Buah Kiwi Zespri

Berat Badan Turun 3 Kilogram Selama Puasa

Berat badan saya turun sebanyak tiga kilogram pas puasa kemarin. Jauh selebih sedikit ketimbang puasa tahun lalu yang mana berat badan bisa turun hampir tujuh kilogram. Karena memang satu tahun belakangan ini semacam memberi reward untuk tubuh sendiri dengan tidak terlalu diet berlebihan. Yang penting olahraga tetap harus jalan, biar bisa makan banyak.

Seharusnya tulisan ini di-publish sesudah lebaran kemarin. Tapi selalu kelupaan karena bertepatan dengan rilisnya Pokemon Go sehingga topik turun berat badan selama puasa ini baru tayang satu bulan setelah lebaran. Alhamdulillah, pengunjung blog ini jadi ramai gara-gara postingan gim Pokemon Go.

Banyak saudara yang bilang kalau saya terlalu kurus. Bagi saya, berat badan segini masih tergolong gendut. Berat badan ideal saya seharusnya 75 kilogram. Tinggi badan yang mencapai 185 cm dikurangi 110. Cuma untuk mencapai berat badan ideal itu butuh perjuangan. Kalau sekadar kurus doang, tentu sayang banget. Saya mau kalau berat badannya segitu didominasi otot, lemaknya hanya 1 persen saja. Jadi saya putuskan di angka normal saja yaitu 80 kilogram.

Menurunkan berat badan di bulan puasa termasuk susah-susah gampang. Dan tidak sedikit yang salah kaprah. Akibat berat badan mau turun selama puasa, ada yang tidak sahur, ada yang hanya makan sayur atau buah doang saat sahur. Bahkan, ada lho teman saya yang tidak mau makan setelah waktu berbuka. Makannya buah kurma doang tiga biji. Dia bilang supaya berat badannya turun banyak.

Nah, kali ini saya mau kasih tips agar berat badan turun selama puasa tapi tidak menyalahi aturan, baik dalam hal pengaturan pola diet yang benar dan tentunya aturan agama.

Jangan lewatkan sahur kalau berat badan mau turun

Saya tidak pernah melewatkan sahur. Bisa-bisa kepala pusing dan keliyengan gara-gara tidak ada asupan karbohidrat. Menulis artikel sebanyak tujuh judul selama bulan puasa bukan perkara gampang. Kurang fokus karena pusing, bisa-bisa hutang tulisan bisa semakin banyak.

Karena saya pegang kanal Kesehatan, bertemu atau mewawancarai dokter adalah makanan pokok sehari-hari. Tips menurunkan berat badan selama puasa tak luput dari pertanyaan saya.

Berat badan memang bisa turun banyak kalau kita hanya memasukkan kalori dengan jumlah yang sedikit. Namun, tanpa disadari, terjadi penurunan pada basa metabolisme kita. Ahli gizi Rita Ramayulis bilang kalau basal sampai rendah, turun dengan sangat drastis, kemungkinan berat badan mengalami kenaikan setelah lebaran akan sangat besar.

Bahkan dia juga bilang, buat apa kita diet ketat selama puasa, toh secara tidak langsung kita ini sudah menjalankan diet dan mengatur makan dengan benar selama berpuasa di bulan ramadan. Jam makan jadi lebih pendek. Asupan makanan yang masuk juga tidak terlalu banyak. Makan sahur paling berapa besar sih kalorinya? Nggak sampai 1.000, kan? Juga pas buka, paling besar sekitar 1.000 juga. Tapi karena kita beraktivitas selama seharian, kalori yang jumlahnya seribu di saat makan sahur akan terbakar dengan sendirinya. Dijamin berat badan kita akan turun dengan sendirinya. Asal tidak bringas ketika menyantap makanan saat sahur dan berbuka.

Berat badan turun jika kita olahraga teratur

Olahraga selama berpuasa juga rutin saya lakukan agar berat badan turun. Biasanya di malam hari sesudah salat tarawih atau Isya. Tidak jarang satu jam sebelum waktu berbuka.

Ada ahli gizi yang bilang kalau olahraga pada saat puasa tidak berfungsi untuk menurunkan berat badan, hanya untuk maintance saja. Tetap pola makan yang diperhatikan. Yang jelas, yang saya yakini sampai hari ini, lemak akan berkurang saat kita melakukan olahraga yang intens selama 30 menit tanpa jeda istirahat yang panjang.

Ada pun olahraga yang saya lakukan agar berat badan turun adalah kardio selama 30 menit, angkat beban dengan berat yang standar, ditutup dengan kardio selama lima sampai 10 menit.

Makan buah, BAB Lancar, Berat Badan Turun

Salah satu hal yang harus dilakukan kalau mau berat badan turun selama puasa adalah mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Setidaknya lima porsi buah dan sayur-sayuran. Pilihlah buah-buahan yang berbeda-beda setiap harinya. Karena buah mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi memerlancar metabolisme tubuh kita. Dan kita membutuhkan 60 sampai 70 jenis zat gizi dari vitamin dan mineral. CMIW!

Puasa tahun ini saya dapat kiriman dua dus kiwi dari Zespri. Kaget, karena pas liputan, nggak ada omongan bakal dapat kiriman buah kiwi sebanyak ini. Ada Zespri SunGold dan Zespri Green. Pas sekali dengan kampanyenya Zespri yaitu Awali dengan kiwi. Kiwi mengajak seluruh umat muslim untuk memulai puasa dengan buah kiwi, yang tentunya tidak hanya lezat tapi terbukti memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan metabolik dan meningkatkan vitalitas.

Buah Kiwi Zespri SunGold
Cara memilih Zespriยฎ Green dengan menekan kedua pangkal buahnya bersamaan. Jika terasa lunak, maka buah kiwi Green sudah bisa dimakan. Jika ingin rasa yang lebih manis, bisa menunggu hingga buah lebih lunak.

Salah satu narasumber yang hadir dalam diskusi hari itu adalah Dr dr Fiastuti Witjaksono. Beliau adalah dokter spesialis gizi klinik dari FKUI-RSCM Indonesia. Dia bilang, mengonsumsi buah pada saat sahur dapat membantu menjaga kadar glukosa darah lebih stabil sehingga membantu kita merasa kenyang lebih lama. Sehingga kita tidak gragas saat jam berbuka puasa tiba dan impian berat badan turun selama puasa akan terwujud.

Buah mengandung banyak serat serta memiliki indeks glikemik yang sangat rendah dan mengandung enzim yang bisa memperlancar kita BAB. Bagi saya itu perlu. Kurang afdol kalau pergi ke kantor belum pup. Usahakan pup dulu bagaimana pun caranya.

Buah Kiwi Zespri SunGold
Tidak sulit membuat buah kiwi matang lebih cepat. Cukup dengan dekatkan atau simpan buah kiwi bersama dengan pisang atau apel. Jangan simpan di dalam kulkas

Nah, salah satu buah yang mengandung serat tinggi dan memiliki indeks glisemik rendah adalah buah kiwi. Di New Zealand, seorang ahli gizi dari University of Otago, Dr Richard Gearry pernah mengangkat satu tema mengenai hubungan antara konsumsi dua buah kiwi dan BAB lancar.

Dia bilang bahwa mengonsumsi dua buah kiwi hijau per hari terbukti dapat memperbaiki gejala konstipasi. Hasil penelitiannya menunjukkan terdapat enzim alami actinidin di dalam buah kiwi hijau yang terbukti dapat menyehatkan sistem cerna manusia dan meningkatkan pemecahan protein sehingga lebih mudah diserap dan mempercepat penyerapan nutrisi.

Buah Kiwi Zespri
Beginilah makanan yang santap saat berbuka. Teh tanpa gula, gorengan satu, dan agar-agar dari buah kiwi Zespri

Karena nggak mungkin dapat menghabiskan buah kiwi sebanyak ini sendirian, saya bilang ke mama tolong dibagi-bagikan saja ke tetangga. Masing-masing rumah dikasih lima buah kiwi. Keesokan harinya dapat laporan kalau tetangga pada suka. Sukanya beneran suka buahnya atau karena gratisan? Belum kejawab itu. Yang pasti kakek saya suka sekali buah kiwi dari Zespri ini. Dan yang menjadi favorit adalah yang Zespri SunGold. Beneran ludes, saya kebagian hanya 10 buah saja. Curang ๐Ÿ™

Sisa buah kiwi Zespri Green saya jadikan jus, makan begitu saja, dan sempat juga yang jadikan agar-agar gitu. Rasanya lumayan enak. Asem-asem manis gimana gitu. Tapi benar lho BAB saya jadi lancar, menjalankan aktivitas sehari-hari jauh lebih segar, ditambah olahraga yang teratur jadinya berat badan turun sebanyak tiga kilogram tercapai di tahun ini.

Agar-agar yang penuh serat karena ada buah kiwi Zespri. Dijamin, kalau diimbangi dengan olahraga dan menjaga pola makan, berat badan turun dengan cepat dan tidak akan naik dengan cepat pula
Agar-agar yang penuh serat karena ada buah kiwi Zespri. Dijamin, kalau diimbangi dengan olahraga dan menjaga pola makan, berat badan turun dengan cepat dan tidak akan naik dengan cepat pula

Berat badan kalian turun juga nggak selama puasa? Kalau turun, tips agar berat badan turun selama bulan puasa apa saja? Bagi-bagi, dong.

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

7 comments

  1. sekarang udah naik berapa kilo, Dit? ๐Ÿ˜›

  2. Puasa memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

  3. mantap juga nih, yang pastinya abis lebaran balik lagi bahkan makin nambah ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan