NOAH TAK LAGI SAMA

3 tahun lamanya penggemar setia dibuat penasaran akan nama baru Peterpan. Nama baru  plus single baru yang direncanakan keluar tahun 2010 harus dibatalkan. Seperti yang kita ketahui bersama, sang vokalis, Ariel, harus mendekam di balik jeruji besi karena masalah yang menimpah kehidupan pribadinya.

Nama-nama baru untuk band ini sempat membahana kala itu. Tapi, dalam konteks candaan.

Setelah lama menunggu, tepat tanggal 16 September 2012 –dimana bertepatan dengan hari ulang tahun Ariel, plus konser mereka yang bertajuk “5 Negara, 2 Benua, Dalam 1 Hari” digelar– Ariel dan kawan-kawan meresmikan nama baru bandnya beserta meluncurkan CD lagunya ! NOAH dan CD ber-title Seperti Seharusnya resmi diluncurkan.

Kala itu saya sudah mengetahui, kalau CD mereka tidak beredar di “tempat semestinya”, melainkan di store ayam goreng.

Hari pertama diluncurkan CD nya, saya kehabisan. Sepertinya saya kalah cepat sama yang lain. Di hari kedua, pun demikian. Akhirnya, di hari 3, saya mendapatkan CD ini. Saya meniatkan hanya untuk membeli CD ini, tidak dengan paket ayam gorengnya. Mungkin hari itu, di restoran ayam tersebut, saya adalah pengunjung terngehe yang pernah mereka terima.

CD sudah di tangan. Sesampai di rumah, saya coba memutarkan CD ini dan menikmati karya-karya mereka.

Di lagu berjudul “Raja Negeriku“, saya sempat dibikin terheran-heran. Karena apa? Karena banyaknya “suara pengiring” bak pendemo yang menyorakkan aspirasi mereka. Saya fikir, saya salah CD, ternyata tidak. Sebagai lagu pembuka, NOAH berhasil memberikan kesan megah. Uniknya, ditengah-tengah lagu disisipkan 3 pidato mantan Presiden RI, Soekarno, yang notabenenya adalah sosok yang diidolakan oleh sang vokalis, Ariel.

Di bagian intro, kita akan mendengar suara lantang Soekarno membacakan “Pidato Sebulan Setelah Dekrit Presiden”, lalu ada di bagian reff dan coda.

Dan, yang perlu dicatat adalah, Ariel mengajak 200 orang teman-temannya sesama penghuni Kebon Waru sebagai backing vocal. Oia, lagu ini adalah ciptaan Ariel & Uki.

Lagu ini benar-benar tanda perubahan besar di kubuh NOAH.

Boleh lanjut?

Lanjut ke lagu nomor 2 yang berjudul “Jika Engkau“. Saya #barutahu dari bukunya mereka yang berjudul Kisah Lainnya, di salah satu bab dijelaskan, bahwasanya lagu ini pernah bocor di internet tahun 2010. Ngenesnya, ketika lagu ini hadir ke permukaan, banyak band yang mengaku-ngaku merekalah pemilik lagu tersebut.

Lirik dari lagu ini tersendiri diciptakan oleh Ariel. Ada sedikit unsur tradisional untuk musiknya. Beberapa part kita akan mendengar alunan merdu dari alat musik khas Indonesia, Gamelan.

Perlu dicatat, untuk kamu wahai penggalau kelas kakap, ketika mendengar lagu ini, tolong jangan dalam keadaan sedang patah hati. BERBAHAYA!

Ternyata, eh, ternyata, bukan hanya Jika Engkau yang bocor di internet. Lagu Separuh Akupun bernasib sama. Tak heran, ketika pertama kali video klip ini hadir di youtube, akan banyak dijumpai mereka-mereka yang mengcover lagu ini.

Dari ceritanya sendiri, Separuh Aku ini sebenarnya hadir di tahun 2010 bersamaan dengan nama barunya. Sekaligus memperkenalkan David sebagai anggota baru mereka. Sekaligus pula, memperlihatkan ke khalayak ramai, bahwasanya yang menjadi single hits bukanlah buah pemikiran seorang Ariel.

Dalam CD ini terdapat 10 buah lagu. 9 buah lagu baru yang merupakan buah pemikiran semua personelnya. Tidak melulu karya Ariel, karya seorang additional player pun ada diantara 9 buah lagu tersebut.

1 lagu lagi adalah lagu milik Ryan Kyoto yang berjudul Sendiri Lagi. Lagu itu tersendiri pernah dibawakan oleh penyanyi legendaris, Chrisye (ALM).

Dengan adanya lagu ini, berarti sudah 2 buah lagu yang pernah dinyanyikan Chrisye didaur ulang oleh Ariel dan kawan-kawan. Dan, sejauh ini hasilnya tidak pernah buruk.  Selalu berhasil. Apakah ini faktor tanggal dan bulan kelahiran Ariel dan Chrisye yang sama? Entahlah !

Untuk covernya CD nya sendiri, mengingatkan saya akan penampilan mereka di acara HUT Trans TV. Dandanannya ala sirkus gimana gitu.  Poin 7.5 dari 10 untuk cover –yang seharusnya mereka sendiri bisa membuat ini lebih– sangat sederhana.

Saya rasa dari keseluruhan isi CD ini, patut diberikan standing applause untuk mereka.

Kamu, yang rindu akan karya-karya mereka, atau mungkin rindu dengan suara sengau milik Ariel, segeralah ke KFC, dan dapatkan CD ini. Harga CD ini sendiri Rp. 40.000 ,- . Tapi, saya mohon dengan sangat, plissss, beli paket ayamnya juga. Hanya menambahkan 30 ribu lagi, kamu akan mendapatkan sepaket ayam goreng beserta minum dan CD Seperti Seharusnya milik NOAH ini. :cheers:

NOAH :

  1. Raja Negeriku
  2. Jika Engkau
  3. Separuh Aku
  4. Hidup Untukmu Mati Tanpamu
  5. Ini Cinta
  6. Terbangun Sendiri
  7. Sendiri Lagi
  8. Demi Kita
  9. Tak Lagi Sama
  10. Puisi Adinda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
47 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge