NOAH TAK LAGI SAMA

3 tahun lamanya penggemar setia dibuat penasaran akan nama baru Peterpan. Nama baru  plus single baru yang direncanakan keluar tahun 2010 harus dibatalkan. Seperti yang kita ketahui bersama, sang vokalis, Ariel, harus mendekam di balik jeruji besi karena masalah yang menimpah kehidupan pribadinya.

Nama-nama baru untuk band ini sempat membahana kala itu. Tapi, dalam konteks candaan.

Setelah lama menunggu, tepat tanggal 16 September 2012 –dimana bertepatan dengan hari ulang tahun Ariel, plus konser mereka yang bertajuk “5 Negara, 2 Benua, Dalam 1 Hari” digelar– Ariel dan kawan-kawan meresmikan nama baru bandnya beserta meluncurkan CD lagunya ! NOAH dan CD ber-title Seperti Seharusnya resmi diluncurkan.

Kala itu saya sudah mengetahui, kalau CD mereka tidak beredar di “tempat semestinya”, melainkan di store ayam goreng.

Hari pertama diluncurkan CD nya, saya kehabisan. Sepertinya saya kalah cepat sama yang lain. Di hari kedua, pun demikian. Akhirnya, di hari 3, saya mendapatkan CD ini. Saya meniatkan hanya untuk membeli CD ini, tidak dengan paket ayam gorengnya. Mungkin hari itu, di restoran ayam tersebut, saya adalah pengunjung terngehe yang pernah mereka terima.

CD sudah di tangan. Sesampai di rumah, saya coba memutarkan CD ini dan menikmati karya-karya mereka.

Di lagu berjudul “Raja Negeriku“, saya sempat dibikin terheran-heran. Karena apa? Karena banyaknya “suara pengiring” bak pendemo yang menyorakkan aspirasi mereka. Saya fikir, saya salah CD, ternyata tidak. Sebagai lagu pembuka, NOAH berhasil memberikan kesan megah. Uniknya, ditengah-tengah lagu disisipkan 3 pidato mantan Presiden RI, Soekarno, yang notabenenya adalah sosok yang diidolakan oleh sang vokalis, Ariel.

Di bagian intro, kita akan mendengar suara lantang Soekarno membacakan “Pidato Sebulan Setelah Dekrit Presiden”, lalu ada di bagian reff dan coda.

Dan, yang perlu dicatat adalah, Ariel mengajak 200 orang teman-temannya sesama penghuni Kebon Waru sebagai backing vocal. Oia, lagu ini adalah ciptaan Ariel & Uki.

Lagu ini benar-benar tanda perubahan besar di kubuh NOAH.

Boleh lanjut?

Lanjut ke lagu nomor 2 yang berjudul “Jika Engkau“. Saya #barutahu dari bukunya mereka yang berjudul Kisah Lainnya, di salah satu bab dijelaskan, bahwasanya lagu ini pernah bocor di internet tahun 2010. Ngenesnya, ketika lagu ini hadir ke permukaan, banyak band yang mengaku-ngaku merekalah pemilik lagu tersebut.

Lirik dari lagu ini tersendiri diciptakan oleh Ariel. Ada sedikit unsur tradisional untuk musiknya. Beberapa part kita akan mendengar alunan merdu dari alat musik khas Indonesia, Gamelan.

Perlu dicatat, untuk kamu wahai penggalau kelas kakap, ketika mendengar lagu ini, tolong jangan dalam keadaan sedang patah hati. BERBAHAYA!

Ternyata, eh, ternyata, bukan hanya Jika Engkau yang bocor di internet. Lagu Separuh Akupun bernasib sama. Tak heran, ketika pertama kali video klip ini hadir di youtube, akan banyak dijumpai mereka-mereka yang mengcover lagu ini.

Dari ceritanya sendiri, Separuh Aku ini sebenarnya hadir di tahun 2010 bersamaan dengan nama barunya. Sekaligus memperkenalkan David sebagai anggota baru mereka. Sekaligus pula, memperlihatkan ke khalayak ramai, bahwasanya yang menjadi single hits bukanlah buah pemikiran seorang Ariel.

Dalam CD ini terdapat 10 buah lagu. 9 buah lagu baru yang merupakan buah pemikiran semua personelnya. Tidak melulu karya Ariel, karya seorang additional player pun ada diantara 9 buah lagu tersebut.

1 lagu lagi adalah lagu milik Ryan Kyoto yang berjudul Sendiri Lagi. Lagu itu tersendiri pernah dibawakan oleh penyanyi legendaris, Chrisye (ALM).

Dengan adanya lagu ini, berarti sudah 2 buah lagu yang pernah dinyanyikan Chrisye didaur ulang oleh Ariel dan kawan-kawan. Dan, sejauh ini hasilnya tidak pernah buruk.  Selalu berhasil. Apakah ini faktor tanggal dan bulan kelahiran Ariel dan Chrisye yang sama? Entahlah !

Untuk covernya CD nya sendiri, mengingatkan saya akan penampilan mereka di acara HUT Trans TV. Dandanannya ala sirkus gimana gitu.  Poin 7.5 dari 10 untuk cover –yang seharusnya mereka sendiri bisa membuat ini lebih– sangat sederhana.

Saya rasa dari keseluruhan isi CD ini, patut diberikan standing applause untuk mereka.

Kamu, yang rindu akan karya-karya mereka, atau mungkin rindu dengan suara sengau milik Ariel, segeralah ke KFC, dan dapatkan CD ini. Harga CD ini sendiri Rp. 40.000 ,- . Tapi, saya mohon dengan sangat, plissss, beli paket ayamnya juga. Hanya menambahkan 30 ribu lagi, kamu akan mendapatkan sepaket ayam goreng beserta minum dan CD Seperti Seharusnya milik NOAH ini. :cheers:

NOAH :

  1. Raja Negeriku
  2. Jika Engkau
  3. Separuh Aku
  4. Hidup Untukmu Mati Tanpamu
  5. Ini Cinta
  6. Terbangun Sendiri
  7. Sendiri Lagi
  8. Demi Kita
  9. Tak Lagi Sama
  10. Puisi Adinda

Aditya Eka Prawira

Bahagia itu sederhana. Mending beri saya 10 helai baju untuk dicuci ketimbang 1 helai baju untuk disetrika :)

More from this author

47 comments

  1. Ditunggu CD berikutnya, NOAH.

  2. Ada perubahan mendasar di dalam musik Ariel cs(dari Peter Pan ke NOAH),yang terasa sekali not nada yang dimainkan David..
    Tapi di album ini terasa suasana kepedihan hati..juga sedikit berubah dalam penulisan lirik oleh Ariel yang berkurang menggunakan makna kiasan,lirik Hidup Untukmu Mati Tanpamu kebetulan juga dibuat oleh orang lain di luar NOAH-Rian D’Massive..
    Secara pribadi aku senang dengan 3 lagu di album ini:Raja Negeriku (ada backing vokal kolosal), Jika Engkau(unsur musik etnis dan beat lagu yang mudah diingat),Puisi Adinda(seperti lagu2 Chrisye era 80an)..ku kasih rating 3.5 dari 5 bintang buat album NOAH ini

    1. saya baca buku mereka, dan mendapatkan fakta bahwasanya “Hidup Untukmu Mati Tanpamu” kebetulan ciptaan Rian D’Massive, awalnya rada mendayu-dayu. tapi entah mengapa, pas dibawain Ariel kesan mendayunya ilang.

      anw, thank you Kak Yos, atas tambahannya 😀

  3. *antri di warung ayam

    1. *ngintil di belakang Mbak Rere*

  4. Hiahahahaha.. Jadi bingung ini mau promo album Noah apa paket ayam. 😛

    Eh emang gak dijual di toko kaset dan sidi terdekat di kota anda ya? 😛

    Musikalitas Ariel dan (sekarang) Noah kayaknya emang gak perlu diragukan. Tapi masa sih cuman 7.5 Mas? Gak oke dong.. 😀

    1. 7,5 untuk nilai cover album, bukan albumnya. Albumnya sendiri, poin 8 dari 10 :)

    1. terima kasih, Mas Adham 😀

  5. Kalau mereka berhasil menggelar konser 2benua 5negara dalam 1hari apa mereka akan menggelar konser yang lebih spektakuler lagi?
    Buru2 kewarung ayam..

    1. Insya Allah, bisa ! :p

  6. Gue udah punya, ditawarin sama warung ayam goreng da mau aja gitu. 😀

    …aku hidup untukmu, aku mati tanpamu.

  7. saya fans peterpan dari dulu. Dan memang merasa ada perubahan besar di NOAH

    Tapi tetep kesel kenapa harus beli ayam goreng buat dapetin
    CD nya -,-“

    1. nah, kalau itu mungkin ada perjanjian khusus antara kedua belah pihak. mungkin :)

  8. haadeuhh… warung ayam goengnya di kota sebelahh. jauhhhh….
    tapi kalo ada kesempatan pengen beli deh. :3

  9. Kalo udah ngikutin Peterpan sejak hari yang Cerah sih sebenernya materi di album ini ga terlalu mengejutkan. Udah ada benang merahnya. Perbedaan signifikannya pastinya di isian-isiannya David. Di Hari Yang Cerah belum terlalu keliatan.

    1. gue malah ga sadar kalau di album “Di Hari Yang Cerah” ada Davidnya. hehehe 😀

  10. ada albumnya ternyata ya… baru tahu nih… cari ah.. kok terlambat sekali ya saya…

    jadi perlu makan ayam dulu baru dapet CD nih..?:)

    1. ya, begitulah, Mas 😆

  11. Jumat kemaren aku juga udah mau beli ini.. tapi antrian orang makan di KFC itu buat males deh.. akukan cuma mau beli kasetnya.. udah makan di redbean juga yg lebih enak.. *eh..

    Dan setelah baca postingan ini makin kepingin belinya.. >_<

    1. beli, dong, beli 😀

  12. memang tak lagi sama.. tapi saya merindukan yang tak sama itu…

    1. anda rindu? belilah CD nya :)

  13. Sayangnya disini tidak ada kedai ayam gorengnya, so coba meluncur ke youtube dululah :D.

    1. ya, ya, ya, terima kasih, Mas Sep

  14. saya cukup denger lagunya di yutub aja
    kalo mau beli males ga sempet muterin lagu juga
    mending langsung denger di yutub aja
    hehehe

    kayanya emang album kali ini ada unsur nasionalismenya gitu

    1. kalau bisa sih, beli CD nya aja. mendukung musisi Indonesia :)

  15. denger2 sih enak2 lagunya, tapi tetep gak suka beli CD jadi gak harus antri di warung ayam goreng hehe

    1. yah, semoga kelak kamu ga jadi musisi, ya 😆

  16. *selalu lupa main kesini*

    Saya cuma mau komplain aja sih, kalau toh nanti album ini menembus satu juta copy (seperti album bintang di surga), pasti banyak yang mengklaim gegara beli ayam pasti. huft, padahal secara musikalitas mereka mampu kok.

    baru dengar separuh aku, dan naga-naganya album ini akan bagus di pasaran. intinya sih, nikmati pelan-pelan supaya nanti tidak cepat bosan (eh kapan kita pernah bosan dengan musik peterpan a.k.a noah)?

    1. nah, pemikiran kamu sama seperti saya. saya juga sempat berfikir, jikalau album ini meledak sampai 1 juta copy lah, pasti yang kontra akan berucap “ah, itukan karena beli KFC, coba kalau enggak!?” padahal kan, orang justru ke KFC karena ingin beli CD nya NOAH.

      hmmm … kalau untuk alasan berikutnya, itu ada alasan tersendiri yang sudah ada perjanjian dua belah pihak kali ya :)

  17. “ditengah-tengah lagu disisipkan 3 pidato mantan Presiden RI” – Jadi keinget album A Thousand Suns nya Linkin Park yang juga demikian namun diluncurkan lebih dulu dari album ini XD

    Btw gimana itu cengok nya muka waitress nya pas dibilang mau beli kasetnya aja XD

    1. Oh, yah? wah, saya malah ndak tau. hehehe. terima kasih atas info tambahannya.

      cengok waitressnya biasa aja. datar. lalu mereka bilang “Mas pasti fansnya NOAH, ya?” saya jawab aja “Bukan, saya fansnya WALI” lalu melongos keluar dari KFC. pake nanya !

  18. Ndak suka Ariel dan Noah -__-

    1. ndak opo-opo, Mbak :)

  19. Lengkap sekali ulasannya, NOAH, 😀

  20. waah jangankan beli cdnya ke kfc pun ndak niatan..

    tapi lagu-lagu tersebut mantap-mantap smua walaupun vokal ariel kurang sreklah rasanya..

    1. wah, akmu denger di mana? kok tahu suara Ariel kurang srek?

  21. barbag kata kata motivasi mas broo
    Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak Menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.
    salam kenal, sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya ya 😀

  22. Saya sih ndak ngerti musik.

    Tapi saya juga sangat suka lagu2 Peterpan dulu. Kalau yang sekarang belum tau juga. Ngomong2, itu CD kenapa harus dijual bersama paket ayam goreng gitu ya?

    1. hmmmm.. kalau soal itu, mungkin ada kerja sama yang saling menguntungkan kali ya antara kedua belah pihak. saya pun ndak tahu, Bli 😀

Leave a Reply