Antara Ramadhan, Reuni & Kopdar

Kata orang, bulan ramadhan bukan hanya dijadikan sebagian besar manusia untuk memperbaiki kualitas diri dihadapan-Nya, tetapi juga dijadikan sarana untuk memperbaiki kualitas diri dihadapan sesama umat manusia. Hmmm.. Kalau difikir-fikir benar juga, sih. Pasalnya, sebagian orang memanfaatkan bulan ramadhan untuk bersilaturahmi dengan cara mengadakan acara reunian mau punΒ kopi darat.

Diminggu-minggu awal kebanyakan orang masih fokus ke keluarga. Sisanya? Sibuk memenuhi undangan buka puasa bersama yang mampir melalui SMS maupun pesan singkat di facebook.

Contohnya saja saya.

Malah, jauh-jauh hari sebelum puasa saya sudah menerima ajakan dari teman-teman SD, SMP, SMA dan kuliah. Baru ketika memasuki ramadhan minggu pertama, menerima ajakan untuk kopdar.

Ajakan yang mampir ke saya sih, cukup banyak. Tapi, tidak semuanya bisa terpenuhi.

Tanggal 28 Juli depok blogger mengadakan acara buka puasa bersama di Depok. Tapi, saya tidak hadir. Tidak hadir dikarenakan orang rumah tiba-tiba saja pergi dari pagi ke rumah kakek. Saya ditinggal sendiri. Mau menunggu mereka pulang, mereka malah kejebak macet. Mau nitipun kunci ke tetangga, maaf, saya orang baru disini. Alhasil, kopdar bersama teman-teman depok blogger gagal total.

Beberapa hari sebelum tanggal 25 Juli, di Twitter, ramai membahas kopdar yang akan dilaksanakan oleh salah satu blogger Indonesia yang kini menetap di Australia, yaitu Mas Donny Verdiant. Karena saya cukup sering mampir ke halaman Mas Donny dan suka dengan tulisannya, saya nyamber aja gitu minta ikut. Eh, ga taunya dipersilahkan. Singkat cerita, Rabu 25 Juli, bertempat di Sate Khas Senayan fX dilaksanakanlah kopdar ini.

Karena belum pernah bertemu Mas Donny sebelumnya, kami pun saling tunggu-tungguan satu sama lain. Padahal, posisi berdiri kami berdekatan. Malah Mas Donny sempat menegur saya. Hanya saja saat itu menyebut nama saya kurang 1 huruf, jadinya saya acuhkan. Yah, saya fikir salah orang, ternyata yang dimaksud adalah saya.

Yang hadir kopdar saat itu orang-orang beken di dunia maya semua. Jiper. Ada pasangan Gie Wahyudi dan Isnuansa. Ada Eka. Ada Arya Perdhana si @kelakuan pencetus #seminggusatu. Ada Mak Chic, Mbok Venus, Umen (pencetus @operasisemut), Fikri, dan Adhi. Bisa dikatakan, kebanyakan yang hadir kopdar hari itu pasukan dari kopdar Jakarta.

Peserta Kopdar Yang Tersisa

Kopdar berikutnya diadakan oleh teman-teman tumblr saya. Kali ini lokasi yang dipilih di daerah Bandung. Jumat saya sudah menyiapkan segala keperluan untuk bermalam keesokan malamnya di kosan teman. Jumatnya pun saya sudahΒ pesan tiket bis. Tau-taunya, Jumat malamnya ayah membawa kabar kalau beliau harus piket di kantor Sabtu malamnya. Yah, mau ga mau, harus saya yang mengalah. Alhasil juga, kopdar bersama temen-teman tumblr Bandung, gagal total.

Kalau acara reunian sendiri baru akan dimulai minggu ini. Yaitu, kisaran tanggal 10, 11, dan 12.

Undangan reunian yang masuk ke facebook saya berasal dari teman-teman SD saya di SD Swasta Ikal Medan. Lalu, dari SD Kramat Pela 07 Gandaria Jakarta. Ditambah pula teman-teman SDN 045 Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau yang berada di Jakarta.

Tidak sampai disitu, teman-teman SMP saya pun mengadakan acara serupa. Karena teman-teman SD dan SMP saya sama (SMP dulu di SLTP N 1 Tanjung Balai Karimun) jadi waktunya bisa dibuat hari yang sama.

Teman-teman SMA ngga mau ketinggalan. Dari teman-teman SMA ketika masih di Muhammadiyah Tebet sampai teman-teman di SMAN 108 Jakarta. Bah. Jadwalnya sama. Otomatis harus memilih satu. Saya jahat. Saya tidak memilih keduanya. Saya memilih hadir ke acara lain. Hahaha πŸ˜†

Teman-teman kampus pun demikian. Jadwalnya bentrok sama jadwal berkumpul bersama teman-teman saya dari Riau. Mau ga mau saya harus memilih. Tapi, saya belum memberikan kepastian *sok ngegantungin*

Yang paling aman sih, reunian sama teman-teman SD Kramat Pela 07 Gandaria. Reuniannya tanggal 16, H-3 atau H-4 lebaran. Jakarta sudah sepi. Restoran pun ga perlu pesan dulu. Lagian, reunian sama mereka diisi acara nonton bareng terlebih dulu. Kabarnya, film perahu kertas tayang tanggal 16 Agustus serentak di seluruh bioskop dan XXI di Indonesia. Horeeeee…

Yah, itulah istimewanya bulan Ramadhan. Dibulan lain susah banget untuk ketemuan, dibulan suci ini berusaha untuk bisa ketemu tapi tetap saja tidak bisa. πŸ˜†

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

15 comments

  1. deuh, pengacara. pengangguran banyak acara. cari koneksi, ya. πŸ˜†

    ada yang mau kopdar lagi?

  2. wih aku disebut-sebut di sini πŸ˜›

    1. harus dong.

      hahaha. GR ! πŸ˜›

  3. Wuih seneng bisa kopdar sama mas Donny.. mbak Isnuansa pas gede-gedenya ya..

    1. iya, itu 5 hari sebelum melahirkan. gahar.

  4. ITU DAKUUU 5 HARI SEBELUM LAHIRAN…. *kepslok kepencet*

    1. IYA, MBAK.
      YANG PULANG DARI SITU YANG LAIN MENCRET-MENCRET SAMPEAN SAMA SUAMI ENGGAK. :p

  5. wah kopdar dengan orang orang terkenal tuh….hehehehe kapan kapan diajak dong kalau kopidarat…

    1. Twitter aktif, dong. πŸ˜€

  6. Selamat menyusun rencana baru, semoga nggak ada yg batal lagi

    1. Terima kasih, pakde πŸ˜€

  7. xixixi saya tau wajah2 beliau juga sebatas di dunia maya (di potonya) πŸ˜€
    iya tuh, ajak mas Applaus sekalian, sesama penduduk Jekardah πŸ™‚

    ps: suka sama font “blog title” dan “post title”nya πŸ™‚

    1. bingung mau ngubungin mas Applaus kemana. πŸ˜€

  8. Seru euy. Emang ternyata kadang kenyataan ga sesuai rencana ya

  9. Ada aku di blog ini, ada akuuu ^_^
    Yeaaay. EH kamu koq makin kurus aja siiiih

Tinggalkan Balasan