (Sumber: Situs How Afrika)
Kapan terakhir kali kamu melakukan booking hotel melalui sambungan telepon? (Sumber: Situs How Afrika)

Namun bagi pihak hotel sendiri, fluktuasi harga atau perubahan harga setiap waktu tentu merupakan metode marketing yang menguntungkan. Dikatakan demikian karena, terkadang seorang pelanggan merasa mendapat harga begitu murah setelah sebelumnya menanyakan harga kamar yang sama. Namun kelemahannya, di lain waktu harganya terasa begitu tinggi.

Dan yang paling merepotkan tentu saja kita harus telepon setiap saat hanya untuk sekadar mengecek harga. Misalnya, di pagi hari, kita telpon untuk menanyakan harga, kemudian jika terasa masih terlalu mahal, biasanya kita akan kembali menelpon beberapa jam kemudian. Begitu seterusnya hingga harga kamar yang diinginkan terasa pas dan murah. Selain waktu, pulsa juga banyak yang terpakai. Metode ini tentu saja tidak efektif di samping mahal karena biaya pulsa yang tidak sedikit.

Saya terakhir kali booking hotel lewat telepon satu tahun yang lalu saat mau ke Malang (Sumber: Budget Travel)
Saya terakhir kali booking hotel lewat telepon satu tahun yang lalu saat mau ke Malang (Sumber: Budget Travel)

Alternatifnya, banyak orang akhirnya enggan untuk booking langsung (direct booking) ke resepsionis hotel dan kebanyakan pelanggan saat ini cenderung lebih memilih menggunakan jasa Online Ticket Agen (OTA) dibanding dengan langsung datang ke hotel untuk memesan langsung.

Langsung datang ke hotel untuk memesan kamar, jika sedang beruntung biasanya berlangsung cukup cepat dan murah. Hanya saja, ada banyak kelemahan jika kita melakukan metode tersebut.

Kelemahan yang pertama, pada saat musim liburan, metode ini hampir bisa dipastikan tidak efektif. Apalagi jika kita tidak memiliki backup, apabila jawaban resepsionis hotel “penuh” tentu kita akan kebingungan, bukan? Selain itu, sejak sebelum berangkat, kita pasti akan merasa was-was dan ragu, apakah masih tersedia kamar kosong di hotel atau tidak?

Keuntungan Booking Hotel Melalui Agen Online

Karena begitu banyak kelemahan yang dimiliki apabila kita melakukan booking hotel dengan metode direct booking atau datang langsung ke hotel, maka agen online adalah satu-satunya alternatif yang cerdas. Untungnya, teknologi yang semakin maju dimanfaatkan dengan baik oleh para agen sehingga, untuk mengecek harga kamar kita tidak perlu repot-repot melakukan panggilan telepon.

Hanya cukup dengan mengecek website atau kita juga bisa mengunduh aplikasinya, baik dengan menggunakan smartphone berbasis Android, iOS, atau yang lainnya, kita bisa langsung mengecek harga kamar hotel favorit. Sangat mudah, bukan?

Metode memesan tiket secara online saat ini cukup mudah dan menguntungkan. Tidak hanya Mudah, namun juga cepat dan menyenangkan. Bayangkan, bagi yang pertama kali mendaftar, terlebih dahulu kita harus registrasi secara online. Langkahnya:

  • Memasukkan email kita yang masih aktif.
  • Memasukkan password yang kita inginkan.
  • Verifikasi email.

Hanya dengan 3 langkah tersebut kita sudah resmi bisa booking hotel di manapun di seluruh Indonesia.

Jika ingin memesan, yang perlu kita lakukan hanyalah memilih hotel tujuan sambil mengecek harganya. Jika sesuai, kita bisa memesan dengan memasukkan data (mengisi formulir pemesanan) pilihan hotel, waktu menginap, berapa lama menginap, dan lain sebagainya.

Mungkin Anda akan tercengang jika melihat harga yang ditawarkan oleh berbagai agen online. Terkadang ada banyak diskon, penawaran voucer, yang harganya bahkan jauh di bawah rate yang diberikan oleh hotel.

Setelah mengisi semua formulir pemesanan, selanjutnya kita akan memilih metode pembayaran. Metode pembayaran yang tersedia lumayan banyak dan beragam. Tentu tujuannya adalah untuk memudahkan pelanggan.

Misalnya, kita bisa memilih membayar dengan menggunakan kartu kredit, transfer langsung melalui bank, atau membayar melalui ATM, SMS banking, bisa juga melalui internet banking. Atau jika semua opsi tersebut tidak bisa Anda penuhi, tidak perlu khawatir karena kita bisa juga membayarnya melalui Indomaret. Karena beberapa agen sudah bekerja sama dengan minimarket tersebut.

Voucher Hotel (Sumber Gambar : evoucher.co.id)
Voucher Hotel (Sumber Gambar : evoucher.co.id)

Setelah melalui proses pembayaran, selanjutnya hanya tinggal menunggu konfirmasi atau verifikasi yang akan dikirim ke email dan juga dalam bentuk SMS ke No. HP yang kita masukkan sebelumnya saat mengisi data. Atau langsung di aplikasi smartphone yang kita miliki.

Hanya itu saja prosesnya dan tidak ada biaya tambahan, sangat cepat dan mudah, bukan? Jika ditotal, pemesanan melalui aplikasi atau website hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit.

Jika ini adalah pertama kali Anda mencoba memesan melalui online, tidak perlu khawatir, karena metode ini sangat aman, bahkan tidak pernah ada komplain tentang penipuan. Jikapun ada komplain, biasanya hal tersebut karena verifikasi yang sedikit lambat, namun itu hanya terjadi sekali saja. Selamat mencoba..

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

7 comments

  1. jarang booking hotel online mas saya..hehe tapi biasanya dapat voucher hotel gratisan gitu saya hehe

    1. Mau dong saya kalau sampeyan dapat lagi

  2. Setuju! Gw juga kalau booking lewat agen online mulu. Selain gampang, banyak promonya. :))

    1. Mike kapan mau bobo sekamar sama aku lagi kayak di Padang?

  3. Bener banget nih, dgn booking online bs lbh cepat dan mudah, ga usah nge-print2 vouchernya segala hehe.

    1. Hooh… Kak TImo kapan mau ajak aku ke hotel?

  4. aku selalu booking online, tapi belum pernah pakai Pegipagi. Bagus? Banyak diskon?

Tinggalkan Balasan